Cukup Bersaing, Ini Besaran Gaji Kurir SiCepat Ekspres

Annisa Fianni Sisma
15 September 2022, 11:50
gaji kurir SiCepat
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, pekerja menyelesaikan pengantarann barang belanjaan online menggunakan sepeda motor di Gudang SiCepat Kemayoran, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Gaji kurir SiCepat Ekspres menjadi salah satu informasi yang banyak dicari, utamanya oleh pencari kerja yang ingin menjajal pekerjaan kurir. Perkembangan dunia e-commerce yang cukup pesat menjadi faktor utama meningkatnya bisnis jasa pengiriman atau logistik. Sehingga, posisi kurir menjadi salah satu profesi yang dibutuhkan perusahaan penyedia jasa pengiriman.

Merujuk pada angka yang ditunjukkan di portal pencarian kerja indeed.com, rata-rata gaji kurir di Indonesia tercatat sebesar Rp 1.191.657 per bulan. Jika melihat nominalnya, tentu jumlah ini tergolong sangat kecil.

Namun, ini merupakan angka rata-rata, karena pada kenyataannya setiap perusahaan jasa pengiriman memberikan gaji kurir yang setara dengan upah minimum, ditambah dengan insentif dan tunjangan. Salah satunya adalah SiCepat Ekspres, di mana gaji kurirnya tergolong bersaing dibandingkan dengan perusahaan jasa pengiriman lainnya.

Berikut ini, adalah ulasan singkat mengenai besaran upah atau gaji yang diterima oleh kurir SiCepat Ekspres, beserta insentif dan tunjangannya.

Gaji Kurir SiCepat Ekspres

Mengutip pluginongkoskirim.com, besaran gaji kurir SiCepat Ekspres disebutkan sepadan dengan besaran upah minimum regional (UMR) atau upah minimum kabupaten/kota (UMK). Selain itu, besaran gaji yang diterima kurir SiCepat Ekspres juga cukup bersaing dibandingkan dengan perusahaan jasa pengiriman lainnya.

Untuk gaji pokok, kurir SiCepat Ekspres rata-rata menerima gaji mulai dari Rp 1.750.000 sampai Rp 2.500.000. Gaji tersebut baru gaji utama per bulan, belum ditambah bonus dan tunjangan lain-lain.

Nominal gaji kurir SiCepat ini bisa berbeda-beda, tergantung UMR/UMK masing-masing daerah tempat SiCepat Ekspres beroperasi. Artinya, jumlah gaji yang diterima kurir SiCepat Ekspres bisa lebih besar atau lebih kecil, tergantung upah minimum wilayah setempat.

Selain gaji pokok, kurir juga memperoleh tunjangan bulanan, bonus dan uang makan. Secara perinci, gaji kurir SiCepat Ekspres terbagi dalam beberapa kategori, antara lain:

  • Gaji pokok, sesuai dengan UMR/UMK. Biasanya gaji pokok berkisar antara Rp 1.750.000 hingga Rp 2.500.000, atau bisa lebih tinggi.
  • Uang makan, umumnya Rp 54.500 yang nantinya diakumulasi selama 30 hari.
  • Bonus kehadiran, yang diberikan sebagai apresiasi bagi kurir yang rajin masuk kerja.
  • Uang bensin, biaya yang diberikan untuk menanggung biaya operasional kurir setiap hari.
  • Gaji kurir per paket, yang merupakan insentif saat memenuhi target pengiriman barang.

Gaji kurir yang terdiri dari gaji pokok, insentif dan tunjangan, seluruhnya diakumulasi dan dihitung sesuai kehadiran selama satu bulan. Setelah itu, gaji kurir akan dibayarkan di setiap awal bulan. Apabila diakumulasi antara gaji pokok, dan tunjangan, serta bonus, maka total gaji kurir SiCepat Ekspres bisa mencapai Rp 3.500.000 sampai Rp 4.500.000.

Patut diingat, bahwa besaran nominal insentif dan tunjangan bisa berbeda-beda antar kantor SiCepat Ekspres di setiap wilayah. Ini karena gaji kurir SiCepat Ekspres pada prinsipnya mengacu pada UMR/UMK daerah atau wilayah operasional. Selain itu, tunjangan dan bonus juga dapat berbeda nominalnya tergantung pada kebijakan manajemen setempat.

Sementara untuk sistemnya penggajiannya, sistem gaji kurir SiCepat Ekspres tidak jauh berbeda dengan sistem yang digunakan oleh perusahaan jasa pengiriman pada umumnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...