4 Rekomendasi Film Bencana Alam Korea yang Menegangkan

Terdapat film bencana alam Korea yang menarik untuk ditonton sebagai edukasi. Berikut ini rekomendasi film-film tersebut selengkapnya.
Annisa Fianni Sisma
8 Desember 2022, 11:02
Film Bencana Alam Korea
imdb.com
Ilustrasi, cuplikan adegan dalam film Korea berjudul Ashfall.

Bencana alam dapat menjadi salah satu ide dalam pembuatan film. Hal ini pun telah disadari oleh industri perfilman Korea. Berkaitan dengan hal itu, muncul beberapa film bencana alam Korea, yang dapat dinikmati moviegoer, baik untuk edukasi maupun pengetahuan.

Sebab, film tentang bencana alam dapat menunjukkan adegan dramatis dan reaksi spontan masyarakat yang terdampak. Penonton pun dapat melakukan beberapa pencegahan, maupun cara evakuasi untuk menjaga diri, karena mempelajari melalui berbagai media atau karya, seperti film bencana alam Korea.

Selain itu, film bencana alam Korea juga dapat meningkatkan empati masyarakat bahwa bencana alam akan berdampak luas terhadap siapapun di sekitarnya. Oleh karena itu, berikut ini sinopsis singkat dan deretan film bencana alam Korea yang direkomendasikan.

1. Sinkhole (2021)

Film Sinkhole merupakan salah satu film bencana alam korea yang direkomendasikan. Kisahnya yang mengharukan membuat siapapun tergugah menonton film ini.

Kisah yang disajikan dalam film bencana alam korea ini adalah seorang Park Dong-won yang diperankan oleh Kim Sung-kyun beserta keluarganya yang terjebak di reruntuhan rumah ambruk. Tragedi bencana alam ini terjadi ketika ia dan keluarganya baru saja menggelar acara syukuran karena baru saja memiliki rumah.

Rumah yang ditinggalinya benar-benar ambruk setelah diguyur hujan deras semalaman. Hujan deras itu pun bahkan mengakibatkan adanya lubang pembuangan besar dan menyebabkan rumahnya terperosok ke lubang tersebut.

Dong-won beserta Jeong Man-soo yang diperankan oleh Cha Seung-won selaku tetangganya pun mencari jalan keluar untuk selamat dari tragedi ini. Perjuangan orang-orang yang terjebak itu pun membuat kisah ini semakin menarik.

Film ini diambil dari fenomena tanah yang disebut depresi alami atau lobang dalam topografi permukaan. Lubang ini muncul karena hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan karena aliran air di bawah tanah. Peristiwa ini dapat terjadi karena proses pelarutan kimiawi batuan karbonat atau karst.

2. Pandora (2016)

Pandora merupakan salah satu film bencana alam Korea yang direkomendasikan. Film ini memiliki kisah yang mencekam dan berhasil membuat penonton penasaran.

Kisah yang disorot dalam film ini yakni ketika pembangkit listrik tenaga nuklir meledak karena gempa bumi. Akibat peristiwa itu, muncul kekacauan di berbagai tempat dan masyarakat pun terdampak akibat reaksi nuklir.

Kisah ini berawal dari seorang Yeon Joo yang diperankan oleh Kim Joo Hyun dan Jung Jin Young yang diperankan oleh Pyung Sub. Keduanya bekerja pembangkit listrik tenaga nuklir yang meledak karena gempa bumi itu.

Kedua pegawai itu telah memberikan peringatan mendesak kepada pemerintah setempat beserta masyarakat atas penggunaan bahan nuklir sebagai pembangkit listrik. Sayangnya, peringatan tersebut tak digubris oleh siapapun. Keadaan dan kekhawatiran pun terbukti ketika bencana alam terjadi. Pembangkit listrik tenaga nuklir meledak dan seluruh masyarakat terkena dampaknya.

3. Ashfall (2019)

Rekomendasi film bencana alam korea berikutnya adalah Ashfall. Film ini mengisahkan tentang bencana alam berupa gunung api aktif bernama Gunung Paektu. Dikisahkan, seorang profesor bernama Kang Bong-rae meneliti Gunung Paektu. Ia telah menelitinya selama bertahun-tahun.

Gunung Paektu adalah gunung api aktif yang terletak di perbatasan China dan Korea Utara. Bong-rae terus mengingatkan bahwa gunung itu akan meletus dalam waktu maksimal 3 (tiga) tahun terakhir.

Sayangnya, himbauan tersebut tidak digubris. Padahal, Bong-rae juga menyampaikan jika gunung itu benar-benar meletus, maka akan banyak kekacauan yang terjadi di sekitar gunung api termasuk semenanjung Korea.

Oleh karena itu, Jeon Yoo-kyung berupaya merencanakan operasi berdasarkan penelitian profesor bersama dengan Jo In-chang. Saat Ketiganya mempelajari simulasi menghadapi bencana. Sayangnya, seluruh kru terlibat hal politik yang rumit di tengah bencana. Hal ini pun semakin membuat situasi terdesak.

4. The Flu (2013)

The Flu menjadi salah satu film bencana alam Korea yang turut direkomendasikan. Alur cerita dan kisah yang mirip dengan Pandemi Covid-19 ini menjadi daya tarik film ini.

The Flu menyajikan kisah wabah virus H5N1 yang mematikan. Virus ini dapat membunuh korbannya hanya dalam waktu 36 jam. Kisah awal yakni ketika Ju Bying-woo dan Ju Byung-ki menemukan kontainer yang membawa imigran gelap di dalamnya. Ternyata, para imigran gelap itu membawa virus H5N1 atau flu burung.

Alhasil, hampir seluruh orang di dalam kontainer tersebut meninggal dunia. Hanya ada satu orang yang selamat dan dialah yang membawa virus H5N1. Keadaan semakin memburuk ketika Byung-woo terinfeksi virus tersebut. Virus itu segera menular ke penjuru kota.

Film ini berhasil menyajikan kronologi lengkap bagaimana sebuah virus dapat mendominasi dan menyebar ke seluruh kota. Film ini juga menggambarkan virus yang menjangkiti manusia hingga negara dan menyebabkan meninggal dunia.

Demikian 4 film bencana alam Korea yang menarik untuk ditonton. Bencana alam tersebut diketahui dapat berupa kegiatan alam maupun penyebaran virus dan menyebabkan seluruh masyarakat terdampak dan kesulitan. Setelah menonton keempat film di atas, masyarakat diharapkan mengetahui kiat dasar penyelamatan diri jika terjadi bencana alam di atas.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait