Fakta Menarik Kepribadian Ekstrovert yang Jarang Diketahui

Tifani
Oleh Tifani
28 Oktober 2022, 16:33
kepribadian ekstrovert
pixabay.com/StockSnap
Ilustrasi, kepribadian ekstrovert.

Ada dua tipe kepribadian ekstrovert  dan intovert yang dimiliki seseorang. Kepribadian ekstrovert adalah tipe kepribadian yang suka menghabiskan waktu bersama orang lain.

Kepribadian ekstrovert berkaitan dengan perilaku manusia yang menyukai interaksi di lingkungan sosial. Tipe kepribadian ini lebih percaya diri dan terbuka pada seseorang.

Tipe kepribadian ini fokus pada perasaan dan pendapat batin. Mereka akan cepat bosan jika berada di dalam kesendirian dan selalumembutuhkan sosial dan komunikasi di tempat umum atau lingkup pribadi.

Fakta di Balik Kepribadian Ekstrovert

Dilansir dari laman halodoc.com, ada beberapa fakta yang berhubungan dengan kepribadian extrovert yang jarang diketahui banyak orang. Beberapa diantaranya antara lain:

1. Tetap Butuh Waktu Sendiri

Meski terkenal hangat dan ramah, ternyata memiliki waktu sendiri juga diperlukan. Seseorang dengan kepribadian ini bisa merasa energinya terkuras saat dibungkam secara kreatif atau harus fokus pada obrolan ringan.

Hal ini bisa terjadi saat dirinya tidak dirangsang secara mental, atau ditantang melalui ide kreatif yang perlu dijelajahi. Maka dari itu, ia lebih memilih menyendiri dibandingkan bertemu banyak orang.

2. Menjalin Koneksi

Kepribadian ini memiliki kemampuan “Extraverted Intuiting”, yaitu kemampuan dalam mengambil persepsi secara objektif terkait pola, koneksi, dan hubungan timbal balik. Maka dari itu, seseorang yang extrovert mampu mengonversi informasi dengan cepat, hingga menilai potensinya.

3. Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Meski terkenal banyak bicara, seseorang dengan kepribadian extrovert juga dapat menjadi pendengar yang baik, lho. Bahkan, saran yang diberikannya realistis dengan berbagai pertimbangan yang masuk akal.

4. Tetap Memiliki Sisi Rapuh

Meski terlihat sebagai orang yang kuat dan lugas, ternyata seorang extrovert bisa sedih juga, lho. Bisa jadi selama ini dirinya menyimpan perasaan sedih yang dalam, hanya saja tidak diperlihatkan. Jika memiliki teman dengan kepribadian extrovert, coba deh sesekali tanya tentang perasaannya.

5. Tidak Menyukai Rutinitas

Beberapa orang dengan kepribadian extrovert mungkin tidak menyukai rutinitas. Meski begitu, ia tetap handal dalam menghasilkan ide-ide baru dan liar. Hal ini yang membuatnya menemukan sesuatu yang baru untuk menunjang masa depannya.

6. Memandang Hidup dari Berbagai Perspektif

Extrovert dapat melihat hidup dari banyak perspektif, sehingga wawasannya luas. Ia mampu menilai banyak hal dari sisi positif atau negatif, hingga manfaat serta dampak buruk yang bisa diterima. Makanya, mendapatkan saran dari seseorang dengan kepribadian ini bisa membuat kamu mendapatkan pandangan dari sisi lain.

Karakteristik dari orang memiliki kepribadian ekstrovert

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari Anda yang memiliki kepribadian dominan ekstrovert, di antaranya:

1. Gemar Berbicara

Gemar berbicara di sini bukan berarti orang ekstrovert itu cerewet. Akan tetapi, jika memiliki kepribadian ini, Anda akan cenderung lebih ‘berani’ atau lebih santai jika harus memulai percakapan dengan orang lain. Bahkan, sekalipun orang yang sedang Anda ajak bicara adalah orang asing.

2. Asertif

Jika diartikan secara langsung, asertif berarti tegas. Itu tandanya, orang dengan kepribadian ini cenderung lebih terbuka dalam mengemukakan opininya tentang banyak hal kepada orang lain. Hal ini termasuk saat ada hal yang membuatnya tak nyaman.

3. Jiwa petualang

Orang dengan kepribadian ini memang memiliki kecenderungan untuk senang berkegiatan di luar rumah. Bahkan, ia tidak masalah jika memiliki jadwal yang sangat padat, selama bisa menghabiskan waktu dengan banyak orang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...