Manfaat Kambing Etawa, dari Daging hingga Susunya

Beragam manfaat kambing etawa dapat diperoleh apabila rajin dikonsumsi, selain rasanya yang lezat daging dan susu kambing etawa juga kaya manfaat bagi kesehatan manusia.
Image title
28 Oktober 2021, 17:33
Pengunjung melihat manfaat kambing etawa
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww.
Seorang warga mendekati ternak kambing jenis Etawa yang berada di kandangnya di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (4/10/2020). Sejumlah peternak di desa itu beralih beternak kambing jenis Etawa dibanding kambing spesies lokal karena lebih menguntungkan disebabkan ukurannya lebih besar dan nilai jualnya lebih tinggi. ANTARAFOTO/Basri Marzuki/aww.

Kambing dan kehidupan manusia ternyata sudah dekat sejak berabad-abad lamanya. Dalam catatan Akhmad Sodiq dalam bukunya Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa, bahwa hewan yang dirawat di rumah setelah anjing adalah kambing.

Pada mulanya kambing merupakan hewan liar yang berpencar di sepanjang pegunungan yang berada di Asia, Barat, Persia dab sekitarnya. Para ahli mengungkapkan bahwa kambing yang banyak dimanfaatkan pada kehidupan manusia saat ini merupakan keturunan dari induk spesies Capra Aegagrus. Kambing tersebut hidup di Asia Kecil dan daratan Persia hingga Mediterania.

Kambing mengalami proses perkembangan yang sangat cepat. Hal itu terlihat dari bertambahnya jumlah kualifikasi dari produk utama yang tidak hanya digunakan pada konsumsi dagingnya saja. Akan tetapi menular kepada susu olahan, bulu dan kulit hingga tanduknya. Oleh karenanya manfaat kambing etawa sangatlah beragam dan banyak orang yang mau mengembangbiakkan. 

Asal Mula Kambing Etawa

Setelah membahas mengenai sejarah kambing dalam sudut pandang luas, selanjutnya dispesifikasikan kepada kambing etawa. Kambing jenis ini berasal dari salah satu wilayah di Jamnapari (salah satu wilayah di India). Makanya, kambing etawa memiliki julukan sebagai kambing jamnapari.

Jenis kambing ini paling populer di masyarakat Asia Tenggara, karena manfaatnya. Seekor kambing etawa dapat dimanfaatkan daging dan susunya. Selain itu postur tubuhnya yang besar membuat banyak orang minat kepada kambing etawa.

Dalam ciri fisiknya, kambing etawa memiliki postur tubuh cukup besar. Kemudian ukuran telinganya yang panjang dan menggantung. Selain itu bentuk mukanya juga cenderung menonjol dan bulu di bagian paha sangat panjang.

Seekor kambing jantan bisa memiliki berat hingga 90 kilogram dan betinanya berkisar 60 kilogram. Sang betina memiliki puting cukup panjang dan bisa menghasilkan susu hingga 235 kilogram dengan masa laktasi 261 hari. Di masa puncak laktasi jumlah susu yang dihasilkan bisa mencapai 3,8 kilogram seharinya.

Produksi Ternak Kambing Etawa di Indonesia

Produksi susu kambing etawa yang melimpah membuat sejumlah peternak melirik bisnis ini. Kondisi kambing etawa yang mampu beradaptasi dengan lingkungan ekstrim juga menjadi salah satu pertimbangan. Guna mendapatkan hasil yang besar, para peternak di Indonesia kerap mengawinkan kambing lokal dengan etawa dan menghasilkan kambing peranakkan etawa.

Dalam perkembangannya banyak peternak yang membuat sentra usaha. Sentra itu tersebar di sejumlah wilayah seperti Banyumas, Bogor hingga Banyuwangi. 

Manfaat Daging Kambing Etawa

Ada manfaat yang bisa didapat baik dagingnya maupun susu kambing etawa. Berikut manfaat konsumsi daging kambing etawa yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengatasi Rasa Nyeri Haid

Manfaat daging kambing etawa bisa mengatasi rasa nyeri saat datang bulan. Nyeri haid bisa disebabkan kandungan zat besi dalam tubuh yang berkurang. Mengonsumsi daging kambing yang kaya zat besi bisa membantu meredakan nyeri haid ini.

2. Merawat Kebugaran Kulit dan Tulang

Kesehatan kulit dan tulang adalah hal penting bagi manusia. Oleh karenanya kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi dalam daging kambing juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu saja, daging kambing juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang serta gigi.

3. Memperkuat Imunitas

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini imunitas tubuh sangatlah penting. Daging kambing juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Membantu Melawan Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti manusia. Maka dengan mengonsum daging kaging kambing yang mengandung zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium yang cukup tinggi. Kandungan kolin dan selenium ini bisa menangkal serangan kanker di organ dalam tubuh. Daging kambing juga mengandung conjugated linoleic acid (CLA) yang kandungannya diyakini bisa mencegah inflamasi yang menyebabkan kanker dan tumor ganas.

5. Mencegah Kekurangan Darah

Penyakit kekurangan darah atau anemia bisa diobat dengan daging kambing. Hal itu dikarenakan daging kambing memiliki kandungan zat besi dan mineral lainnya yang memiliki fungsi dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Dengan mengonsumsinya, daging kambing bisa meningkatkan kadar darah merah dalam tubuh. Sehingga bisa bantu mencegah pusing, kelelahan, hingga anemia.

