6 Rekomendasi Minuman untuk Menurunkan Berat Badan yang Menyehatkan

Destiara Anggita Putri
24 Oktober 2022, 22:41
minuman untuk menurunkan berat badan
Unsplash/Akhilesh Sharma
Ilustrasi, teh hitam.

Ketika menjalankan program diet, kebanyakan orang hanya fokus memilih makanan tanpa memperhatikan minuman yang dikonsumsi. Faktanya, minuman juga berperan penting dalam menurunkan berat badan.

Ini karena ada beberapa jenis minuman dengan kandungan nutrisi tertentu yang cocok dikonsumsi saat diet. Selain tu, beberapa minuman juga dapat meningkatkan metabolisme serta membuat tubuh kenyang lebih lama.

Lantas, apa saja minuman tersebut? Bila Anda sedang menjalankan program diet, berikut ini enam rekomendasi minuman untuk menurunkan berat badan.

1. Air Putih

Air putih merupakan rekomendasi minuman pertama untuk menurunkan berat badan yang harus dimasukkan ke dalam daftar. Tidak hanya untuk diet, air putih juga bermanfaat untuk  mengurangi asupan minuman tinggi kalori, mengontrol nafsu makan serta melancarkan pencernaan.

Dikutip dari Alodokter.com, sebuah penelitian membuktikan bahwa minum air putih sebanyak 1,5 liter setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan berat badan. Selain itu, air putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk minum 2 gelas air putih sebelum makan agar memberikan efek kenyang sehingga Anda tidak makan dalam porsi berlebihan.Namun bila Anda tidak terbiasa minum banyak air putih atau bosan dengan rasanya, Anda bisa menambahkan irisan lemon.

Anda juga bisa membuat infused water dengan mencampurkan potongan-potongan buah dan sayuran seperti lemon, jeruk, apel, dan lainnya ke dalam air putih. Campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam botol dan diamkan selama 3-4 jam di dalam kulkas. 

Infused water sendiri memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga cocok untuk dijadikan minuman untuk diet serta dapat membuat tubuh tetap terhidrasi

2. Susu Kedelai

JIka Anda suka minum susu namun takut mengalami kenaikan berat badan, Anda bisa minum susu kedelai sebagai gantinya. Hal ini dikarenakan susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta rendah kalori.

Susu kedelai juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak bisa mengkonsumsi laktosa. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, susu kedelai juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya osteoporosis,penyakit jantung, serta kambuhnya penyakit asam lambung.  

3. Teh Hijau

Teh hijau merupakan jenis teh memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk membantu menurunkan berat badan. Maka tidak mengherankan bila teh ini sering dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Manfaat ini juga ini telah dibuktikan oleh sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2008 dimana 60 penderita obesitas diminta melakukan diet selama 12 minggu sambil rutin mengkonsumsi teh hijau atau plasebo. 

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi teh hijau berhasil menurunkan berat badan hingga 3,3 kilogram.  Hasil ini lebih banyak dibandingkan partisipan lain yang hanya mengkonsumsi plasebo.

Selain itu, ada juga penelitian lain dimana peserta diminta mengkonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu. Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan lemak tubuh, serta lingkar pinggang yang signifikan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...