Cara Membuat Drop Down List di Excel Beda Sheet

Ghina Aulia
28 November 2022, 17:29
Cara Membuat Drop Down List di Excel Beda Sheet
Ablebits
Ilustrasi, dropdown list di Excel.

Excel adalah aplikasi spreadsheet keluaran Microsoft yang sudah hadir sejak tahun 1985. Namun, saat itu Excel hanya dapat beroperasi pada perangkat Macintosh atau Mac. Secara perdana Excel dapat digunakan oleh komputer berbasis Windows pada 1987.

Pencipta Excel, Doug Klunder, bertekad membuat Excel agar dapat menyaingi Lotus 1-2-3, yaitu aplikasi spreadsheet yang terkenal pada masa itu. Benar saja, inovasi-inovasi dari Microsoft berhasil membawa Excel masih bertahan hingga sekarang. Excel biasa digunakan untuk memasukkan, mengelompokkan, mengolah dan memproyeksikan suatu data.

Advertisement

Khususnya untuk data yang berupa angka. Hal ini juga ditunjang oleh fitur ‘Fungsi-fungsi’ yang termuat pada Excel. Di dalamnya terdapat rumus yang memudahkan pengguna dalam menghitung. Tak hanya itu, termasuk juga pengelompokkan dalam kategori tertentu.

Dalam menyusun data, biasanya harus membuat tabel agar data terlihat lebih mudah dianalisis. Salah satu fitur yang memudahkan adalah Dropdown List. Dilansir dari Kiat Excel, Drop Down List merupakan fitur Excel yang berfungsi untuk mempermudah input data. Umumnya berisi beberapa pilihan data dan pengguna hanya boleh memilih salah satu dari list tersebut.

Salah satu dalam menerapkan drop down biasanya terjadi ketika ingin memuat data serupa pada sheet yang berbeda. Sheet adalah lembar kerja pada Excel. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Katadata.co.id akan menjelaskan cara membuat Drop Down List di Excel beda sheet. Berikut ini adalah pembahasannya.

Cara Membuat Drop Down List di Excel Beda Sheet

  1. Buka Excel
  2. Buat Workbook baru
  3. Buat dua sheet berbeda
  4. Sheet 1 untuk menyimpan data utama atau referensi untuk pengambilan data di sheet 2. Sementara, sheet 2 untuk menampilkan data yang ingin dimasukkan Drop Down List
  5. Buka Sheet 2 dan aktifkan salah satu sel
  6. Buka tab ‘Data’
  7. Klik ‘Data Validation’
  8. Isi kolom seperti petunjuk di bawah ini
  9. Allow: List
  10. Data: Between
  11. Centang kolom ‘Ignore blank’ dan ‘in-cell dropdown’
  12. Klik ‘OK.’

Cara Membuat Drop Down List di Excel Beda Sheet dengan Tombol Shortcut

Selain langkah-langkah di atas, Anda bisa menerapkan cara di bawah ini agar lebih sederhana. Tidak lain dengan menggunakan tombol shortcut. Singkatnya, shortcut adalah kombinasi beberapa tombol yang akan menjalankan tugas atau fungsi tertentu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Buka Excel
2. Buat Workbook baru
3. Buat dua sheet berbeda. Sheet 1 untuk menyimpan data utama atau referensi untuk pengambilan data di sheet 2. Sementara, sheet 2 untuk menampilkan data yang ingin dimasukkan Drop Down List
4. Buka Sheet 2 dan aktifkan salah satu sel
5. Klik ALT + A
6. Klik ALT + A+ V + V
7. Pilih tab ‘Setting’ pada Data Validation Box
8. Pilih ‘List’ pada kolom Allow
9. Masukkan fungsi pada kolom Source
10. Klik ‘OK.’

Anda juga wajib memastikan beberapa hal yang harus diterapkan pada kedua sheet. Salah satunya adalah menamai tabel pada sel dengan kata atau kalimat yang sama. Misalnya NAMA, TANGGAL, BULAN, dan lain-lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement