3 Cara Menggabungkan Kolom di Excel dengan Mudah

Annisa Fianni Sisma
15 November 2022, 11:28
Cara Menggabungkan Kolom di Excel
microsoft.com
Ilustrasi, tampilan Microsoft Excel.

Microsoft Excel memiliki berbagai fitur yang dibutuhkan pengguna salah satunya menggabungkan kolom di Excel. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini penjelasan cara menggabungkan kolom di Excel.

Seperti diketahui, Excel menjadi software yang dibutuhkan dalam berbagai bidang dan jenis pekerjaan. Pasalnya, software ini mempermudah penyajian data secara cepat, akurat, dan sesuai fakta.

Jika data pada software dapat tersaji dengan cepat, akurat dan sesuai fakta, maka pengguna pun mudah dalam melakukan analisis data. Selain itu, jika analisis data dilakukan dengan mudah, maka pengambilan keputusan pun dapat memiliki hasil yang baik dan benar. Hal ini tentu merupakan aspek penting dalam perusahaan maupun dalam instansi lainnya.

Berkaitan dengan cara menggabungkan kolom di Excel, tahapannya pun dapat dipahami dengan mudah. Melansir dari support.microsoft.com, pengguna dapat menggabungkan data dari beberapa sel ke satu sel dengan simbol Ampersand (&) atau fungsi CONCAT dan Fill Justify. Berikut cara menggabungkan kolom di Excel dengan 3 fungsi tersebut.

1. Cara Menggabungkan Kolom di Excel dengan Simbol Ampersand (&)

Cara menggabungkan kolom di Excel dengan simbol Ampersand (&) cukup mudah. Namun, untuk menerapkannya, pengguna harus memperhatikan langkah berikut.

  • Pilih Cell yang Akan Dijadikan Tempat Meletakkan Data Gabungan

Pilihlah cell yang ingin dijadikan tempat untuk meletakkan data gabungan. Cell ini bukanlah cel yang akan digabung, melainkan hasil dari penggabungan data.

  • Ketik Tanda Sama Dengan (=)

Ketikkan tanda sama dengan (=) serta pilih sel pertama yang akan digabungkan. Jangan sampai keliru memilih sel yang akan digabungkan.

  • Ketik Tanda Ampersand (&)

Berikutnya, ketik tanda ampersand atau & dan gunakan tanda kutip yang mengapit spasi. Contohnya yakni “ “

  • Tekan Enter

Pilih sel yang ingin digabungkan dan tekan Enter.

Contoh Rumus Keseluruhan:
=A1&” “&B13

Cara menggabungkan kolom di Excel dengan fungsi Ampersand (&) pun berhasil.

2. Cara Menggabungkan Kolom di Excel dengan Fungsi CONCAT

Cara menggabungkan kolom Excel yang berikutnya adalah dengan fungsi CONCAT. Concat akan mampu membantu menggabungkan teks dari beberapa rentang dan/atau string. Namun, concat tidak menyediakan argumen pemisah atau Ignore Empty.

CONCAT hadir menggantikan fungsi CONCATENATE. Namun rumus CONCATENATE masih ada di versi Excel yang lama. Fitur CONCAT tersedia di Windows atau Mac jika memiliki Office 2019.

Berikut ini tahapannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...