Profil Herve Renard, Pelatih Timnas Arab Saudi

Annisa Fianni Sisma
23 November 2022, 15:19
Profil Herve Renard Pelatih Timnas Arab Saudi
Instagram.com/herve.renard.hr
ILustrasi, Herve Renard, pelatih Timnas Arab Saudi

Piala Dunia 2022 menjadi pesta pecinta sepak bola dunia yang menarik. Pasalnya selain teknologi terbaru yang digunakan serta adanya aturan yang berlaku, pagelaran yang berlangsung di Qatar ini menyeret beberapa personil tim sepak bola dan pelatihnya yang membuat mereka menjadi perbincangan.

Salah satu pihak yang juga menjadi perbincangan adalah Herve Renard selaku pelatih tim Arab Saudi. Dalam laga penyisihan grup Piala Dunia 2022, tim Arab Saudi yang ditanganinya membuat kejutan dengan mengalahkan Argentina.

Advertisement

Herve Renard menjadi perbincangan, setelah berhasil mendukung timnya mengalahkan Argentina 2-1 pada laga Grup C Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Qatar. Hal ini pun menjadi momen yang sangat mengagumkan bagi Timnas Arab Saudi, sebab Herve Renard berhasil mematahkan pola tak terkalahkan milik Argentina.

Herve Renard dikenal sebagai pesepakbola dan pelatih yang bijaksana dan menginspirasi. Berkaitan dengan hal itu, tentu menarik membahas profil Herve Renard pelatih Timnas Arab Saudi.

Profil Herve Renard

Herve Renard yang memiliki nama lengkap Herve Jean Marie Roger Renard adalah sosok kelahiran Aix-les-Bains, Prancis pada 30 September 1968. Berdasarkan hal tersebut, diketahui kini ia berusia 54 tahun.

Berkaitan dengan keluarga, Herve Renard merupakan suami dari Viviane Dieye seorang mantan istri dari Bruno Metus. Bruno Metus adalah seorang pelatih yang sangat dihormati dan telah meninggal pada 15 Oktober 2013 karena kanker usus besar.

Dari pernikahan tersebut, ia dikarunia 3 (tiga) orang anak yakni Candide Renard, Audrey Renard, dan Kevin Renard. Keluarga lain Herve Renard yang diketahui adalah kakeknya. Kakek dari ibu Herve Renard berasal dari Polandia.

Jejak Karir Herve Renard

Mengutip ng.opera.news, sebelum menjadi pelatih Saudi Arabia, Herve Renard merupakan mantan bek Cannes dari 1983 hingga 1990. Kemudian ia bermain untuk Stade de Vallauris dan SC Draguignan hingga masa pensiun pada 1998.

Selama bersama SC Draguignan, ia sempat menjadi seorang petugas kebersihan. Pada pagi hari ia bekerja sebagai petugas kebersihan dan malamnya, Herve Renard berlatih dengan Dragugnan.

Herve Renard pun sempat menyatakan bahwa setiap hari ia bangun jam 3 pagi untuk melakukan pembersihan kantor. Ia menyelami pekerjaan itu selama delapan tahun.

Herve Renard pun pada akhirnya mendirikan perusahaan kebersihannya sendiri sembari mendapatkan lisensi pelatihan. Setelah berusaha mendapatkannya, akhirnya Herve Renard memiliki lisensi pelatihan UEFA Pro.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement