13 Kuliner Khas Qatar, Cocok Disantap Sambil Nonton Piala Dunia 2022

Tifani
Oleh Tifani
21 November 2022, 12:49
Kuliner Khas Qatar
Katadata
Ilustrasi Kunefe, kuliner Khas Qatar

Qatar tengah menjadi sorotan dunia, setelah diumumkan menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia 2022. Perhelatan olaharaga sepak bola ini akan berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember di Qatar.

Dengan adanya kompetisi sepak bola sejagat ini, membuat Qatar saat ini dikunjungi banyak wisatawan dari manca negara. Mereka datang untuk mendukung tim sepak bola negaranya masing-masing.

Tidak hanya menyaksikan sepak bola, para wisatawan juga pasti ingin mencicipi kuliner khas dari negara Timur Tengah tersebut. Berikut kuliner khas Qatar yang bisa dicoba sambil menyaksikan Piala Dunia dan mendukung kesebelasan favorit Anda.

1. Umm Ali

Umm Ali adalah makanan pencuci mulut dari Mesir. Hidangan ini terkenal di Qatar karena rasanya yang gurih dan manis.

Umm Ali terbuat dari gula, kacang, susu, dan kayu manis, bahan-bahan tersebut kemudian dicampur ke dalam roti. Umm Ali ini hampir serupa dengan pastry yang bercita rasa manis dan lembut.

2. Majboos

Makanan populer di negara Qatar adalah Majboos. Biasanya makanan ini disajikan untuk hidangan utama. Majboos terdiri dari nasi dan potongan daging ayam atau domba. Potongan daging ayam biasanya bagian paha dan sayap.

Kuliner khas Qatar ini menggunakan nasi basmati yang memiliki ukuran bulir lebih besar dibanding beras yang ada di Indonesia. Makanan ini termasuk hidangan populer di Timur Tengah.

Majboos dimasak menggunakan bumbu rempah-rempah khas timur tengah seperti jinten, ketumbar, cengkeh, lemon, kunyit, jeruk nipis, dan kapulaga. Gungsinya untuk menghilangkan bau apadadaging yang digunakan dan memperkaya cita rasa kuliner ini.

3. Luqaimat

Luqaimat merupakan hidangan penutup manis yang bentuknya seperti bola. Adonan Luqaimat dibentuk bulat seperti donat kecil, lalu dibentuk bola. Adonan kumudian digoreng dan dicelupkan dalam sirup manis. Ketika disajikan, Luqaimat ditaburi biji wijen di bagian atasnya.

4. Kunafa

Kunafa termasuk masakan renyah dan manis seperti pastry. Biasanya kunafa disajikan untuk hidangan penutup di negara Arab. Kunafa dibuat seperti kue pastry yang dilapisi isian keju. Kemudian kue ini dimasak hingga berwarna coklat keemasan. Setelah matang kemudian kue ditambahkan sirup manis dan keju.

5. Margoog

Margoog adalah makanan sehat khas Qatar karena bahannya terbuat dari sayuran. Margoog berisi campuran kentang, daging, terong, tomat, labu zucchini, dan wortel.

Selain sayuran, Margoog juga memakai daging domba atau ayam. Kuliner ini dimasak bersama rempah-rempah, sehingga kaya rasa. Biasanya margoog disajikan bersama dengan roti mentah di dalamnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement