13 Makanan Kelinci Bergizi dan Mudah Didapat

Saat memiliki hewan peliharaan, pakan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Bagi Anda yang memelihara kelinci, ada beberapa makanan kelinci yang bergizi dan mudah didapatkan.
Image title
12 Oktober 2021, 19:52
13 Makanan Kelinci yang Mudah Didapat
ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/wsj.
Peternak memberi makan kelinci hias jenis German Giant di Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (2/10/2020). Peternakan tersebut memiliki kelinci hias jenis Flemish Giant, German Giant, New Zealand White, Jersey Wooly dan Lion Head yang dijual dengan harga Rp500 ribu hingga Rp2 juta tergantung jenis, ukuran serta kualitas.

Sebagai makhluk hidup, kelinci juga membutuhkan makan agar bisa tumbuh dan berkembang. Makanan kelinci berasal dari tumbuhan karena hewan ini termasuk dalam kelompok herbivora. Namun tidak semua tumbuhan bisa dimakan oleh kelinci.

Mengutip dari buku “Beternak & Bisnis Kelinci Pedaging”, makanan kelinci harus memiliki gizi seimbang untuk menunjang pertumbuhannya. Adapun kebutuhan nutrisi hewan ini yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, serat kasar, mineral, dan air. Zat tersebut biasanya di temukan di sayuran, rumput, konsentrat, dan pelet.

Makanan Favorit Kelinci

Sebenarnya makanan kelinci tidaklah sulit. Hanya saja memilah makanan yang bernutrisi memang membutuhkan pemahaman lebih.

Tidak semua sayuran cocok untuk kelinci, maka dari itu bagi pemilik kelinci mengetahui jenis makanan untuk hewan ini merupakan sebuah keharusan. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi kelinci.

1. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini memang sudah sejak dahulu dikenal sebagai makanan kelinci. Kandungan vitamin dan nutrisi dalam wortel sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kelinci.

2. Ubi jalar

Makanan kelinci selain wortel yaitu ubi jalan. Umbi yang satu ini mengandung kalori, vitamin, mineral, dan tinggi serat sehingga cocok untuk dikonsumsi kelinci.

Ubi jalar juga diketahui bisa mengobatai sembelit pada kelinci. Umbi ini juga dipercaya bisa membantu penyerapan lemak dan kolesterol pada kelinci.

3. Brokoli

Sayuran hijau ini tidak hanya menjadi kegemaran manusia, namun kelinci juga suka makanan ini. brokoli mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan kelinci. Kandungan nutrisi lainnya yang ada di brokoli bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan kelinci.

4. Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat selain nasi. Makanan ini juga menjadi kegemaran kelinci. Kandungan kalori dan nutrisi dalam jagung ternyata baik untuk kelinci. Namun Anda harus membatasi konsumsi makanan ini sebab jika berlebih bisa menyebabkan kelinci menjadi obesitas.

5. Kubis

Sayuran yang biasanya kita temui pada sup ternyata bisa juga menjadi makanan kelinci. Kubis ungu atau kubis hijau keduanya bisa dikonsumsi kelinci. Sayuran ini bisa menjadi alternatif makanan agar kelinci tidak bosan.

6. Tomat

Manfaat tomat tidak hanya untuk kesehatan manusia saja namun juga baik untuk menjaga kesehatan kelinci. Tomat mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut diperlukan untuk tumbuh kembang kelinci terutama yang masih kecil. Sayuran ini bisa ditambahkan bersama dengan makanan kelinci lainnya.

7. Buah apel

Selain sayuran kelinci juga suka makanan buah-buahan. Apel menjadi buah yang disukai kelinci. Kandungan vitamin dalam buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan kelinci.

Namun sebelum memberikan apel sebagai makanan kelinci, pastikan sudah dicuci bersih sehingga tidak ada sisa pertisida yang menempel.

Hal lain yang juga penting untuk diingat bahwa saat hendak memberikan buah ini kepada kelinci, pastikan bijinya sudah dibuang. Sebab biji apel ternyata berbahaya untuk kelinci.

8. Pepaya

Manfaat pepaya untuk pencernaan ternyata tidak hanya dirasakan oleh manusia namun juga bisa dirasakan kelinci. Buah ini memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

9. Selada

Sayuran ini biasanya dikonsumsi sebagai lalap. Selain manusia, selada juga menjadi makanan favorit kelinci. Kandungan mineral dan vitamin dalam selada diperlukan kelinci untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Namun tidak semua selada bisa dikonsumsi kelinci, ada juga selada yang berbahaya untuk kelinci seperti selada iceberg.

10. Seledri

Seledri mengandungan vitamin dan nutrisi yang bisa menujang kesehatan kelinci. Sayuran ini memiliki tekstur yang renyah sehingga kelinci suka dengan makanan ini. Seledri bisa menjadi alternatif makanan kelinci selain wortel.

11. Kangkung

Makanan untuk kelinci selanjutnya yaitu kangkung. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kelinci. Selain itu, kangkung juga mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau sehingga Anda tidak akan kebingungan saat kehabisan pakan kelinci di rumah.

