Cek Jawaban Sebutkan Jenis Jenis Ternak Kesayangan, Ada Kelinci

Annisa Fianni Sisma
9 November 2022, 12:01
sebutkan jenis jenis ternak kesayangan
PEXEL
Ilustrasi, kelinci.

Beternak merupakan salah satu kegiatan sebagai upaya pemeliharaan dan perkembangbiakan hewan yang dipelihara sendiri maupun dijual. Untuk memulai beternak, tentu banyak yang sebutkan jenis jenis ternak kesayangan sebagai wawasan inspirasi.

Untuk memahami hal tersebut, berikut penjelasan untuk pertanyaan sebutkan jenis jenis ternak kesayangan yang dapat menjadi inspirasi peternakan.

1. Kelinci Hias dan Pedaging

Kelinci merupakan hewan yang menggemaskan dengan tingkahnya yang selalu menarik. Kelinci merupakan salah satu hewan vertebrata yang dapat menjadi hewan ternak kesayangan.

Kelinci termasuk hewan vertebrata yakni memiliki tulang belakang untuk menopang tubuhnya. Kelinci juga termasuk hewan herbivora sehingga mudah mencari pakan untuk memeliharanya.

Untuk melakukan peternakan kelinci, pemilik harus memahami jenis kelinci yang terbagi menjadi kelinci hias dan kelinci pedaging. Kelinci hias pada umumnya digunakan untuk pemeliharaan.

Kelinci hias beratnya berkisar dari 1 hingga 4 Kg, sedangkan kelinci pedaging beratnya sekitar 4 hingga 6 atau 7 kg. Oleh karena itu, jika ingin melakukan peternakan untuk dijual, maka pilih kelinci pedaging sebagai pilihannya.

Contoh jenis kelinci pedaging yakni Flemish Giant, New Zealand, Chinchilla, dan lain sebagainya. Kelinci hias jenisnya yakni kelinci anggora, netherland dwarf, jersey wooly, dutch, lionhead, dan lain sebagainya.

Kelinci juga cocok sebagai jenis ternak kesayangan lantaran cepat berkembang biak. Pemilik juga harus mengetahui cara mengawinkan kelinci jantan dan betina dengan benar.

Terdapat siklus hidup kelinci yang menarik. Kelinci hanya membutuhkan masa hamil sekitar 1 bulan saja. Kelinci dapat dikawinkan ketika berusia 4 hingga 6 bulan. Kelinci dapat melahirkan hingga 6 kali dengan jumlah anak 6 hingga 10 ekor.

Namun, jika ingin memelihara kelinci, maka pemilik wajib memperhatikannya dengan baik. Pasalnya, kelinci sangat mudah stress. Kelinci dapat mengalami stress ketika ia seharian penuh di kandang yang sempit, kandang kotor, makanan yang tidak segar, atau suara bising. Untuk mengurangi tingkat stresnya, pemilik dapat mengajaknya bermain di luar kandang.

2. Merpati

Salah satu jawaban dari pertanyaan sebutkan jenis jenis ternak kesayangan berikutnya adalah merpati. Merpati merupakan burung yang cukup terkenal di Indonesia. Merpati hadir dalam berbagai jenis dan dapat bertahan dalam habitat tertentu sesuai jenisnya. Setidaknya terdapat sekitar 200 jenis merpati yang hidup di berbagai benua.

Warna bulu merpati beragam yakni biru laut, putih, putih coklat, cokelat, hitam, dan lain sebagainya. Jika tertarik menjadikan merpati sebagai hewan ternak maka siapkan rumah yang nyaman untuknya. Pastikan terdapat ranting pepohonan did alamnya untuk membuat sarang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...