Menilik 8 Drakor Bullying yang Menarik untuk Ditonton

Banyak drama Korea yang menarik ditonton. Salah satu tema yang diusung dan menjadi pembahasan menarik adalah drakor bullying.
Annisa Fianni Sisma
7 Desember 2022, 10:18
Drakor Bullying
hellokpop.com
Ilustrasi, adegan dalam Drama Korea The Penthouse.

Drama Korea atau yang kerap disingkat dengan drakor memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Mulai dari drakor bullying, romance, family, dan lain sebagainya yang seakan selalu berhasil menyampaikan makna setiap dramanya.

Berkaitan dengan drakor bullying, terdapat beberapa drama yang menarik untuk ditonton. Drama-drama berikut ini menyampaikan faktor, penyebab, dan akibat dari bullying. Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut ini penjelasan lengkap terkait deretan drakor bullying yang menarik untuk mengisi waktu luang.

1. Solomon’s Perjury (2016)

Drakor bullying pertama yang direkomendasikan, adalah Solomon’s Perjury (2016). Drama Korea ini mengangkat isu bullying yang terkait dengan kematian salah satu siswa bernama Lee Soo Woo.

Pada kisah awal, polisi terlibat dalam pemeriksaan kematiannya. Dugaan pertama yakni kematian tersebut karena adanya pembunuhan biasa. Namun, salah satu murid di sekolah meyakini bahwa meninggalnya Soo Woo karena aksi bullying di sekolah. Pasalnya, aksi bullying di sekolahnya dianggap sangat melewati batas kewajaran.

2. School (2013)

Drama Korea yang membawa isu bullying pertama yakni School. Drama yang rilis pada 2013 ini mengisahkan para murid di sekolah Victory High School. Terdapat berbagai macam murid di dalamnya. Namun, dominasi murid yang bermasalah yang dianggap pemicu keonaran pun menjadi highlight drama ini.

Salah satu murid bernama Go Nam Sun yang diperankan oleh Lee Jong Suk pun harus menerima seluruh penindasan yang dilakukan terhadapnya. Ia menerima kekerasan fisik maupun mental dari seluruh teman sekelasnya.

Drama ini juga menyajikan reaksi psikologis dari Go Nam Sun pasca menerima perlakuan kasar dari teman-temannya. Oleh karena itu, untuk edukasi terkait kasus bullying, drama bullying ini dapat menjadi salah satu referensi.

3. Beautiful World (2019)

Drakor bullying yang menjadi rekomendasi berikutnya adalah Beautiful World. Drama yang rilis pada 2019 ini mengisahkan seorang anak yang mencoba bunuh diri karena tidak tahan atas perundungan yang diterimanya.

Park Sun Ho yang diperankan Nam Da Reum ini meski sudah menjadi korban, ia tidak ingin menyampaikannya ke siapapun. Pasalnya, pelaku merupakan murid yang memiliki pengaruh besar di sekolahnya.

4. Angry Mom (2015)

Angry Mom merupakan salah satu drakor bullying yang turut direkomendasikan. Pasalnya, drama ini mengisahkan seorang ibu yang bernama Jong Gang Ja. Jong Gang Ja diperankan oleh Kim Hee Sun.

Ibu tersebut menyamar sebagai anak SMA untuk melindungi putrinya, Oh Ah Ran yang diperankan oleh Kim Yoo Jung. Kim Yoo Jung menjadi korban perundungan di sekolahnya.

Tak terima atas perlakuan anak sekelasnya, Gang Ja pun melindungi anaknya dan menuntut keadilan untuk putrinya. Tentu poin inilah yang menjadi daya tarik drama ini.

Tak hanya menyoroti kasus bullying, drama ini juga menunjukkan sisi gelap dunia pendidikan lainnya. Sisi yang ditonjolkan dalam drama ini adalah kasus korupsi di sekolah.

5. He Is Psychometric (2019)

Drama bergenre fantasi dan misteri ini turut menjadi salah satu rekomendasi drakor bullying. Drama ini rilis pada 2019 dan diperankan oleh Park Jin Young serta Shin Ye Eun. Kedua orang tersebut sudah berteman cukup lama dan keduanya bertemu lagi saat dewasa. Keduanya bertemu untuk melawan kasus bullying yang dilakukan oleh teman sekolahnya dulu.

6. School 2015: Who Are You (2015)

Drakor bullying berikutnya berjudul School 2015: Who Are You (2015). Drama ini mengusung isu kekerasan di sekolah Korea Selatan. Drama ini diperankan oleh Jo Soo Hyang, Seungjae, dan Kim So Hyun.

7. Class of Lies (2019)

Drama Class of Lies turut menjadi rekomendasi dalam drakor bullying. Drama ini mengisahkan seorang pengacara bernama Kim Moo Hyeok yang menangani kasus pembunuhan di sekolah.

Sayangnya, atas kasus tersebut, ia justru kehilangan segalanya. Kasus ini merupakan kasus pembunuhan yang menghancurkan karirnya. Oleh karena itulah, ia memilih menjadi guru di SMA yang bersangkutan demi menyelidiki kasus yang dianggap besar ini.

Ia pun menemukan fakta bahwa sekolah ini dihuni oleh banyak murid yang suka membuat masalah dan banyak perundungan yang terjadi di dalamnya.

8. The Penthouse (2020 – 2021)

Drama berjudul The Penthouse yang rilis hingga 3 season ini masuk dalam rekomendasi drakor bullying. Drama ini mengusung tema perebutan harta, kekuasaan, perselingkuhan, dan kenakalan remaja.

Salah satu isu yang diangkat yakni bullying. Terlihat seorang siswi bernama Bae Ro Na berusaha bersekolah di sekolah seni bergengsi. Namun, keinginan tersebut dihalangi oleh banyak murid lain yang berasal dari keluarga bergengsi dan menindas serta memfitnah Ro Na.

Mereka menganggap Bae Ro Na adalah saingannya. Beragam fitnah pun dilontarkan agar ia dikeluarkan dari sekolah ini. Kisah perundungan itu pun berlanjut hingga di season 3.

Itulah 8 drakor bullying yang menarik untuk ditonton. Drama di atas memiliki nilai moral masing-masing yang menarik untuk dipelajari sehingga mencegah adanya perundungan yang berulang di sekolah.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait