4 Rekomendasi Film Bencana Alam Korea yang Menegangkan

Annisa Fianni Sisma
8 Desember 2022, 11:02
Film Bencana Alam Korea
imdb.com
Ilustrasi, cuplikan adegan dalam film Korea berjudul Ashfall.

Bencana alam dapat menjadi salah satu ide dalam pembuatan film. Hal ini pun telah disadari oleh industri perfilman Korea. Berkaitan dengan hal itu, muncul beberapa film bencana alam Korea, yang dapat dinikmati moviegoer, baik untuk edukasi maupun pengetahuan.

Sebab, film tentang bencana alam dapat menunjukkan adegan dramatis dan reaksi spontan masyarakat yang terdampak. Penonton pun dapat melakukan beberapa pencegahan, maupun cara evakuasi untuk menjaga diri, karena mempelajari melalui berbagai media atau karya, seperti film bencana alam Korea.

Selain itu, film bencana alam Korea juga dapat meningkatkan empati masyarakat bahwa bencana alam akan berdampak luas terhadap siapapun di sekitarnya. Oleh karena itu, berikut ini sinopsis singkat dan deretan film bencana alam Korea yang direkomendasikan.

1. Sinkhole (2021)

Film Sinkhole merupakan salah satu film bencana alam korea yang direkomendasikan. Kisahnya yang mengharukan membuat siapapun tergugah menonton film ini.

Kisah yang disajikan dalam film bencana alam korea ini adalah seorang Park Dong-won yang diperankan oleh Kim Sung-kyun beserta keluarganya yang terjebak di reruntuhan rumah ambruk. Tragedi bencana alam ini terjadi ketika ia dan keluarganya baru saja menggelar acara syukuran karena baru saja memiliki rumah.

Rumah yang ditinggalinya benar-benar ambruk setelah diguyur hujan deras semalaman. Hujan deras itu pun bahkan mengakibatkan adanya lubang pembuangan besar dan menyebabkan rumahnya terperosok ke lubang tersebut.

Dong-won beserta Jeong Man-soo yang diperankan oleh Cha Seung-won selaku tetangganya pun mencari jalan keluar untuk selamat dari tragedi ini. Perjuangan orang-orang yang terjebak itu pun membuat kisah ini semakin menarik.

Film ini diambil dari fenomena tanah yang disebut depresi alami atau lobang dalam topografi permukaan. Lubang ini muncul karena hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan karena aliran air di bawah tanah. Peristiwa ini dapat terjadi karena proses pelarutan kimiawi batuan karbonat atau karst.

2. Pandora (2016)

Pandora merupakan salah satu film bencana alam Korea yang direkomendasikan. Film ini memiliki kisah yang mencekam dan berhasil membuat penonton penasaran.

Kisah yang disorot dalam film ini yakni ketika pembangkit listrik tenaga nuklir meledak karena gempa bumi. Akibat peristiwa itu, muncul kekacauan di berbagai tempat dan masyarakat pun terdampak akibat reaksi nuklir.

Kisah ini berawal dari seorang Yeon Joo yang diperankan oleh Kim Joo Hyun dan Jung Jin Young yang diperankan oleh Pyung Sub. Keduanya bekerja pembangkit listrik tenaga nuklir yang meledak karena gempa bumi itu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement