Menilik Perjalanan Tim Nasional Belanda dari Masa ke Masa

Annisa Fianni Sisma
6 Desember 2022, 16:51
Tim Nasional Belanda
goal.com
Ilustrasi, pemain Tim Nasional Belanda.

Pada Piala Dunia 2022, Belanda berhasil mengalahkan Amerika Serikat (AS) dengan skor 3-1. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Qatar pada 3 Desember 2022.

Berkaitan dengan kemenangannya, tentu menarik untuk membahas terkait Tim Nasional Belanda, yang dikenal dengan julukan Oranje. Tim ini dianggap merupakan tim terbaik meski tidak pernah memenangkan Piala Dunia.

Dalam perhelatan Piala Dunia, Tim Nasional Belanda hanya pernah menjadi runner-up pada 1974 dan 1978, serta 2010. Berikut perjalanan panjang tim nasional Belanda dari masa ke masa.

Perjalanan Awal Tim Nasional Belanda

Melansir dari planetsport.com, Tim Nasional Belanda menjalani debut pada panggung Internasional saat melawan Belgia pada 1905 di Antwerp. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Tim Nasional Belanda dengan skor 4-1, setelah adanya perpanjangan waktu.

Turnamen fenomenal Tim Nasional Belanda yang pertama terjadi pada Olimpiade 1908 di London. Tim ini tersingkir dari Inggris Raya di semifinal. Meski begitu, Tim Nasional Belanda berhasil meraih medali perunggu.

Tim Nasional Belanda kemudian juga berhasil memenangkan medali perunggu di Olimpiade 1912 dan 1920. Tim ini berhasil menorehkan prestasi di masa awal-awal debutnya.

Setelah berhasil mencapai semifinal keempat kalinya, Tim Nasional Belanda gagal lagi setelah Uruguay berhasil mengalahkannya dengan skor 2-1. Tim Nasional Belanda pun juga kehilangan medali setelah kalah di playoff tempat ketiga berikutnya dari Swedia.

Perjuangan pun berlanjut, sayangnya Tim Nasional Belanda tersingkir dari babak 16 besar pada turnamen Piala Dunia 1934 dan 1938. Mereka tidak memiliki kesuksesan secara signifikan hingga adanya generasi “total football” oleh Johan Cruyff.

Setelah terjadinya Perang Dunia Kedua, Tim Nasional Belanda berhasil lolos ke dua turnamen internasional. Kemudian, Tim Nasional Belanda kalah dari Inggris Raya di Olimpiade 1948 dan Brasil di turnamen 1952 di Finlandia.

Perjuangan Tim Nasional Belanda pada Dekade 1970-an

Setelah berlangsungnya Piala Dunia 1974, Carlos Alberto selaku kapten tim Brasil yang memenangkan Piala Dunia 1970 memuji Belanda atas sepak bola yang didalangi oleh Johan Cruyff dan pelatih Rinus Michels. Alberto mengatakan Belanda melakukan hal yang berbeda di Piala Dunia 1974 di Jerman.

Pada Piala Dunia 1974, Tim Nasional Belanda berhasil mencapai final Piala Dunia di Jerman Barat. Saat itu, Tim Nasional Belanda kalah melawan Jerman di laga final.

Dalam pertandingan tersebut, Johan Neeskens berhasil mencetak poin dari titik penalti di menit kedua. Namun, Jerman Barat turut menyamakan kedudukan dengan adanya penalti Paul Breitner. Selanjutnya pada menit ke-43, Gerd Muller berhasil mencetak gol yang menjadi gol kemenangan Jerman Barat. Prestasi yang diraih oleh Belanda pada Piala Dunia berhasil diikuti dengan keikutsertaan dalam ajang Piala Eropa atau Euro 1976 di Yugoslavia.

Pada Piala Dunia 1978, Tim Nasional Belanda sejatinya nyaris gagal. Saat itu, Belanda menempati Grup ke 4 di belakang Peru dan lolos ke babak Grup Kedua. Di grup tersebut, Belanda memuncaki Grup A di atas Italia, Jerman Barat, dan Austria. Belanda pun dengan demikian lolos ke final untuk melawan Argentina.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...