10 Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia, Cina Juaranya

Image title
15 Agustus 2022, 16:48
negara penghasil gandum terbesar di dunia
Unsplash/Darla Hueske
Ilustrasi, panen gandum di Amerika Serikat (AS), salah satu negara penghasil gandum terbesar di dunia

Gandum merupakan bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Selain menjadi sumber energi, gandum juga menyediakan sejumlah besar komponen yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, vitamin, dan serat.

Sebagai salah satu makanan pokok, permintaan gandum di seluruh dunia terus meningkat setiap tahunnya. Expert Market Research melaporkan, pasar gandum global mencapai volume konsumsi hampir 734,7 juta metrik ton pada tahun 2020.

Diperkirakan permintaan gandum akan terus meningkat pada periode 2022-2027 dan industri ini diproyeksikan mencapai volume konsumsi sekitar 861,5 juta metrik ton pada tahun 2026. Daerah penghasil gandum utama termasuk Uni Eropa, Cina, India, Rusia, dan Amerika Serikat, dengan Uni Eropa menyumbang seperlima dari total produksi gandum global.

Berdasarkan data World Economic Forum, berikut 10 negara penghasil gandum terbesar di dunia dari tahun 2000 hingga 2020.

1. Cina

Cina merupakan negara penghasil gandum terbesar di dunia. Negara ini menghasilkan lebih dari 2,4 miliar ton gandum dalam 20 tahun terakhir atau sekitar 17% dari total produksi. Cina juga merupakan konsumen gandum terbesar di dunia. Pada 2020 hingga 2021, Cina menyumbang sekitar 19% dari konsumsi gandum global.

Mengutip The Crop Journal, gandum ditanam di 31 provinsi Cina dengan Liaoning, Jilin, Fujian, Jiangxi, Guangdong, dan Guangxi menjadi provinsi penghasil gandum paling sedikit. Sejak tahun 2000, luas areal gandum di 23 provinsi menurun. Namun, ada peningkatan di tujuh provinsi, yaitu Henan, Anhui, Jiangsu, Shandong, Hubei, Xinjiang, dan Mongolia Dalam.

2. India

India menjadi negara penghasil gandum terbesar kedua di dunia dengan 1,8 miliar ton gandum atau setara 12,5% dari total produksi gandum dunia. Meski demikian, BBC melaporkan bahwa India berhenti mengekspor gandum mulai 13 Mei 2022. Namun, beberapa negara masih menerima ekspor gandum dari India, antara lain Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, dan Uni Emirat Arab.

Agricultural & Processed Food Products Export Development Authority (APEDA) India melaporkan, negara bagian penghasil gandum terbesar di India adalah Uttar Pradesh, Punjab, Haryana, Madhya Pradesh, Rajasthan, Bihar dan Gujarat.

3. Rusia

Di posisi ketiga terdapat Rusia dengan total produksi gandum mencapai 1,2 miliar ton dari 2000 hingga 2020. Rusia juga menjadi pengekspor gandum terbesar di dunia yang menyumbang lebih dari 18% total ekspor gandum dunia. Reuters melaporkan, perkiraan produksi gandum Rusia 2022 mencetak rekor baru sebesar 89,2 juta ton.

Area penghasil gandum terbesar di Rusia antara lain North Caucasus, Black Earth, Volga, Ural and West Siberia dengan wilayah Rostov menjadi penghasil gandum utama dan paling produktif gandum, menghasilkan 13% dari total panen gandum di Rusia.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara penghasil gandum terbesar keempat di dunia dengan total produksi 1,2 miliar ton. Berdasarkan data USDA Foreign Agricultural Service, nilai ekspor gandum AS mencapai US$6,3 miliar pada 2020. Negara utama tujuan ekspor termasuk Filipina, Meksiko, dan Jepang.

Negara bagian AS dengan area terbesar yang ditanami gandum pada tahun 2021 adalah Kansas (7,3 juta hektar), North Dakota (6,5 juta hektar), Montana (5,5 juta hektar), Texas (5,5 juta hektar) dan Oklahoma (4,4 juta hektar).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...