Mengintip Fasilitas Stadion Piala Dunia 2022 Qatar

Anggi Mardiana
21 November 2022, 12:13
Fasilitas Stadion Piala Dunia
FIFA
Ilustrasi, trofil Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 resmi dibuka, fasilitas stadion Piala Dunia 2022 Qatar menarik untuk diketahui. Setidaknya ada 8 stadion yang telah disediakan oleh Qatar dengan fasilitas menarik yang dimilikinya. Tentunya kedelapan stadion ini sudah bertaraf internasional.

8 stadion Piala Dunia 2022 yang disediakan oleh Qatar tersebar di 5 kota besar di antaranya Lusail, Al Khor, Al Rayyan, Doha dan Al Wakrah. Adapun pembukaan Piala Dunia 2022 telah diselenggarakan pada 20 November 2022 di stadion Al Bayt, Lusail. Pembukaan event sepak bola terbesar di dunia ini diikuti dengan pertandingan pertama antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador, yang dimenangkan Ekuador dengan skor 2-0.

Advertisement

Penggunaan teknologi canggih menajdi salah satu hal menarik dari stadion Piala Dunia 2022 di Qatar. Bisa dilihat dari atap stadion yang bisa dibuka dan ditutup serta dilengkapi oleh pendingin udara. Teknologi ini cocok digunakan di tengah suasana Qatar yang panas.

Fasilitas Stadion Piala Dunia 2022 Qatar

Sejumlah fasilitas mewah tersedia di 8 stadion Piala Dunia 2022 Qatar, berikut kami lansir dari era.id:

1. Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt memiliki daya tampung hingga 60.000 orang. Ada banyak fasilitas mewah yang ditawarkan di antaranya hotel bintang lima dengan pemandangan langsung ke lapangan. Selain itu, atap stadion Al Bayt bisa ditutup dan dibuka.

2. Stadion Khalifa International

Berikutnya ada stadion Khalifa International yang cukup tua dan telah berdiri sejak tahun 1976. Di bangun dengan konsep multicabang sehingga bisa digunakan oleh penyelenggara olahraga lain. Kapasitasnya telah ditingkatkan dari 20.000 penonton jadi 45.000 penonton.

3. Stadion Lusail Iconic Stadium

Lusail Iconic Stadium memiliki kpasitas 86 ribu penonton. Stadion ini dibangun di kota Lusail dengan fasilitas AC di dalam arena. Daya yang digunakan merupakan listrik dari tenaga matahari. Stadion Lusail dikenal tidak meninggalkan jejak karbon dan gas emisi.

4. Stadion 974

Dinamakan stadion 974 karena dalam proses pembangunannya, arsitek menggunakan 974 kontainer bekas dengan ukuran relatif besar, biasa di gunakan untuk bongkar muat di pelabuhan. Sejumlah kontainer menampung fasilitas stadion seperti konsesi dan kamar mandi.

5. Stadion Al Thumama

Fasilitas stadion Piala Dunia 2022 Al Thumama memiliki kapasitas 40.000 penonton dan dilengkapi teknologi pendingin. Mini stadion satu ini memiliki pendingin menggunakan tenaga matahari. Ada juga fasilitas yang bisa digunakan untuk beragam jenis olahraga seperti trek lari dan bersepeda di sekitar stadion.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement