8 Rekomendasi Minuman Khas Jakarta yang Nikmat

Ghina Aulia
17 Oktober 2022, 13:58
minuman khas Jakarta
Shutterstock/Harismoyo
Ilustrasi, bir pletok, minuman khas Betawi

Sebagai negara yang memiliki beragam budaya, daerah di Indonesia masing-masing memiliki budayanya. Meski berbeda, justru hal tersebut yang menjadi keunikannya. Salah satu yang paling mencolok adalah urusan kuliner. Di setiap daerah, umumnya memiliki spesialisasi tersendiri. Baik makanan atau minuman.

Kota Jakarta merupakan salah satu wilayah di Indonesia, yang memiliki beberapa ciri khas kuliner yang cukup autentik dan jarang bisa ditemukan di tempat lain.

Untuk makanan, pasti banyak dari kita yang mengenal beberapa hidangan khas Jakarta, seperti kerak telor dan soto Betawi. Bahkan, beberapa kuliner makanan dari Jakarta sebegitu populer, dan menyebar hingga ke daerah lain.

Namun, bagaimana dengan minuman? Nah, ternyata Jakarta juga memiliki beberapa jenis minuman yang memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini ulasan mengenai delapan minuman khas Jakarta yang menggugah selera.

Minuman Khas Jakarta

Meski saat ini Jakarta dihuni oleh orang dari berbagai suku dan daerah, makanan dan minumannya tetap dikenal sebagai kuliner Betawi. Lantaran suku tersebut, merupakan penduduk asli Jakarta.

Masyarakat Betawi lah yang memprakarsai kuliner-kuliner khas yang autentik dan masih lestari hingga sekarang. Terkait dengan itu, berikut ini adalah deretan minuman khas Jakarta yang berhasil dilansir dari situs Keluyuran dan IDN Times:.

1. Es Cingcau

Sesuai dengan namanya, minuman ini terdapat campuran cincau di dalamnya. Meski begitu, istilah cingcau terdengar lebih familiar bagi masyarakat setempat.

Tak hanya itu, juga ada air santan yang membuatnya terasa gurih dan nikmat. Ditambah bubuhan gula merah yang memberikan rasa manis. Kombinasi tersebut sangat pas saat bercampur dengan buliran cincau yang lembut.

2. Es Goyang

Mirip dengan es krim, minuman ini bisa dikatakan versi tradisionalnya. Mesi dari tekstur lebih kasar, justru itu lah yang kadang membuat lidah merindukan cita rasa ini.

Ada pun hal yang unik adalah cara pembuatannya. Dengan cetakan yang disusun berjejer di dalam kotak es, lalu digoyang-goyang hingga membeku seperti es krim. Tak lupa celupan coklat cair yang akan beku ketika bersentuhan dengan es goyang.

3. Kopi Jahe

Seperti kopi kebanyakan, minuman khas Jakarta ini umumnya disajikan untuk tamu yang bertandang di zaman dahulu. Perpaduan rasa pahit dan rempah ternyata sangat nikmat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...