Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama Britania Raya

Tifani
Oleh Tifani
9 September 2022, 09:27
Ratu Elizabeth II
ANTARA FOTO/REUTERS/Steve Parsons
Ilustrasi, Ratu Elizabeth II dari Britania Raya berpose setelah merekam ucapan Hari Natal di Kastil Windsor, Berkshire, Inggris.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia, kabar ini disampaikan oleh Istana Buckingham melalui akun resmi The Royal Family, pada Kamis (8/09/22) waktu setempat. Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun, di Balmoral, Skotlandia. Sebelumnya Ratu Elizabeth II dikabarkan jatuh sakit, dan berada di bawah pengawasan dokter kerajaan Inggris.

Ratu Elizabeth II adalah ratu terlama yang memimpin monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat di Inggris. Ratu Elizabeth II juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris.

Dilansir dari laman britannica.com, Ratu Elizabeth II menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh negara persemakmuran. Ketujuh negara persemakmuran tersebut, antara lain Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Sri Langka.

Penguasa Terlama Britania Raya

Ratu Elizabeth II resmi naik tahta pada 6 Febuari 1952, dan acara penobatannya digelar pada 1953. Dalam sejarah Kerajaan Inggris, upacara penobatan Ratu Elizabeth menjadi upacara pertama yang disiarkan secara langsung di televisi.

Selama memimpin Inggris, Ratu Elizabeth menjadi ratu terlama di kerajaan dalam sejarah dunia. Ia  menjadi Ratu Inggris selama hampir 70 tahun. Masa pemerintahannya selama 70 tahun merupakan masa pemerintahan terpanjang dalam sejarah Monarki Britania Raya mengalahkan nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun.

Kepemimpinan Elizabeth selama 70 tahun bukanlah tanpa masalah. Tahun 1992 menjadi momen yang penuh petaka. Ia bahkan menggambarkan sebagai "annus horribilis," atau tahun penuh malapetaka atau kesialan. Pernyataan itu muncul karena tiga dari anak-anaknya bercerai dan kebakaran menerjang di Kastil Windsor.

Ratu Elizabeth II terlahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926. Ia dibaptis pada 29 Mei 1926, di kapel pribadi di Istana Buckingham. Setelah pamannya, Edward VIII, turun tahta pada 1936, ayahnya, yakni George VI, mewarisi takhta. Kemudian secara tidak terduga Elizabeth menjadi penerus takhta berikutnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement