Mengenal Sejarah Induk Organisasi Tenis Meja Internasional

Image title
16 Agustus 2022, 15:17
induk organisasi tenis meja internasional
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Ilustrasi, Dedi Mahendra Desta (kiri) dan legenda tenis meja Indonesia Anton Suseno berusaha mengembalikan bola ke arah Menkominfo Johnny G Plate dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga pada laga eksibisi Kejuaraan Tenis Meja Piala Menkominfo di GBK Arena, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Induk organisasi tenis meja internasional International Table Tennis Federation (ITTF). Organisasi ini terletak di Laussane, Swiss yang sudah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional. Dalam sejarahnya organisasi ini dimulai pada tahun 1926 di Berlin, Jerman.

Adapun olahraga dari tenis meja mulanya ditemukan di Inggris pada awal abad ke-20 dan disebut sebagai ping pong. Berkat popularitas tenis meja di Eropa, hadir 2 organisasi yaitu Table Tennis Association dan Ping Pong Association pada tahun 1901. Permainan tenis meja terus berkembang ke berbagai belahan dunia.

Awal berdirinya induk organisasi tenis meja dunia dimulai dari seseorang bernama Dr. George Lehmen yang berasal dari Jerman. Dirinya resmi mendirikan induk organisasi tenis meja atau International Table Tenis Federation (ITTF) pada 15 Januari 1926. Sedangkan untuk orang yang pertama kali menjabat sebagai presiden pertama ITTF adalah Hown Ivor Montagu yang berasal dari Inggris. Lalu, pada saat itu juga ada delapan negara yang langsung mendaftarkan diri sebagai anggota dari ITTF.

Sejarah induk organisasi tenis meja internasional terus berjalan. Bertepatan pada tanggal 16 Januari 1926, terdapat anggota ITTF yang terdiri dari negara asosiasi tenis meja seperti Inggris, Austria, Jerman dan Hungaria. Ivor Montagu terpilih menjadi presiden pertama untuk organisasi tenis meja internasional, yaitu ITTF.

Beberapa saat kemudian, diaturlah mengenai konstitusi peraturan tenis meja disahkan. Adanya aturan mengenai permainan tenis meja bertujuan untuk mengatur kompetisi Internasional.

Austria, Chezh, Inggris, Jerman, Hungaria, India, Swedia dan Wales secara resmi bergabung menjadi bagian ITTF. Kompetisi tenis meja pertama kali dilaksanakan di London pada 6-11 Desember 1926. Kompetisi ini mulai menyebar ke negara bagian di Eropa pada tahun 1939.

Pada pertengahan 1950, Asia mulai bergabung untuk mengikuti ajang kompetisi tenis meja. Pada kompetisi ini, benua Asia telah didominasi oleh atlet asal Cina. Popularitas permainan tenis meja di China dikenal sebagai “diplomasi ping pong”.

Permainan tenis meja dilakukan dengan cara memukul bola. Dalam permainan ini terdapat berbagai macam jenis pukulan, yaitu push, block, lob, drive, loop, flick, smash, chop dan serve.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...