Mengenal Mega Mendung, Motif Batik Cirebon yang Kaya Makna

Tifani
Oleh Tifani
9 September 2022, 12:39
mega mendung
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, pengrajin batik menunjukkan corak batik Mega Mendung (salah satu jenis batik paling diminati pembeli) di Galeri Batik Hafiyan di Pusat Batik Trusmi, Plered, Cirebon, Jawa Barat, Rabu, (11/8/2021).

Mega mendung adalah salah satu motif batik yang populer dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Motif batik mega mendung memiliki sejarah dan makna filosofi tersendiri, khususnya bagi masyarakat Cirebon. Motif batik ini berbentuk seperti gumpalan-gumpalan awan dan dapat beraneka warna.

Ada dua versi catatan mengenai sejarah motif batik mega mendung. Versi pertama menyebutkan mega mendung dibuat oleh Pangeran Cakrabuana, putra Raja Pajajaran sekaligus pendiri Kerajaan Cirebon. Sedangkan versi kedua menyebutkan motif ini diadaptasi dari kebudayaan Tiongkok.

Dikutip dalam buku berjudul "Kode-Kode Nusantara: Telaah Sains Mutakhir atas Jejak-Jejak Tradisi di Kepulauan Indonesia" karya Hokky Situngkir (2016), sejarah munculnya motif batik mega mendung mengarah pada sejarah kedatangan bangsa Tiongkok ke wilayah Cirebon.

Sebab, saat itu pelabuhan Muara Jati di Cirebon merupakan tempat persinggahan para pedagang dari dalam dan luar negeri. Tidak heran kemudian banyak pedagang asal Tiongkok yang datang untuk berdagang, bahkan menetap di pesisir Cirebon.

Sejarah Munculnya Motif Batik Mega Mendung

Dikisahkan abhwa Sunan Gunung Jati yang tengah menyebarkan agama Islam di wilayah Cirebon pada abad ke-16 menikahi Ong Tien, putri dari Kaisar Hong Gie dari Dinasti Ming di Tiongkok. Ia kemudian membawa beberapa benda seni Tiongkok pada saat itu, seperti keramik, piring dan kain berhiaskan bentuk awan.

Pernikahan Sunan Gunung Jati dengan Ong Tien tersebut menjadi pintu gerbang masuknya budaya dan tradisi Tiongkok ke keraton Cirebon. Para pembatik keraton menuangkan budaya dan tradisi Tiongkok ke dalam motif batik yang mereka buat, tetapi dengan sentuhan khas Cirebon. Ada perbedaan antara motif mega mendung dari Tiongkok dan yang dari Cirebon.

Misalnya, garis awan pada motif mega mendung Cina berupa bulatan atau lingkaran. Sedangkan motif Cirebon cenderung lonjong, lancip, dan segitiga. Dalam paham Taoisme, bentuk awan melambangkan dunia atas.

Bentuk awan merupakan gambaran dunia luas, bebas, dan mempunyai makna ketuhanan. Konsep mengenai awan juga berpengaruh di dunia seni rupa Islam pada abad ke-16, yang digunakan kaum Sufi untuk ungkapan dunia besar atau alam bebas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...