6. Membantu Percepatan Proses Pemulihan Luka

Selain tinggi protein, daging kambing juga mengandung asam amino yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi daging kambing juga diyakini bisa bantu mempercepat proses penyembuhan.

Nutrisi Susu Kambing Etawa

Manfaat Kambing etawa tidak hanya pada konsumsi dagingnya saja, namun juga susunya. Melansir SehatQ.com, susu kambing etawa mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan, antara lain:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Vitamin A
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Laktoferin

Demi mendapat hasil yang maksimal, susu kambing etawa sebaiknya diminum 2 kali sehari. Porsi yang rekomendasikan adalah setara dengan 180-200 ml per hari.

10 Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Kesehatan Tubuh

Selain dagingnya, susu kambing etawa juga kaya akan gizi yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah manfaat susu kambing etawa yang perlu Anda ketahui.

1. Mengobati Penyakit Infeksi Akibat Bakteri

Khasiat susu kambing etawa yang pertama adalah untuk mengatasi infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli (E. coli). Menurut salah satu jurnal dari Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Indonesia (FK UKI) tahun 2018, susu kambing etawa mengandung zat antibakteri.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan jika konsentrasi susu sebanyak 60-80 persen dapat menghambat pertumbuhan bakteri resisten, sementara konsentrasi 100 persen memiliki respons penghambat bakteri sedang. Bakteri E. coli sendiri merupakan jenis bakteri yang menjadi penyebab sejumlah penyakit, seperti infeksi saluran kemih (ISK) dan pneumonia.

2. Memperkuat Daya Tahan Tulang

Sama seperti susu sapi, susu kambing etawa juga diperkaya kalsium. Adanya kandungan kalsium ini membuat susu kambing tersebut bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, pun menjaga agar tulang senantiasa sehat.

Melansir Akudokter.com, tubuh memerlukan asupan kalsium untuk pembentukan tulang sekaligus menjaga agar tulang tetap kuat. Selain itu, menurut penelitian tahun 2012, kandungan kalsium dan fosfor pada susu ini dapat mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

3. Membantu Penyerapan Nutrisi

Susu sapi dan susu kambing—termasuk susu kambing etawa—mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium. Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Ada juga penelitian mengungkapkan bahwa mineral yang terkandung dalam susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh ketimbang yang ada di dalam susu sapi. Hal ini menjadikan susu kambing etawa lebih disarankan guna mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Terutama bagi Anda yang mengalami gangguan kesehatan seperti anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Susu kambing etawa memiliki kandungan karbohidrat jenis oligosakarida yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Jumlahnya setara dengan yang ditemukan dalam ASI manusia. Karbohidrat jenis oligosakarida yang terkandung dalam susu kambing etawa mengandung prebiotik dan bersifat antibakteri. Minum susu tersebut dapat membantu perkembangan probiotik alias bakteri ‘baik’ yang bertugas merawat kesehatan dan fungsi sistem pencernaan.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot

Memiliki otot tubuh yang kuat akan memudahkan Anda melakukan berbagai aktivitas, seperti berolahraga. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar otot Anda bertambah kuat, salah satunya dengan minum susu kambing etawa secara rutin. Manfaat susu kambing etawa yang satu ini tidak lepas dari kandungan protein susu kambing etawa di dalamnya. Studi yang dirilis oleh Journal of the International Society of Sports Nutrition pada tahun 2012 mengatakan jika diet tinggi protein dapat meningkatkan kekuatan otot.

6. Meredakan Diare

Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri E. coli. Minum susu kambing etawa disebut-sebut dapat membantu mengatasi penyakit yang menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menewaskan sekitar 2.195 anak di seluruh dunia setiap harinya. Alasan susu kambing etawa juga berkhasiat untuk mengatasi diare adalah karena susu ini mengandung zat bernama laktoferin.

Menurut penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), laktoferin pada susu kambing etawa memiliki sifat antidiare karena zat tersebut terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri E.Coli yang menjadi penyebabnya.

7. Meningkatkan Suplai Oksigen ke Seluruh Tubuh

Kandungan fosfor pada susu kambing etawa membuat susu ini berpotensi membantu peredarah darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Dilansir dari Linus Pauling Institute, Oregon State University, fosfor akan membantu hemoglobin dalam menjalankan fungsinya, yakni mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat lainnya dari susu kambing etawa yang perlu Anda ketahui adalah menjaga kesehatan mata. Khasiat susu kambing etawa yang satu ini didapat dari vitamin A yang dimilikinya. 

Melansir NIH, asupan beta-karoten sebanyak 25 persen setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko penyakit degenerasi makula yang menyerang mata. Beta-karoten sendiri merupakan zat yang menjadi cikal bakal vitamin A.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A pada susu kambing etawa selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Menurut NIH, meningkatkan kekebalan menjadi salah satu dari sekian banyak kegunaan vitamin A bagi tubuh.

10. Mencegah Kanker

Kandungan riboflavin yang juga ada dalam susu kambing etawa disebut-sebut bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Pada tahun 2020, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences menyebutkan bahwa vitamin B2 berkontribusi dalam menurunkan risiko sejumlah penyakit kanker pada manusia.

Akan tetapi, belum dapat diketahui tingkat efektivitas vitamin B2 pada susu kambing dalam meminimalisir risiko penyakit kanker tersebut. Perlu ada studi lanjutan guna memastikan hal tersebut.

Demikianlah manfaat kambing etawa bagi kesehatan yang dapat diperoleh melalui daging dan susunya, apabila rutin dikonsumsi di rumah. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait