8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah dan Sederhana

Bahan-bahan sederhana dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Berikut berbagai cara menghilangkan bau sepatu dengan mudah dan sederhana.
Image title
3 Oktober 2022, 06:02
cara menghilangkan bau sepatu
Pixabay
Ilustrasi, sepatu.

Sepatu yang dipakai sehari-hari tanpa perawatan yang baik menyebabkan bau tak sedap. Bau pada sepatu disebabkan oleh bakteri berkumpul di sepatu, kaus kaki, dan kulit. Bakteri ini berkembang biak, memakan sel-sel kulit mati dan minyak yang ada di kaki.

Saat bakteri terpecah, mereka melepaskan bau yang tidak sedap sehingga seluruh sepatu turut menimbulkan bau. Selain itu, sepatu yang digunakan untuk aktivitas berat, seperti lari jarak jauh, membuat kaki berkeringat sehingga rentan timbul bakteri.

Untungnya, bau sepatu dapat dihilangkan. Dikutip dari situs web Nike dan Reader’s Digest, bahan-bahan sederhana ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu.

Berikut berbagai cara menghilangkan bau sepatu dengan mudah dan sederhana.

Advertisement

1. Menggunakan Soda Kue

Soda kue adalah pewangi alami yang menyerap bau dan bakteri. Adapun, cara menghilangkan bau sepatu menggunakan soda kue, dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain:

  • Campurkan 1/4 cangkir bubuk soda kue, 1/4 cangkir baking powder, dan 1/2 cangkir tepung jagung.
  • Masukkan campuran ke dalam sepasang kaus kaki katun atau taburkan campuran di dalam sepatu dan biarkan semalaman.
  • Untuk penambah aroma ekstra, tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit.
  • Opsi alternatif lain yaitu menaburkan soda kue langsung ke dalam sepatu dan biarkan selama minimal 24 jam.

2. Menggunakan Garam

Salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang layak dicoba, adalah dengan menggunakan garam. Cara ini bisa digunakan untuk sepatu kets dan sepatu kanvas lainnya, yang bisa menimbulkan bau tak sedap, terutama jika dipakai tanpa kaus kaki saat udara hangat dan lembap.

Untuk mengatasi masalah bau ini, taburkan sedikit garam dan biarkan semalaman lalu bersihkan di pagi hari. Garam sendiri, bisa berfungsi untuk menghilangkan bau dan menyerap kelembapan.

3. Menggunakan Cuka

Cuka dapat menetralkan bau dan melawan bakteri di sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dilakukan dengan mencampur cuka putih dengan air dalam jumlah yang sama ke dalam botol semprot.

Kocok botol agar larutan tercampur. Semprotkan larutan di dalam sepatu setelah digunakan dan biarkan mengering. Cara ini cocok digunakan pada sepatu lari setelah dipakai untuk membuat sepatu berbau lebih segar lebih lama.

4. Menggunakan Minyak Esensial

Gunakan beberapa tetes minyak esensial ke dalam sepatu untuk memberikan aroma yang menyegarkan. Coba gunakan minyak kayu putih, cengkeh, atau pohon teh.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Mycobiology, minyak esensial cengkeh efektif menghambat pertumbuhan bakteri pada kaki untuk menghilangkan bau tak sedap. Minyak ini juga bermanfaat untuk melawan bakteri dan meninggalkan aroma yang harum.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa teteskan minyak esensial ke selembar kertas atau tisu dan masukkan ke dalam sepatu semalaman.

5. Menggunakan Sabun Batang

Cara menghilangkan bau sepatu pakai sabun batang dilakukan dengan memasukkan sabun batang ke dalam sepatu dan membiarkannya semalaman. Sabun akan membunuh bakteri dan bau yang dihasilkannya. Selain itu, sabun batang berpori-pori, sehingga akan menyerap bau dan menimbulkan aroma sabun yang bersih.

6. Menggunakan Alkohol Kadar 70%

Penggunaan alkohol dengan kadar 70% bisa menjadi alternatif cara menghilangkan bau sepatu. Untuk masalah bau ini, Anda cukup meneteskan alkohol 70% ke bagian sepatu yang kotor atau aus untuk membantu menghilangkan bau.

Alkohol 70% tidak hanya mengurangi bau, tetapi juga membantu mendisinfeksi sepatu. Selain itu, bahan ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau.

7. Menjemur Sepatu

Sepintas cara ini memang terlalu simple. Namun, menjemur sepatu dapat menjadi cara menghilangkan bau sepatu yang efektif.

Menjemur sepatu dapat menghilangkan kelembapan berlebih, sehingga efektif untuk menghilangkan bau. Letakkan sepatu di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam setelah dipakai agar benar-benar kering sebelum dipakai lagi.

8. Menggunakan Kantong Teh Celup

Teh hitam dalam kemasan kantong mengandung tanin, yaitu zat yang akan berfungsi untuk membunuh bakteri yang menumpuk di sepatu dan membantu menghilangkan baunya. Caranya dilakukan dengan memasukkan kantong teh celup ke dalam air mendidih selama dua hingga tiga menit.

Selanjutnya, keluarkan kantong teh celup dan biarkan dingin. Tempatkan kantong di dalam sepatu selama sekitar satu jam sebagai pewangi alami. Setelah dikeluarkan, bersihkan sisa cairan yang tertinggal di sepatu.

9. Menggunakan Bedak bayi

Ini lebih menjadi langkah preventif, ketimbang cara menghilangkan bau sepatu. Artinya, penggunaan bedak bayi merupakan langkah pencegahan yang bisa dilakukan sebelum mengenakan sepatu, agar tidak berbau. Jika Anda cenderung memiliki sepatu yang bau, taburkan bedak bayi pada kaki sebelum mengenakan sepatu.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait