Mencermati 2 Cara Membuat Suara Google dengan Mudah

Image title
25 Juli 2022, 20:50
cara membuat suara Google
pixabay.com/377053
Ilustrasi, tampilan Google.

Saat ini, banyak video yang diunggah di berbagai media sosial, termasuk di YouTube menampilkan suara Google. Hal inilah yang memicu cara membuat suara Google menjadi salah satu jenis informasi yang dicari.

Suara Google sendiri, adalah istilah yang merujuk pada fitur suara yang diterapkan pada beberapa layanan digital milik Google. Beberapa layanan digital milik Google yang memiliki suara unik, adalah Google Assistant, Google Translate, dan Google Maps.

Dengan keunikan suara tersebut, wajar apabila banyak orang yang ingin membuat suara Google untuk diterapkan dalam kontennya. Umumnya, orang yang mencari tahu mengenai cara membuat suara Google adalah content creator dan digital marketer. Alasan mereka ingin membuat suara Google, adalah agar konten video semakin menarik perhatian.

Nah, seperti apa cara untuk membuat suara mirip seperti yang digunakan pada layanan digital Google ini? Simak ulasan singkat berikut ini.

Cara Membuat Suara Google

Secara umum, cara membuat suara Google dapat dilakukan dengan dua cara, yakni tanpa menggunakan aplikasi, dan dengan menggunakan aplikasi.

Untuk membuat suara seperti yang digunakan pada layanan digital milik Google sebenarnya mudah. Karena, Google sendiri sudah menyediakan fitur pada browser miliknya, yakni Google Chrome untuk mengunduh suara.

Selain itu, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat suara Google ini. Beberapa aplikasi ini cukup populer di kalangan content creator dan digital marketer, karena mampu memudahkan mereka membuat suara yang sama seperti fitur suara Google.

1. Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi

Seperti telah disebutkan sebelumnya, cara membuat suara Google dapat dilakukan tanpa aplikasi. Untuk membuatnya, pengguna bisa menggunakan fitur penerjemah milik perusahaan yang berbasis di California, AS ini, yakni Google Translate.

Adapun, cara membuat suara Google melalui layanan translate ini, adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Chrome atau browser lain yang sering digunakan di komputer.
  • Buka Google Translate dan atur bahasa.
  • Masukan teks yang akan diterjemahkan. Secara otomatis Google akan menerjemahkan berdasarkan bahasa yang sudah kalian dipilih.
  • Untuk mengunduh, klik titik tiga yang ada di bagian kanan atas Chrome, dan pilih menu "More Tools", dan kemudian masuk pada opsi "Developer Tools".
  • Pilih "Networks", lalu klik pada ikon speaker yang ada di kolom Google Translate. Setelah itu, lihat kembali pada "Network" dan klik kanan pada list, atau daftar dengan tulisan "translate_tts…"
  • Setelah itu, pilih opsi "Open in New Tab". Secara otomatis file tersebut akan muncul di tampilan internet download manager (IDM) jika browser pengguna sebelumnya sudah memiliki extention IDM, atau langsung terunduh lewat browser yang digunakan.
  • Jika sudah terunduh, buka folder download di komputer atau menggunakan shortcut kombinasi CTRL + J untuk masuk ke menu download di Chrome yang digunakan.
  • Setelah itu, klik kanan dan pilih "Show In Folder", maka pengguna akan langsung diarahkan ke file suara Google Translate yang sudah diunduh.

Selain menggunakan fitur yang tersedia di browser, cara membuat suara Google juga dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi melalui ponsel pintar atau smartphone. Adapun, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke situs soundoftext.com melalui browser yang tersedia di ponsel.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan kolom "Text", di mana pengguna bisa memasukkan kata atau kalimat yang akan dijadikan suara atau audio.
  • Klik Submit untuk membuat suara Google.
  • Unduh audio yang telah dibuat dengan klik "Download".

2. Membuat Suara Google dengan Aplikasi

Cara membuat suara Google berikutnya adalah dengan bantuan aplikasi. Cara ini memang mengharuskan pengguna untuk mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut di ponsel atau komputer. Namun, hasilnya tergolong sangat baik.

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat suara Google ini. Namun, secara umum ada dua aplikasi yang cukup populer digunakan, yakni Narrator's Voice dan FreeTTS.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...