12. Rumput

Selain beberapa sayuran di atas, kelinci juga bisa mengkonsumsi rumput. Bagi kelinci yang sedang hamil atau menyusui, rumput menjadi makanan terbaik karena kandungan sertanya dan nutrisi yang tinggi.

Jenis rumput yang bisa dikonsumsi kelinci antara lain rumput alfafa, timothy, teki, rumput gajah, jerami dan beberapa jenis rumput yang biasanya dijual untuk pakan kelinci.

Meskipun mudah didapatkan namun pastikan rumput yang Anda berikan ke kelinci, sudah bebas dari pestisida.

13. Pelet khusus kelinci

Apabila Anda tidak memiliki cukup banyak waktu, memberikan pelet khusus kelinci bisa menjadi pilihan. Makanan ini sudah banyak tersedia di berbagai tempat termasuk e-commerce. Pelet memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sesuai kebutuhan kelinci.

Meskipun demikian konsumsi pelet juga tidak boleh berlebihan. Anda harus tetap menyeimbangkan makanan kelinci dengan sayuran atau buah-buahan.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh kelinci. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan kelinci. Berikut penjelasannya.

1. Biji buah

Biji buah seperti biji apel, biji aprikot, persik, dan plum tidak boleh dikonsumsi oleh kelinci. Jadi ketika Anda hendak memberikan kelinci buah-buahan tersebut, pastikan bijinya sudah terlebih dahulu dibuang. Sebab dalam biji buah tersebut mengandung sianida yang berbahaya untuk kelinci.

2. Daun kentang

Jika kelinci boleh diberi makan kangkung, namun lain halnya dengan daun kentang. Daun ini diketahui bisa menyebabkan kelinci mengalami keracunan sehingga harus dihindari.

3. Selada iceberg

Selada bisa menjadi makanan kelinci. Namun tidak semua selada bisa dikonsumsi hewan ini. selada iceberg misalnya, kandungan bahan kimia didalamnya bisa menyebabkan kelinci mengalami diare bahkan kematian.

4. Bawang-bawangan

Kelinci juga tidak diperkenankan mengkonsumsi bawang-bawangan seperti bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah.

Bumbu masakan ini bisa menyebabkan kelinci mengalami anemia hemolitik atau kehilangan sel darah merah. Akibatnya kelinci akan  merasakan pusing, lemah, dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.

5. Cokelat

Makanan manis ini juga tidak boleh dikonsumsi kelinci. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung teobromon dan kafein yang berbahaya untuk kesehatan kelinci. Gejala keracunan yang biasa timbul setelah kelinci makan cokelat yaitu diare, gelisah, gemetar, terengah-engah, hingga mengalami peningkatan suhu badan.

6. Rhubarb

Makanan selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi kelinci yaitu rhubarb. Sayuran ini mengandung oksalat tinggi sehingga bisa mempersulit penyerapan kalsium dan bisa menyebabkan keracunan pada kelinci.

7. Cookies dan biskuit

Selain cokelat, makanan manis lain yang dilarang untuk dikonsumsi kelinci yaitu cookies dan biskuit. Kedua makanan tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi.

Sedangkan saluran pencernaan kelinci tidak dapat mencerna karbohidrat atau gula dalam jumlah besar. Jika kelinci mengkonsumsi makanan manis maka bisa menyebabkan sakit perut.

Selain itu, gula juga bisa menyebabkan enterotoksema atau sebuah kondisi bakteri Clostridium di sekum kelinci tumbuh berlebihan. Bakteri tersebut dapat menyebabkan racun yang berakibat fatal bagi kesehatan kelinci.

8. Alpukat

Meskipun manfaat alpukat untuk kesehatan manusia sangat banyak, namun tidak untuk kelinci. Buah ini justru bisa menyebabkan perubahan perilaku, gangguan pernapasan, gagal jantung kongestif, hingga kematian pada kelinci.

Hal tersebut dikarenkan alpukat memiliki persin yang bersifat racun untuk kelinci. Kandungan lemak yang tinggi dan serat yang rendah ternyata bisa menyebabkan masalah pada pencernaan kelinci.

9. Produk olahan makanan biji dan gandum

Kelinci tidak boleh mengkonsumsi makanan yang berasal dari olahan biji-bijian dan gandum. Roti dari gandum atau biji-bijian lain menjadi pantangan untuk hewan yang satu ini.

Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung lemak yang cukup tinggi yang menyebabkan obesitas dan gangguan pencernaan.

10. Yogurt

Olahan susu seperti yogurt juga dilarang untuk dikonsumsi kelinci. Kandungan pada yogurt dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada usus kelinci.

Itulah beberapa makanan kelinci yang bisa Anda berikan untuk hewan peliharaan kesayangan. Selain memperhatikan makanannya, Anda juga harus perhatikan kebutuhan lainnya. Misalnya kebersihan kandang, vitamin tambahan, dan kebutuhan lainnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait