Manfaat Kambing Etawa, dari Daging hingga Susunya

Image title
28 Oktober 2021, 17:33
Pengunjung melihat manfaat kambing etawa
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww.
Seorang warga mendekati ternak kambing jenis Etawa yang berada di kandangnya di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (4/10/2020). Sejumlah peternak di desa itu beralih beternak kambing jenis Etawa dibanding kambing spesies lokal karena lebih menguntungkan disebabkan ukurannya lebih besar dan nilai jualnya lebih tinggi. ANTARAFOTO/Basri Marzuki/aww.

Kambing dan kehidupan manusia ternyata sudah dekat sejak berabad-abad lamanya. Dalam catatan Akhmad Sodiq dalam bukunya Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa, bahwa hewan yang dirawat di rumah setelah anjing adalah kambing.

Pada mulanya kambing merupakan hewan liar yang berpencar di sepanjang pegunungan yang berada di Asia, Barat, Persia dab sekitarnya. Para ahli mengungkapkan bahwa kambing yang banyak dimanfaatkan pada kehidupan manusia saat ini merupakan keturunan dari induk spesies Capra Aegagrus. Kambing tersebut hidup di Asia Kecil dan daratan Persia hingga Mediterania.

Advertisement

Kambing mengalami proses perkembangan yang sangat cepat. Hal itu terlihat dari bertambahnya jumlah kualifikasi dari produk utama yang tidak hanya digunakan pada konsumsi dagingnya saja. Akan tetapi menular kepada susu olahan, bulu dan kulit hingga tanduknya. Oleh karenanya manfaat kambing etawa sangatlah beragam dan banyak orang yang mau mengembangbiakkan. 

Asal Mula Kambing Etawa

Setelah membahas mengenai sejarah kambing dalam sudut pandang luas, selanjutnya dispesifikasikan kepada kambing etawa. Kambing jenis ini berasal dari salah satu wilayah di Jamnapari (salah satu wilayah di India). Makanya, kambing etawa memiliki julukan sebagai kambing jamnapari.

Jenis kambing ini paling populer di masyarakat Asia Tenggara, karena manfaatnya. Seekor kambing etawa dapat dimanfaatkan daging dan susunya. Selain itu postur tubuhnya yang besar membuat banyak orang minat kepada kambing etawa.

Dalam ciri fisiknya, kambing etawa memiliki postur tubuh cukup besar. Kemudian ukuran telinganya yang panjang dan menggantung. Selain itu bentuk mukanya juga cenderung menonjol dan bulu di bagian paha sangat panjang.

Seekor kambing jantan bisa memiliki berat hingga 90 kilogram dan betinanya berkisar 60 kilogram. Sang betina memiliki puting cukup panjang dan bisa menghasilkan susu hingga 235 kilogram dengan masa laktasi 261 hari. Di masa puncak laktasi jumlah susu yang dihasilkan bisa mencapai 3,8 kilogram seharinya.

Produksi Ternak Kambing Etawa di Indonesia

Produksi susu kambing etawa yang melimpah membuat sejumlah peternak melirik bisnis ini. Kondisi kambing etawa yang mampu beradaptasi dengan lingkungan ekstrim juga menjadi salah satu pertimbangan. Guna mendapatkan hasil yang besar, para peternak di Indonesia kerap mengawinkan kambing lokal dengan etawa dan menghasilkan kambing peranakkan etawa.

Dalam perkembangannya banyak peternak yang membuat sentra usaha. Sentra itu tersebar di sejumlah wilayah seperti Banyumas, Bogor hingga Banyuwangi. 

Manfaat Daging Kambing Etawa

Ada manfaat yang bisa didapat baik dagingnya maupun susu kambing etawa. Berikut manfaat konsumsi daging kambing etawa yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengatasi Rasa Nyeri Haid

Manfaat daging kambing etawa bisa mengatasi rasa nyeri saat datang bulan. Nyeri haid bisa disebabkan kandungan zat besi dalam tubuh yang berkurang. Mengonsumsi daging kambing yang kaya zat besi bisa membantu meredakan nyeri haid ini.

2. Merawat Kebugaran Kulit dan Tulang

Kesehatan kulit dan tulang adalah hal penting bagi manusia. Oleh karenanya kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi dalam daging kambing juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu saja, daging kambing juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang serta gigi.

3. Memperkuat Imunitas

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini imunitas tubuh sangatlah penting. Daging kambing juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Membantu Melawan Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti manusia. Maka dengan mengonsum daging kaging kambing yang mengandung zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium yang cukup tinggi. Kandungan kolin dan selenium ini bisa menangkal serangan kanker di organ dalam tubuh. Daging kambing juga mengandung conjugated linoleic acid (CLA) yang kandungannya diyakini bisa mencegah inflamasi yang menyebabkan kanker dan tumor ganas.

5. Mencegah Kekurangan Darah

Penyakit kekurangan darah atau anemia bisa diobat dengan daging kambing. Hal itu dikarenakan daging kambing memiliki kandungan zat besi dan mineral lainnya yang memiliki fungsi dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Dengan mengonsumsinya, daging kambing bisa meningkatkan kadar darah merah dalam tubuh. Sehingga bisa bantu mencegah pusing, kelelahan, hingga anemia.

6. Membantu Percepatan Proses Pemulihan Luka

Selain tinggi protein, daging kambing juga mengandung asam amino yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi daging kambing juga diyakini bisa bantu mempercepat proses penyembuhan.

Nutrisi Susu Kambing Etawa

Manfaat Kambing etawa tidak hanya pada konsumsi dagingnya saja, namun juga susunya. Melansir SehatQ.com, susu kambing etawa mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan, antara lain:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Vitamin A
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Laktoferin

Demi mendapat hasil yang maksimal, susu kambing etawa sebaiknya diminum 2 kali sehari. Porsi yang rekomendasikan adalah setara dengan 180-200 ml per hari.

10 Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Kesehatan Tubuh

Selain dagingnya, susu kambing etawa juga kaya akan gizi yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah manfaat susu kambing etawa yang perlu Anda ketahui.

1. Mengobati Penyakit Infeksi Akibat Bakteri

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement