Memahami Cara Transfer DANA ke Bank BRI dan Solusi Jika Salah Transfer
Cara transfer DANA ke Bank BRI sama seperti melakukan transfer uang ke rekening bank pada umumnya. Namun transfer DANA ke bank BRI akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500. Berkurang Rp 2000 setelah sebelumnya tahun 2020-2021 dikenakan biaya Rp 4.500.
Sementara itu, untuk transfer lebih dari Rp 50.000 tetap gratis biaya admin hingga 10 kali transaksi dalam waktu 1 bulan. Sehingga bisa menghemat pengeluaran biaya admin jika dibandingkan dengan biaya transfer beda bank pada umumnya sebesar Rp 6.500/transaksi.
Cara Transfer DANA ke Bank BRI
Aplikasi DANA hadir untuk mempermudah pembayaran secara non tunai. Baik digunakan di merchant online maupun offline sehingga lebih praktis. Apalagi jika akun DANA premium sudah diupgrade, fitur yang diperoleh pun akan lebih banyak. Berikut cara transfer DANA ke Bank BRI:
- Buka aplikasi DANA.
- Setelah berada di halaman beranda DANA, klik 'Kirim'.
- Di menu kirim uang DANA, pilih fitur 'Kirim ke Bank'.
- Klik 'Tambahkan rekening bank baru'.
- Masukan rekening bank BRI setelah mengatur bagian pilihan bank. Kemudian klik 'Simpan dan lanjut'.
- Jika sudah memasukkan nomor rekening, masukkan jumlah transfer.
- Masukan PIN DANA untuk mengakhiri proses transfer.
- Selesai.
Solusi Jika Salah Transfer dari akun DANA
Jika Anda salah transfer saldo dari akun DANA ke nomor rekening bank lain, maka bisa langsung cek status transaksi. Jika status transaksi gagal, Anda tidak perlu khawatir karena jumlah saldo tidak akan berkurang. Berbeda jika transaksi berhasil namun salah menginput nomor rekening.
Jika status transfer berhasil ke nomor rekening yang salah, maka itu tanggung jawab Anda sehingga tidak bisa dibatalkan atau dikembalikan. Hal ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh DANA.
Apabila ingin menghubungi pihak penerima transfer untuk meminta pengembalian uang maka bisa mengirim keluahan melalui email help@dana.id atau menghubungi Customer Care DANA untuk mendapat bantuan selanjutnya.
Di sini pihak DANA hanya berperan sebagai mediator untuk menghubungkan Anda dengan penerima uang. Maka dari itu, sebelum melakukan transaksi selalu pastikan nomor rekening atau telepon tujuan sudah benar. Sebab DANA Indonesia tidak menjamin jumlah saldo kembali.
Alasan DANA Tidak Bisa Dikembalikan
Untuk proses transfer DANA yang sudah sukses dilakukan maka tidak bisa dikembalikan atau refund. Hal ini jadi tanggung jawab penuh pengguna. Berikut beberapa alasannya:
1. Terdapat Verifikasi Transaksi Akun
Ketika melakukan transfer saldo DANA ke akun pemilik rekening lain, sudah dilengkapi beberapa metode verifikasi akun, di antaranya:
Personal Identification Number (PIN)
PIN DANA terdiri dari 6 digit angka unik yang muncul di halaman terakhir ketika melakukan transfer ke akun DANA lain. Pada umumnya, pemilik akun DANA memiliki PIN masing-masing untuk keamanan akun.
One Time Password (OTP)
Tidak hanya PIN, DANA juga akan memberikan kode OTP yang muncul jika pengguna melakukan transfer ke rekening bank. Kode OTP DANA biasanya terdiri dari 4 digit angka unik yang dikirim melalui SMS ke nomor HP pengguna yang terdaftar di aplikasi DANA.
2. Nama Pemilik Rekening Bank
Nama pemilik rekening bank akan muncul ketika memasukan nomor HP saat melakukan transfer DANA. Karena itu, pengguna seharusnya melakukan pengecekan atas nama pemilik rekening sebelum melakukan transfer.
3. Konfirmasi Transfer
Sebelum melakukan transfer saldo, Anda juga wajib mengonfirmasi di halaman detail transaksi yang muncul. Detail transaksi ini berisi:
- Nama pemilik nomor rekening atau pengguna DANA.
- Nomor rekening atau akun DANA.
- Jumlah saldo yang akan ditransfer
Cara transfer DANA ke Bank BRI relatif simpel sehingga bisa dilakukan sendiri. Tidak hanya transfer ke bank BRI, Anda juga bisa transfer ke nomor sesama pengguna DANA. Sebelum melakukan transfer, sebaiknya cek kembali nomor tujuan karena saldo tidak bisa dikembalikan.
Cara Transfer DANA ke Sesama Pengguna DANA
Selain cara transfer DANA ke Bank BRI, Anda juga bisa mengirim saldo ke akun sesama pengguna DANA, berikut langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi DANA di HP lalu klik menu kirim.
- Silahkan pilih metode transfer yang diinginkan, lalu pilih kirim ke nomor telepon untuk melanjutkan
- Klik kirim ke nomor telepon
- Masukan nomor pengguna DANA lain lalu klik di nomor kontak
- Masukan jumlah uang yang akan ditransfer dan ketuk lanjut
- Jika ingin menambahkan pesan singkat untuk penerima silahkan klik atur. Jika tidak, bisa ketuk tombol kirim DANA
- Sebelum transfer DANA diproses, silahkan konfirmasi transaksi dan cek kembali nomornya
- Masukan PIN DANA untuk melanjutkan proses transfer
- Jika transfer berhasil akan muncul informasi pembayaran berhasil