Deretan Pemain Bintang Belanda Sepanjang Sejarah hingga Bayarannya

Ghina Aulia
6 Desember 2022, 13:48
Deretan pemain bintang Belanda
SPORT
Johan Cruyff

Belanda merupakan salah satu negara yang sepak bolanya tidak boleh dipandang sebelah mata. Selain kerap masuk ke kualifikasi Piala Dunia, Belanda juga melahirkan bintang lapangan yang memiliki kemampuan dan karir yang cemerlang.

Meski belum pernah menjadi juara dunia, tetap saja keahlian dari deretan pemain tersebut tak lepas dari sorotan penggemar sepak bola. Sebut saja Arjen Robben, pemain ikonik dari Belanda yang sempat bermain untuk Real Madrid dan Chelsea.

Untuk lebih lengkapnya, kali ini Katadata.co.id ingin membahas tentang deretan pemain bintang Belanda sepanjang sejarah. Berikut ini penjelasannya.

Deretan Pemain Bintang Belanda

1. Johan Cruyff

Johan Cruyff berada di deretan pemain bintang Belanda pertama berdasarkan situs FourFourTwo. Pesepak bola handal ini menjadi salah satu sejarah bagi bangsa Belanda. Lahir di Amsterdam, Johan aktif bermain di Ajax U19 sejak 1964. Di penghujung karirnya sebagai pemain, Johan bergabung dengan Feyenoord pada 1984.

Selepas itu, Johan aktif menjadi pelatih di berbagai klub bola internasional. Setahun setelah pensiun, Johan menjadi Pelatih Kepala di Ajax, lalu ditransfer ke Barcelona mulai tahun 1988 – 1991. Pasca itu, Johan kembali ke Ajax menjadi Anggota Dewan Pengawasan hingga akhirnya menjadi penasihat. Lahir pada 1946, Johan tutup usia di umur 68 tahun, tepatnya pada 2016 silam.

2. Marco van Basten

Marco van Basten merupakan pesepak bola kelahiran Utrecht pada 31 Oktober 1964. Di lapangan, Marco kerap berada di posisi penyerang depan atau tengah. Saat memulai karir profesional, Marco bergabung dengan Elinkwijk U19 dan Ajax 19. Setelah itu, tercatat Marco pernah bergabung dengan Milan sebelum memutuskan untuk pensiun.

Adapun biaya transfer termahal yang pernah didapatkan Marco adalah Rp 19,55 miliar ketika digaet Milan dari Ajax pada 1987. Sementara itu, Marco juga tergolong sangat aktif dalam mendukung Tim Nasional Belanda sejak golongan U17 hingga dewasa.

3. Ruud Gullit

Ruud Gullit memiliki nama lengkap Rudi Dil Gullit. Pria ini lahir di Amsterdam, tepatnya pada 1 September 1962. Biasanya Gullit berada di posisi depan kedua atau sayap kanan sebagai gelandang penyerang. Sepanjang karirnya, Gullit sudah ditransfer ke beberapa klub. Namun secara perdana, Gullit bergabung dengan DWS U19 pada 1978.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...