Memahami Cara Menggunakan Subtotal di Excel

Ghina Aulia
28 November 2022, 20:22
Cara Menggunakan Subtotal di Excel
GCF Global
Ilustrasi, spreadsheet.

Perangkat lunak spreadsheet terkenal dari Microsoft adalah Excel. Termasuk dalam bundel Microsoft 365, Excel pertama kali dirilis pada 1985, awalnya Excel hanya mampu dioperasikan di komputer dengan sistem operasi Macintosh atau Mac atau sekarang lebih akrab dengan sebutan iMac atau Macbook, yakni perangkat keluaran Apple Inc.

Tepat dua tahun setelahnya, Microsoft bersama Doug Klunder berhasil mengeluarkan Excel terbaru yang bisa digunakan perangkat berbasis Windows. Setelah itu, Microsoft secara konsisten merilis pembaharuan Excel setiap beberapa tahun sekali.

Sesuai dengan tekad Doug Klunder yang ingin membuat spreadsheet yang lebih baik dari Lotus 1-2-3, Excel berhasil merajai popularitas hingga sekarang. Diketahui bahwa Lotus 1-2-3 adalah perangkat lunak spreadsheet yang terkenal di awal tahun 80-an.

Kali ini, Katadata.co.id akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan subtotal di Excel, yang sangat berguna untuk mengolah data. Dilansir dari situs resmi Microsoft, subtotal merupakan salah satu fungsi yang mampu membuat grup secara otomatis.

Selain itu, kita dapat menerapkan fungsi atau rumus sesuai dengan yang diinginkan. Subtotal akan sangat berguna untuk meringkas data. Namun perlu dipastikan data yang dimuat sudah diurutkan. Selain subtotal, cara lain untuk mengelompokkan data yaitu dengan menyusunnya dalam grup. Melansir dari GCF Global, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Menggunakan Subtotal di Excel

1. Urutkan lembar kerja dengan data yang ingin diterapkan fungsi atau rumus
2. Klik tab Data
3. Klik Subtotal pada bagian Outline
4. Klik panah ke bawah berupa dropdown pada kotak each change in
5. Tentukan kolom mana yang ingin diterapkan fungsi atau rumus
6. Klik panah dropdown pada kotak Use function
7. Pilih fungsi atau rumus yang ingin digunakan
8. Centang judul kolom yang ingin diterapkan fungsi atau rumus
9. Centang Replace current subtotals dan Summary below data
10. Data di lembar kerja akan diuraikan dalam kelompoknya masing-masing
11. Subtotal akan tercantum tepat di bawah kolom yang dipilih.

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan subtotal di Excel. Singkatnya, subtotal akan menyederhanakan data yang Anda miliki. Termasuk menjumlah, mengurutkan dan kategori lainnya. Mudah dilakukan, jangan lewatkan langkah-langkah di atas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement