Cara Belanja dan Jualan di TikTok Shop Banyak Tawarkan Promo Menarik

TikTok Shop memudahkan para pengguna TikTok untuk berbelanja langsung di satu aplikasi saja. Berikut cara belanja dan jualan di TikTok Shop.
Image title
23 September 2021, 01:35
TikTok Shop
pixabay.com
Tampilan aplikasi TikTok di smartphone

Sosial media mulai menambahkan fitur berbelanja online di platform-nya. Setelah Instagram, kini TikTok juga meluncurkan fitur serupa, yakni TikTok Shop.

Sebagai platform dengan pengguna terbanyak, aplikasi video milik ByteDance ini memiliki total jumlah unduhan lebih dari 2 miliar kali per tiga bulan pertama tahun ini secara global.

Pada kuartal I-2020, perusahaan berhasil menembus jumlah unduhan tertinggi dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya, yakni mencapai 315 juta unduhan, baik di App Store maupun Google Playstore.

Terjadi peningkatan jumlah unduhan aplikasi TikTok mulai dari kuartal I-2018 hingga IV-2018. Namun, tahun berikutnya pada 2019, TikTok sempat terjadi penurunan jumlah unduhan terutama pada kuartal II-2018 yang mencapai 155,9 juta unduhan.

Google Play telah menyumbang sebagian besar unduhan TikTok hingga saat ini. Di mana perusahaan mengumpulkan lebih dari 1,5 miliar unduhan, atau 75,5% dari total. Sedangkan App Store telah menghasilkan 495,2 juta unduhan atau 24,5%.

Pandemi Covid-19 menyebabkan lonjakan video terbaru TikTok. Perusahaan terus berinovasi agar konsumen semakin tertarik ke perangkat seluler. Selain itu, pengguna jasa TikTok dapat berbelanja kebutuhan mereka. 

Fitur baru TikTok Shop menjadikan aplikasi ini kian digandrungi, karena menjadi platform multifungsi dengan fitur menarik.

Melalui fitur ini, pengguna dapat berbelanja dengan mudah sambil mengakses platform TikTok. Jadi, Anda tak perlu beralih ke aplikasi lain untuk meneruskan transaksi sehingga pengalaman berbelanja akan terasa lebih mulus.

Beberapa platform e-commerce ternama bahkan sudah bergabung memasarkan produk di TikTok Shop, termasuk Tokopedia dan JD.ID. Disusul juga beberapa perusahaan populer yang bergerak di industri teknologi.

Proses berbelanja di TikTok Shop sangat mudah. Anda hanya perlu memastikan bahwa aplikasi yang terpasang di handphone merupakan versi terbaru dan mempunyai akun terdaftar. 

Fitur TikTok Shop juga menawarkan produk dari berbagai merek, serta produk dari usaha kecil menengah (UKM). Bahkan, pengguna bisa berbelanja secara langsung beragam promo hingga berkesempatan memperoleh hadiah menarik.

Bahkan, TikTok Shop juga mendukung pembelian barang, baik melalui unggahan produk maupun siaran langsung dari toko terkait. Anda pun dapat berbelanja dengan cara yang pada aplikasi tersebut.

Cara Berbelanja Melalui TikTok Shop

Anda dapat berbelanja di TikTok Shop melalui dua cara, yakni melalui unggahan produk atau melalui siaran langsung.

Melalui Unggahan Produk

  • Buka aplikasi TikTok
  • Masuk ke tab Discover
  • Gunakan kolom pencari untuk menemukan toko yang dimaksud
  • Buka profil toko
  • Ketuk menu 'Shop' (ikon tas belanja)
  • Cari dan buka produk yang ingin dibeli
  • Ketuk tombol 'Buy with coupon' atau 'Buy now'
  • Atur varian dan jumlah barang yang akan dibeli jika diperlukan
  • Tekan tombol 'Buy with coupon' atau 'Buy now' sekali lagi
  • Ketuk opsi 'Shipping address'
  • Isi formulir alamat pengiriman dengan benar lalu tekan 'Save'
  • Ketuk menu di bawah 'Payment method'
  • Pilih metode pembayaran yang akan digunakan
  • Tekan 'Continue'
  • Tambahkan pesan dengan mengetuk bagian 'Message' jika diperlukan
  • Ketuk tombol 'Place order'
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih
USA-BUSINESS
USA-BUSINESS (ANTARA FOTO/REUTERS/Andrew Kelly/ama/dj)

 

Melalui Siaran Langsung

  1. Buka profil toko dengan cara sama seperti di atas
  2. Ketuk foto profil toko tersebut
  3. Jika ada produk yang dijual, maka akan muncul jendela khusus
  4. Klik tombol 'Buy' di dalamnya
  5. Ketuk tombol 'Buy now'
  6. Atur varian dan jumlah barang jika diperlukan
  7. Klik 'Buy now' sekali lagi
  8. Masukkan informasi pengiriman barang dengan benar pada formulir yang muncul
  9. Klik tombol 'Next'
  10. Ubah metode pembayaran pada bagian 'Payment method'
  11. Klik 'Continue' jika sudah memilih metode pembayaran
  12. Tekan tombol 'Place order'
  13. Selesaikan transaksi sesuai metode pembayaran yang dipilih

Cara Melihat Order di Aplikasi TikTok

Setelah melakukan pemesanan, tentunya seperti e-commerce atau online shop lainnya juga ingin mengetahui tracking barang yang sudah dipesan.

Cara untuk melihat tracking orderan sebagai berikut :

  • Masuk ke menu 'akun saya'
  • Kemudian klik pada titik tiga di pojok kanan atas.
  • Setelah itu klik pada tulisan 'orders' maka akan tampil pesanan yang sedang anda lakukan pembelian.
  • Semua pesanan di aplikasi TikTok dapat dilihat pada menu tersebut.

Cara Daftar TikTok Shop

  1. Daftarkan akun anda ke TikTok Shop Seller untuk mengisi beberapa informasi terkait bisnis Anda serta informasi pribadi.
    Setelah terdaftar sebagai pengguna, cantumkan informasi pribadi seperti alamat, nomor telepon, alamat email, dan detail lainnya.
  2. Lalu masukkan masukkan informasi tentang bisnis, seperti nama online shop, alamat store, jenis bisnis yang dijalani, informasi produk, dan lain sebagainya.
    Hal ini diperlukan supaya bisnis yang Anda punya lebih mudah diingat oleh konsumen nantinya.
  3. Tahap terakhir adalah mengisi informasi tentang registrasi bisnis dan kaitan yang lainnya untuk mendapatkan notifi verifikasi dari tiktok shop.
  4. Terkonfirmasi baru akun anda secara resmi memiliki fitur tiktok shop untuk berjualan.

Keunggulan TikTok Shop

Saat ini, sudah banyak platform media sosial yang menyediakan fitur e-commerce. Namun TikTok memberikan sejumlah keunggulan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menggunakannya lalplikasi satu ini. Berikut merupakan beberapa keunggilan TikTok Shop. 

1. Aplikasi media sosial sekaligus belanja

Kini Anda tidak lagi butuh marketplace karena platform media sosial TikTok Shop memberikan Anda gabungan antara marketplace dengan aplikasi media sosial. Dua fungsi dalam satu aplikasi. Selain lebih irit space di ponsel, tentu saja fitur ini lebih praktis dan menarik.

2. Lebih banyak promo dan gratis ongkir

Jika belakangan banyak pelanggan e-commerce yang mengeluh tentang besaran ongkir dan promo yang terbatas di e-commerce. Kini Anda bisa menikmati promo besar-besaran di TikTok Shop. Berbagai barang mulai dari fashion, peralatan rumah tangga dan pernak pernik, hingga kuliner, bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau dan jaminan gratis ongkir seluruh Indonesia.

3. Kesempatan brand atau merek untuk memperluas pasar

Fitur TikTok Shop menjadi peluang baru bagi small business dan brand business, untuk memperluas audiensnya sehingga berkesempatan untuk lebih menarik pelanggan dalam rangka mendapatkan lebih banyak omzet.

4. Memiliki banyak pengguna

TikTok memiliki sekitar 800 juta pengguna aktif. Rata-rata pengguna TikTok membuka aplikasi ini sebanyak 8 kali dalam sehari. Hal ini menunjukkan bahwa TikTok termasuk sosial media yang sering dibuka.

Untuk bisa mempromosikan produk , TikTok juga menampilkan konten menarik dan hashtag yang sesuai bisa membuat produk atau brand dilihat banyak orang. Bahkan, saat ini terdapat banyak influencer atau yang biasa disebut dengan seleb TikTok.

Karena aplikasi ini populer, kegunaan TikTok juga sangat beragam. Mulai dari edukasi, kesehatan, hingga beberapa universitas atau sekolah juga melakukan promosi atau branding melalui TikTok.

5. Mudah digunakan

Tidak semua orang memiliki keterampilan mengedit video, TikTok memudahkan penggunanya dengan menyediakan beberapa tools seperti, start dan stop record, timer, dan lainnya. Tak hanya itu, TikTok juga memiliki berbagai macam filter visual, efek waktu, green screen, transisi, stiker, teks, emoji, GIF, dan masih banyak lagi. Anda juga bebas menambahkan backsound atau voice over untuk video Anda. Tersedia juga fitur live seperti sosial media lainnya.

6. Populer di kalangan remaja

Apabila target market dari produk yang Anda jual adalah usia remaja, maka Anda juga perlu melakukan promosi di TikTok. Dilansir dari Sindonews.com (02/20), Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok Indonesia menjelaskan bahwa pengguna TikTok di Indonesia didominasi oleh generasi Y dan Z dengan rentang usia 14-24 tahun.

Selain itu, generasi milenial juga menjadi generasi yang lebih konsumtif dan cenderung impulsif. Apalagi, TikTok merupakan media promosi yang sesuai untuk menjangkau target pasar Anda.

7. Hashtag untuk discover feed

TikTok memiliki fitur hashtag (#) alias tanda pagar yang memudahkan pengguna untuk menemukan konten yang diinginkan. Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan memberi hashtag sesuai dengan tema, mudah diingat, dan relevan dengan produk Anda. Tambahkan #fyp agar konten Anda muncul pada halaman pengguna lain. Biasanya, apabila konten Anda berhasil masuk FYP, maka Anda akan memperoleh banyak like, komen dan share.

Anda juga dapat membuat challenge atau tantangan baru di TikTok seperti, seperti mempromosikan jingle produk atau dance cover. Beberapa artis internasional juga pernah melakukannya seperti Zico, Kang Daniel, dan Justin Bieber.

8. TikTok Ads

TikTok juga memiliki platform ads yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan jangkauan konten yang Anda buat. Membuat TikTok ads tidak sulit, Anda bisa menuju laman TikTok, kemudian mengisi beberapa data yang diminta. Setelahnya Anda bisa menentukan tujuan pembuatan iklan, mengatur target dan anggaran, mengunggah video atau foto, menambahkan Call To Action (CTA) iklan, dan selesai. CTA ini bisa mengarahkan pengguna menuju website, melakukan penginstalan aplikasi, atau lainnya sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

TikTok sedang naik daun saat ini, merupakan peluang bagi Anda untuk mempromosikan produk atau jasa. Namun hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah membuat konten yang menarik, menyenangkan, dan membuat pengguna lain mau menonton konten Anda hingga selesai, memberi reaksi berupa like atau komen, serta melakukan aksi seperti mengunjungi website atau menginstal aplikasi.

Bagi Anda yang memiliki bisnis online, tidak ada salahnya mencoba berjualan di TikTok Shop. Penjual dapat memanfaat berbagai fitur di aplikasi ini untuk kebutuhan marketing. Selain itu, ini dapat menjadi kesempatan untuk memperluas segmen pasar produk Anda. Selamat mencoba!

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait