Menilik 5 Jenis Makanan Kelinci Anggora

Annisa Fianni Sisma
8 November 2022, 12:57
makanan kelinci anggora
PIXABAY
Ilustrasi, kelinci anggora berbulu panjang.

Memelihara kelincimerupakan hobi bagi beberapa orang. Berbagai jenis kelinci dengan beragam ciri khasnya yang menarik pun menjadi faktor pemilihan seekor kelinci. Salah satu kelinci peliharaan yang menarik adalah kelinci anggora. Pemilik kelinci anggora pun harus mengetahui makanan kelinci anggora.

Kelinci anggora merupakan salah satu jenis kelinci dengan ciri khas bulunya yang panjang dan lebat. Merawat kelinci anggora selain harus mengetahui makanan kelinci anggora agar bulu dan badannya sehat, juga harus mengetahui berbagai kebutuhan lain penunjangnya.

Memelihara kelinci anggora harus memperhatikan luas kandang, makanan yang menyehatkan dan bernutrisi, habitat yang sesuai, kesehatan dan perawatan medis berkala, dan lain sebagainya.

Makanan untuk Kelinci Anggora

Berkaitan dengan makanan kelinci anggora, terdapat berbagai jenis yang dapat dijadikan pilihan. Berikut ini macam-macam makanan kelinci anggora selengkapnya.

1. Sayur Mayur

Sayur mayur dapat menjadi makanan kelinci anggora yang menyehatkan. Pemberian sayur dapat dilakukan setiap dua hari sekali agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi dengan baik. Sayuran yang dapat diberikan untuk kelinci anggora yakni seledri , kemangi, wortel, daun mint, paprika, kubis, brokoli, peterseli, kale, dan lain sebagainya.

Seperti yang telah diketahui, sayuran memiliki berbagai manfaat. Beberapa diantaranya yakni umbi umbian seperti wortel. Selain itu, ada pula kale, dan paprika. Wortel terkenal dengan vitamin A yang baik untuk mata. Kale merupakan sayuran yang kaya dengan dengan karbohidrat, serat, kalium, vitamin A, protein , vitamin K, vitamin C, fosfor, magnesium, mineral, zat besi, dan lain sebagainya.

2. Pelet Khusus Kelinci

Makanan kelinci anggora berupa pelet kelinci merupakan makanan yang praktis dan kaya protein. Pemilik kelinci anggora dianjurkan memberikannya setiap hari atau dua hari sekali jika kelinci terlalu gemuk.

Pelet makanan kelinci anggora dijual dengan berbagai kualitas dan ragam harga yang berbeda. Harganya cukup terjangkau dan dapat diperoleh dengan mudah. Pelet kelinci anggora biasanya mengandung tepung, alfalfa, minyak yang dicampur agar memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci. Pelet biasanya dicampur dengan camilan berwarna lainnya.

Bagi kelinci anggora, terkadang kelinci anggora tidak membutuhkan camilan yang dicampur dalam pelet tersebut. Camilan itu biasanya berwarna warni. Berikan saja pelet kelinci dan kurangi pemberian camilan agar kelinci anggora tidak hanya memakan cemilannya saja sehingga meninggalkan pelet makanannya.

3. Buah-Buahan

Makanan kelinci anggora yang kaya nutrisi berikutnya adalah buah. Buah dapat diberikan kepada kelinci anggora setiap hari atau dua hari sekali sebagai tambahan nutrisi atau camilan.

Buah yang dapat menjadi camilan makanan kelinci anggora adalah jagung, apel, pisang, melon, pepaya, dan lain sebagainya. Sebelum memberikan buah ini ke kelinci anggora, pastikan biji buah telah dibersihkan. Biji buah berbahaya bagi kelinci karena beberapa diantaranya mengandung sianida.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement