Mencermati Pengertian, Tujuan, dan Ciri Ciri Penelitian Ilmiah

Destiara Anggita Putri
14 Desember 2022, 14:15
Ciri Ciri Penelitian Ilmiah
Unsplash
ilustrasi, penelitian.

Penelitian ilmiah pada umunya memiliki pengertian sebagai kegiatan untuk mengungkapkan kebenaran yang dilakukan secara terrstruktur, sistematis, metodologis, serta konsisten.

Peneliti biasanya melakukan kegiatan penting ini untuk menyelesaikan atau menganalisis sebuah masalah agar ditemukan solusi atau jalan keluarnya. Penelitian ilmiah ini juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang penelitian ilmiah, simak pembahasannya berikut ini. 

Pengertian Penelitian Ilmiah Menurut Para Ahli

Penelitian ilmiah memiliki beragam definisi. Simak beberapa definisi penelitian ilmiah yang dikemukakan oleh para ahli di bawah ini. 

  • Tuckman, penelitian merupakan suatu usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah terhadap suatu masalah
  • Parson (1946) berpendapat bahwa penelitian merupakan pencarian atas sesuatu (inquiry) secara sistematis terhadap masalah yang dapat dipecahkan
  • Sanapiah Faisal mengungkapkan bahwa penelitian ilmiah merupakan suatu aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara tertata dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang dapat diandalkan kebenarannya mengenai dunia sosial.
  • Menurut Winarno Surachmad, penelitian adalah suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah.
  • Menurut Sugiyono, penelitian merupakan suatu cara ilmiah guna mendapatkan data dengan tujuan dan juga kegunaan tertentu.
  • Donald Ary berpendapat bahwa penelitian merupakan sebuah penerapan dari pendekatan ilmiah pada suatu pengkajian masalah dalam memperoleh informasi yang berguna dan juga hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Cooper dan Emory beranggapan bahwa penelitian merupakan proses atau kegiatan dalam penyelidikan sistematis yang bertujuan untuk memberikan informasi untuk memecahkan masalah.

Tujuan Penelitian Ilmiah

Penelitian ilmiah biasanya dilakukan untuk meraih tujuan tertentu yang tentunya bermanfaat bagi manusia dan lingkungan sekitarnya. Terdapat tiga tujuan praktis dari penelitian ilmiah yaitu eksploratif, verifikatif, dan pengembangan 

Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini. 

1. Eksploratif

Tujuan pertama adalah eksploratif dimana penelitian dilakukan untuk menemukan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Contoh penelitian dengan tujuan ini adalah manfaat buah anggur untuk kesehatan jantung. 

2. Verifikatif

Tujuan selanjutnya adalah verifikatif dimana penelitian dilakukan dengan membuktikan dan menguji kembali mengenai kebenaran suatu ilmu pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.

Contoh penelitian dengan tujuan ini adalah membuktikan manfaat buah semangka untuk kesehatan ibu hamil

3. Pengembangan 

Tujuan terakhir adalah pengembangan yang berarti penelitian dilakukan agar dapat menggali lebih daalm atau mengembangkan suatu penelitian atau penegtahun yang sudah ada sebelumnya. Contoh dari pengembangan, misalnya manfaat wortel untuk kesehatan mata yang sudah ada sebelumnya

Selain tiga tujuan praktis di atas, penelitian ilmiah juga memiliki beberapa tujuan lain. Dengan melakukan penelitian ilmiah, peneliti bisa memperoleh pengetahuan dan juga penemuan baru mengenai masalah baru. penelitian ilmiah juga bisa menjadi wadah bagi peneliti untuk membuktikan sekaligus menguji kebenaran yang sudah ada sebelumnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement