Memahami Cara Transfer DANA ke Bank BRI dan Solusi Jika Salah Transfer

Anggi Mardiana
8 November 2022, 18:05
Cara Transfer DANA ke Bank BRI
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustras, logo PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)

Cara transfer DANA ke Bank BRI sama seperti melakukan transfer uang ke rekening bank pada umumnya. Namun transfer DANA ke bank BRI akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500. Berkurang Rp 2000 setelah sebelumnya tahun 2020-2021 dikenakan biaya Rp 4.500.

Sementara itu, untuk transfer lebih dari Rp 50.000 tetap gratis biaya admin hingga 10 kali transaksi dalam waktu 1 bulan. Sehingga bisa menghemat pengeluaran biaya admin jika dibandingkan dengan biaya transfer beda bank pada umumnya sebesar Rp 6.500/transaksi.

Advertisement

Cara Transfer DANA ke Bank BRI

Aplikasi DANA hadir untuk mempermudah pembayaran secara non tunai. Baik digunakan di merchant online maupun offline sehingga lebih praktis. Apalagi jika akun DANA premium sudah diupgrade, fitur yang diperoleh pun akan lebih banyak. Berikut cara transfer DANA ke Bank BRI:

  • Buka aplikasi DANA.
  • Setelah berada di halaman beranda DANA, klik 'Kirim'.
  • Di menu kirim uang DANA, pilih fitur 'Kirim ke Bank'.
  • Klik 'Tambahkan rekening bank baru'.
  • Masukan rekening bank BRI setelah mengatur bagian pilihan bank. Kemudian klik 'Simpan dan lanjut'.
  • Jika sudah memasukkan nomor rekening, masukkan jumlah transfer.
  • Masukan PIN DANA untuk mengakhiri proses transfer.
  • Selesai.

Solusi Jika Salah Transfer dari akun DANA

Jika Anda salah transfer saldo dari akun DANA ke nomor rekening bank lain, maka bisa langsung cek status transaksi. Jika status transaksi gagal, Anda tidak perlu khawatir karena jumlah saldo tidak akan berkurang. Berbeda jika transaksi berhasil namun salah menginput nomor rekening.

Jika status transfer berhasil ke nomor rekening yang salah, maka itu tanggung jawab Anda sehingga tidak bisa dibatalkan atau dikembalikan. Hal ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh DANA.

Apabila ingin menghubungi pihak penerima transfer untuk meminta pengembalian uang maka bisa mengirim keluahan melalui email [email protected] atau menghubungi Customer Care DANA untuk mendapat bantuan selanjutnya.

Di sini pihak DANA hanya berperan sebagai mediator untuk menghubungkan Anda dengan penerima uang. Maka dari itu, sebelum melakukan transaksi selalu pastikan nomor rekening atau telepon tujuan sudah benar. Sebab DANA Indonesia tidak menjamin jumlah saldo kembali.

Alasan DANA Tidak Bisa Dikembalikan

Untuk proses transfer DANA yang sudah sukses dilakukan maka tidak bisa dikembalikan atau refund. Hal ini jadi tanggung jawab penuh pengguna. Berikut beberapa alasannya:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement