Syarat dan Cara Membuat Paspor Secara Online melalui M-Paspor

Image title
4 Juli 2022, 14:22
cara membuat paspor
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ilustrasi, petugas merapikan paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Barat.

Cara membuat paspor penting untuk diketahui jika seseorang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri. Saat ini, untuk membuat dokumen yang satu ini bisa dilakukan secara praktis melalui aplikasi.

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat paspor sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu paspor dan apa saja jenis-jenisnya.

Pengertian Paspor

Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, paspor didefinisikan sebagai dokumen yang dikeluarkan pemerintah kepada warga negara Indonesia untuk melakukan perjalanan antarnegara yang berlaku selama jangka waktu tertentu.

Mengutip laman kemlu.go.id, terdapat tiga jenis paspor populer di Indonesia,  yakni paspor diplomatik, paspor dinas, dan paspor biasa. Di samping itu, ada juga Surat Perjalanan Laksana Paspor Republik Indonesia (SPLP RI) yang digunakan sebagai dokumen pengganti paspor yang diberikan dalam keadaan dan jangka waktu tertentu.

1. Paspor Biasa

Paspor ini menjadi jenis yang paling banyak diterbitkan bagi warga yang hendak melakukan perjalanan reguler. Di Indonesia, paspor ini bersampul hijau dan diterbitkan oleh Ditjen Keimigrasian Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

2. Paspor Diplomatik

Paspor bersampul hitam ini dikeluarkan guna mengidentifikasi perwakilan diplomatik suatu negara. Pemilik paspor ini akan memperoleh beberapa kemudahan dan kekebalan di negara tempat mereka bertugas.

3. Paspor Dinas

Paspor dinas atau resmi diterbitkan untuk kalangan teknisi dan petugas administrasi dari suatu misi diplomatik yang dilaksanakan di luar negeri. Sama halnya dengan paspor diplomatik, pemilik paspor dinas juga memperoleh beberapa kemudahan.

Selain ketiga paspor tersebut, terdapat tiga jenis paspor lainnya yakni paspor orang asing, paspor kelompok, dan paspor haji dan umrah.

Di samping sebagai syarat perjalanan keluar negeri, dokumen resmi ini bisa digunakan untuk membuka rekening bank, check-in di hotel, memesan tiket di aplikasi, dan sebagainya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...