7 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Destiara Anggita Putri
25 Oktober 2022, 12:50
manfaat susu kambing.
Unsplash
Ilustrasi, susu.

Banyak orang percaya bahwa cara untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit (skincare) atau melakukan perawatan saja. Faktanya, ada resep kecantikan lain yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan susu kambing.

Hal ini dikarenakan susu kambing mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kulit. Salah satunya adalah zat antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas serta mencegah penuaan dini.

Tidak hanya itu, menurut United States Department of Agriculture, susu kambing juga mengandung vitamin A, vitamin C, asam lemak, kolesterol dan selenium yang baik untuk wajah.  

Melihat manfaatnya ini,  tentunya Anda juga harus mulai memanfaatkan susu kambing untuk merawat kulit. Ada berbagai macam  produk susu kambing yang bisa dipilih mulai dari bentuk sabun, masker,  hingga pelembab wajah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tujuh manfaat susu kambing bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Mencegah Jerawat

Bila Anda memiliki masalah dengan jerawat, tidak ada salahnya Anda mencoba susu kambing untuk mengatasinya. Susu kambing memiliki asam laktat yang terbukti mampu mengeksfoliasi kulit. 

Manfaat inilah yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, dan minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat. Selain itu, susu kambing bermanfaat untuk menjaga kekuatan skin barrier sehingga dapat mencegah bakteri penyebab jerawat.

Walaupun dapat mengatasi jerawat, efektivitas susu kambing bisa jadi berbeda bagi setiap orang. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk memastikan apakah susu kambing tepat untuk menangani masalah jerawat Anda atau tidak.

2. Menghaluskan Kulit

Manfaat susu kambing selanjutnya adalah untuk menghaluskan kulit. Walaupun Anda bisa memakai sabun biasa, namun menggunakan sabun susu kambing dapat membantu mengangkat kotoran yang ada di permukaan kulit sehingga menjadi lebih halus.

Dikutip dari jurnal Cleansing Formulations That Respect Skin Barrier Integrity, susu kambing memiliki jumlah lemak yang tinggi terutama caprylic acid. Lemak inilah yang dapat membantu melembabkan kulit tanpa menghilangkan asam lemak alaminya.

Oleh karena itu, kulit Anda tidak akan menjadi kering setelah menggunakan sabun susu kambing.

3. Mencegah Penuaan Kulit

Seperti yang telah dijelaskan di atas, susu kambing dapat membantu mencegah penuaan dini, Hal ini dikarenakan susu kambing  mengandung lactic acid atau asam laktat yang mampu memperbaiki  kerutan kulit dengan meningkatkan kadar glikosaminoglikan.

Fungsi  glikosaminoglikan sendiri adalah  untuk menjaga kekencangan dan keelastisan kolagen dan elastin pada kulit.

Manfaat lain dari asam laktat adalah membantu mempercepat pergantian sel dan merangsang tumbuhnya sel-sel baru. Manfaat inilah yang dapat memperlancar proses peremajaan kulit serta memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...