8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah dan Sederhana

Image title
3 Oktober 2022, 06:02
cara menghilangkan bau sepatu
Pixabay
Ilustrasi, sepatu.

Sepatu yang dipakai sehari-hari tanpa perawatan yang baik menyebabkan bau tak sedap. Bau pada sepatu disebabkan oleh bakteri berkumpul di sepatu, kaus kaki, dan kulit. Bakteri ini berkembang biak, memakan sel-sel kulit mati dan minyak yang ada di kaki.

Saat bakteri terpecah, mereka melepaskan bau yang tidak sedap sehingga seluruh sepatu turut menimbulkan bau. Selain itu, sepatu yang digunakan untuk aktivitas berat, seperti lari jarak jauh, membuat kaki berkeringat sehingga rentan timbul bakteri.

Untungnya, bau sepatu dapat dihilangkan. Dikutip dari situs web Nike dan Reader’s Digest, bahan-bahan sederhana ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu.

Berikut berbagai cara menghilangkan bau sepatu dengan mudah dan sederhana.

1. Menggunakan Soda Kue

Soda kue adalah pewangi alami yang menyerap bau dan bakteri. Adapun, cara menghilangkan bau sepatu menggunakan soda kue, dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain:

  • Campurkan 1/4 cangkir bubuk soda kue, 1/4 cangkir baking powder, dan 1/2 cangkir tepung jagung.
  • Masukkan campuran ke dalam sepasang kaus kaki katun atau taburkan campuran di dalam sepatu dan biarkan semalaman.
  • Untuk penambah aroma ekstra, tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit.
  • Opsi alternatif lain yaitu menaburkan soda kue langsung ke dalam sepatu dan biarkan selama minimal 24 jam.

2. Menggunakan Garam

Salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang layak dicoba, adalah dengan menggunakan garam. Cara ini bisa digunakan untuk sepatu kets dan sepatu kanvas lainnya, yang bisa menimbulkan bau tak sedap, terutama jika dipakai tanpa kaus kaki saat udara hangat dan lembap.

Untuk mengatasi masalah bau ini, taburkan sedikit garam dan biarkan semalaman lalu bersihkan di pagi hari. Garam sendiri, bisa berfungsi untuk menghilangkan bau dan menyerap kelembapan.

3. Menggunakan Cuka

Cuka dapat menetralkan bau dan melawan bakteri di sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dilakukan dengan mencampur cuka putih dengan air dalam jumlah yang sama ke dalam botol semprot.

Kocok botol agar larutan tercampur. Semprotkan larutan di dalam sepatu setelah digunakan dan biarkan mengering. Cara ini cocok digunakan pada sepatu lari setelah dipakai untuk membuat sepatu berbau lebih segar lebih lama.

4. Menggunakan Minyak Esensial

Gunakan beberapa tetes minyak esensial ke dalam sepatu untuk memberikan aroma yang menyegarkan. Coba gunakan minyak kayu putih, cengkeh, atau pohon teh.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Mycobiology, minyak esensial cengkeh efektif menghambat pertumbuhan bakteri pada kaki untuk menghilangkan bau tak sedap. Minyak ini juga bermanfaat untuk melawan bakteri dan meninggalkan aroma yang harum.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...