6 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Ibu Hamil

Destiara Anggita Putri
16 November 2022, 21:56
Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Ibu Hamil
Unsplash
Ilustrasi, air lemon.

Selama masa kehamilan, ibu hamil perlu menjaga asupan yang dikonsumsi setiap harinya. Alasannya apapun yang dikonsumsi sang ibu tentunya juga akan berpengaruh bag perkembangan janin. Namun ada kalanya ibu hamil menginginkan segelas air lemon di siang hari karena rasanya yang menyegarkan.

Tidak hanya itu, air lemon juga ternyata memiliki khasiat yang baik bagi kehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Hal ini tentu saja bisa diperoleh selama air lemon diminum dalam takaran yang wajar. Lantas, apa saja  manfaat air lemon? Berikut penjelasan enam manfaat air lemon untu kesehatan ibu hamil yang perlu diketahui.  

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air lemon merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk untuk ibu hamil. 

Hal ini dikarenakan menurut The Pan African Medical Journal, lemon mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas seperti bakteri dan virus. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Minum air lemon sangat penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Pasalnya, saat sedang hamil  kekebalan tubuh cenderung menurun sehingga rentan sakit termasuk berisiko mengalami infeksi seperti pilek dan flu

Selain tinggi vitamin C, lemon jua mengandung flavanon, eriocitrin, dan hesperetin. Bahkan lemon juga memiliki sifat antidiabetes dan antikanker.  Tentunya semua manfaat ini bisa didapatkan selama air lemon diminum dalam dosis yang aman.

2. Mendukung Perkembangan Janin

Manfaat lain dari air lemon yang tidak kalah pentingnya adalah dapat mendukung perkembangan janin. Hal ini dikarenakan dalam sekitar 106 gram atau setengah cangkir lemon mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi ibu dan bayi

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji. Penelitian in menemukan bahwa kekurangan vitamin C pada  ibu hamil dapat menghambat perkembangan otak janin khususnya pada hipokampus. 

Hipokampus merupakan bagian otak yang bertanggung jawab dengan memori.Tidak hanya mengandung vitamin C, lemon juga mengandung folat yang merupakan vitamin esensial untuk ibu hamil.

Alasannya folat dapat membantu mendukung pertumbuhan dan perkemabanganjanin. Tidak hanya,  asam folat ini juga bisa mencegah terjadinya cacat lahir pada otak bayi (anencephaly) dna tulang belakang (spina bifida).

Kedua konidi caat eirus in umumnya dapa berkemabng apda bulan pertama kehamilan dan serta mempengaruhi otak, tulang belakang, atau sumsum  tulang belakang. Oleh karena itulah, ibu hamil disarankan minum air lemon khususnya dalam beberapa minggu pertama kehamilan.

3. Mengurangi Rasa Mual

Manfaat berikutnya dari air lemon adalah mengurangi rasa mual atau morning sickness yang sering dialami ibu hamil.  Alasanya morning sicknes dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental di masa kehamilan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...