Memahami 5 Cara Membuat Hipotesis Penelitian

Destiara Anggita Putri
14 Desember 2022, 16:50
Cara Membuat Hipotesis Penelitian
Unsplash
Ilustrasi, hipotesis.

Ketika melakukan penelitian, Anda wajib membuat hipotesis yang merupakan praduga terhadap masalah yang diteliti. Hipotesis berasal dari bahasa Yunani, yakni hupo yang artinya sementara dan thesis yang artinya pernyataan atau teori.

Dari istilah ini, bisa dimpulkan bahwa arti hipotesis adalah pernyataan sementara. Bila Anda bingung bagaimana cara membuat hipotesis, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli

Anda perlu memahami terlebih dahulu pengertian dari hipotesis. Berikut Ini beberapa pengertian hipotesis yang dikemukakan oleh para ahli. 

1. S. Nasution 

Nasution berpendapat bahwa  hipotesis adalah upaya memperkirakan tentang apa yang diamati dan agar dapat dipahami. 

2. Zikmund 

Zikmund mendefinisikan hipotesis sebagai dugaan sementara yang perlu dibuktikan dan perlu dicari penjelasan, fenomena, fakta dan kemungkinan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang muncul.

3. Erwan Agus Purwanto & Diah Ratih Sulistyastuti 

Mereka berdua mengemukakan hipotesis sebagai dugaan sementara terhadap kasus atau permasalahan penelitian yang diangkat untuk diteliti dan dicari kebenarannya yang masih perlu dilakukan pengujian secara empiris. 

4. Sumadi Suryabrata 

Menurut Sumadi Suryabrata, hipotesis adalah pernyataan yang menggambarkan tentang keadaan parameter yang akan dilakukan pengujian melalui statistik sampel.

5. Dantes

Pengertian hipotesis penelitian menurut Dantes adalah asumsi yang perlu dilakukan pengujian data. Kemudian dari pengujian lewat penelitian akan menghasilkan data. Data inilah yang akan dijadikan acuan pengambilan kesimpulan, terkadang juga menghasilkan solusi dan penemuan baru.

Tujuan dan Fungsi Hipotesis

Hipotesis dalam penelitian memiliki tujuan dan fungsi yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan penelitian. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Untuk Menguji Teori 

Hipotesis yang sudah Anda buat nantinya akan diuji atau dibandingkan dengan teori-teori yang sudah ada. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakah hipotesis yan dibuat sudah benar atau sesuai.

2. Menerangkan Fenomena Sosial 

Hipotesis berguna untuk menerangkan fenomena sosial yang terjadi. Dari fenomena tersebut, Anda bisa membuat asumsi sementara sebelum nantinya dibuktikan kebenarannya

3. Membantu Membuat Kerangka Kesimpulan

Anda bisa menggunakan hipotesis sebagai cara untuk mempermudah membuat kesimpulan. Hal ini dikarenakan dari hipotesis setidaknya Anda menemukan kerangka-kerangka dasar untuk menemukan jawabannya. 

4. Mendorong Munculnya Teori 

Membuat hipotesis merupakan salah satu upaya agar Anda memikirkan sesuatu yang awalnya mungkin tidak ada. Kemudian, Anda mencoba membuktikan keberadaanya lewat penelitian

5. Mengarahkan Penelitian 

Hipotesis juga bisa membantu mengarahkan Anda ketika sedang menjalankan penelitian. Dengan demikian penelitian Anda bisa tetap berjalan secara terstruktur dan sistematis seperti yang telah dirancang sebelumnya.

Cara Membuat Hipotesis Penelitian

Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat hipotesis penelitian yang baik dan benar.  Berikut ini pembahasan lima yang perlu Anda persiapkan.

1. Membuat Hipotesis Berdasarkan Rumusan Masalah Penelitian 

Sebelum membuat hipotesis, pastikan Anda sudah menentukan  rumusan masalah penelitian terlebih dahulu

2. Hipotesis Pendahuluan 

Cara selanjutnya adalah membuat hipotesis pendahuluan yang sifatnya eksplisit dan hanya digunakan untuk uji coba.

3. Mengumpulkan Data 

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data dan fakta. Kemudian dari kumpulan data dan fakta tersebut, ambil data yang relevan dan selaras dengan penelitian yang Anda angkat. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement