Mengenal Ragam Tari Tradisional Indonesia yang Diakui Dunia

Tifani
Oleh Tifani
9 Desember 2022, 15:15
Tari Tradisional
kebudayaan.kemdikbud.go.id
Ilustrasi, Tari Saman.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tari tradisional yang sesuai dengan ciri khasnya masing-masing. Banyaknya ragam tari tradisional khas daerah, membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan warisan budaya.

Ditambah lagi, beberapa tari tradisional khas Indonesia juga telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau masuk kedalam kategori Intangible Culture Heritage UNESCO, atau warisan budaya tak benda.

Mengutip ich.unesco.org, berikut 7 tari tradisional Indonesia yang masuk kedalam warisan budaya tak benda UNESCO.

1. Tari Tradisional Saman

Tari yang berasal dari Aceh ini telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 24 November 2011. Tari saman merupakan tarian suku dataran tinggi Gayo abad ke-XIV yang biasa ditampilkan dalam perayaan-perayaan penting.

Ditarikan dengan syair dari Bahasa Gayo, tarian ini mengedepankan kekompakan dan kecepatan Gerakan penari saman yang luar biasa. Tari saman merupakan sarana dakwah yang mencerminkan keagamaan, sopan santun, pendidikan, kekompakan, kepahlawanan, dan kebersamaan.

2. Tari Tradisional Gambuh

Tari gambuh yakni drama tari klasik Bali yang dianggap paling tinggi mutunya dan dianggap sebagai sumber segala jenis tari klasik Bali. Fungsi Tari Gambuh adalah sebagai Tari Bebali (seremonial), yaitu sebagai pengiring upacara di pura-pura.

Dramatari Gambuh sebagai tari lakon klasik tertua dalam khazanah tari Bali adalah merupakan bentuk total teater yang memiliki unsur seni, drama, music, dialog dan tembang. Pada tahun 2015, UNESCO mengakui tarian ini yang berbentuk teater total lengkap dengan unsur seni, drama, musik, dialog, dan tembang.

Dramatari gambuh masih memakai nama-nama tokoh penarinya diambil dari nama-nama kaum bangsawan kerajaan di Jawa Timur pada abad ke 12-14. Nama-nama itu diantaranya Demang Sampi Gontak, Tumenggung Macan Angelur, Rangga Toh Jiwa, Arya Kebo Angun-angun, Punta Tan Mundur, dan lain-lainya.

Dramatari Gambuh adalah tari dasar hampir seluruh tari-tarian yang ada di Bali. Dramatari Gambuh sangat erat hubungannya dengan pelaksanaan upacara-upacara besar terutama tingkatan upacara mapeselang. Tarioan Gambuh ditarikan pada waktu Ida Bhatara turun ke paselang.

3. Tari Tradisional Baris Upacara

Tari Baris Upacara umumnya ditarikan untuk Dewa Yadnya dan memiliki lakon (lelampan) maupun cerita (ceritera). Tari ini biasanya digunakan sebagai penunjang upacara Dewa Yadnya. Umumnya Tari Baris Upacara dipergunakan atau ditarikan untuk Dewa Yadnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...