Memahami Cara Main UNO Stacko Beserta Komponen Baloknya

Annisa Fianni Sisma
19 Desember 2022, 10:24
Cara Main UNO Stacko
PEXEL
Ilustrasi, UNO Stacko.

UNO menjadi salah satu permainan yang menarik dan diminati banyak orang. Oleh karena itu, banyak yang tertarik untuk memahami cara main UNO stacko. Permainan UNO stacko sangat cocok dimainkan bersama-sama. Game ini memicu kreativitas dan daya juang masing-masing pemain serta mendekatkan hubungan pertemanan.

Terdapat dua jenis cara main UNO. Pertama, UNO kartu, yang telah banyak dipahami oleh para pemain UNO yang identik permainannya dengan kartu UNO. Kedua, UNO Stacko, yang berbeda dengan UNO kartu. UNO stacko mungkin jarang dimainkan oleh beberapa orang.

Berkaitan dengan kedua jenis cara main UNO di atas, berikut ini cara main UNO stacko yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Cara Main UNO Stacko

Cara main UNO stacko cukup mudah. Sesuai dengan namanya, cara bermain UNO stacko adalah dengan balok yang disusun. Berikut ini cara main UNO stacko yang mudah diterapkan.

  1. Sebelum memulai permainan, susun balok UNO stacko dengan 3 balok di setiap levelnya hingga membentuk menara.
  2. Pemain hanya diperbolehkan mengambil balok UNO stacko menggunakan satu tangan. Terkadang ada permainan yang dilaksanakan dengan aturan hanya dengan dua jari saja.
  3. Ketika balok-balok dengan simbol tertentu digunakan pemain lain, maka pemain berikutnya harus mengikuti ketentuan pada balok tersebut. Ketentuan itu dapat berupa Reverse, Draw 2, dan lain sebagainya.
  4. Balok-balok yang dapat diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bagian bawah. Balok yang terletak di bagian level 1, 2, dan 3 dilarang untuk diambil.
  5. Cara bermain UNO stacko selanjutnya yakni balok yang pertama kali diambil oleh pemain haruslah balok yang berangka. Pemain tidak boleh mengambil balok dengan simbol SKIP, Reverse, dan lainnya atau yang kerap disebut balok bersimbol.
  6. Pemain yang saat mengambil balok ternyata meruntuhkan susunan menara, harus menyusun dan menata kembali menara tersebut agar dapat dimainkan. Pemain yang meruntuhkan itu dianggap kalah.
  7. Cara main UNO stacko yang mendasar yakni setiap giliran bermain akan diundi terlebih dahulu.
  8. Semua pemain harus mempertahankan menara agar tetap berdiri tegak.
  9. Pemain harus mengambil balok UNO dari bawah atau tengah dan kemudian menaruhnya kembali ke bagian paling atas UNO stacko.

Jenis Balok UNO Stacko

Bagi pemain yang belum pernah memainkan UNO stacko dan hanya UNO kartu, mungkin tidak terlalu asing dengan simbol-simbolnya. Namun untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini balok-balok yang ada pada UNO stacko.

Balok-balok yang terdapat pada UNO Stacko berperan penting dalam cara main UNO Stacko. Berikut ini jenis-jenis balok UNO Stacko

1. Balok Angka

Balok Angka dalam cara main UNO stacko adalah balok yang memiliki angka pada masing-masing sisinya. Angka tersebut dimulai dari 1 hingga 4 yang memiliki 4 warna berbeda yakni merah, biru, kuning, dan hijau.

2. Balok Skip

Balok skip merupakan balok dengan lingkaran yang dicoret di sisinya. Jika ada balok ini, maka pemain berikutnya harus dilompati karena dilarang bermain pada kesempatan itu. Ia akan mendapatkan giliran di putaran berikutnya.

Balok jenis ini menjadi salah satu jenis balok yang menantang dan menjadi pemicu serunya permainan. Pasalnya, terkadang strategi jadi berubah total ketika tahu giliran telah dihapuskan. Balok ini menjadi daya tarik permainan UNO Stacko karena membuat langkah-langkah para pemain cukup sulit diprediksi. Setiap strategi pun harus disusun ulang.

3. Balok Reverse

Balok reverse berguna sesuai dengan namanya. Balok ini memiliki simbol 2 panah yang berarti kembali lagi. Artinya, jika seseorang memperoleh balok ini, maka putaran akan kembali atau ketika permainan berputar searah jarum jam, maka kali ini permainan akan berputar ke arah sebaliknya.

4. Balok Wild

Balok wild merupakan balok UNO yang berwarna ungu. Balok ini dapat diambil kapan saja oleh para pemain. Jika seseorang bermain balok ini, maka ia akan menentukan warna apa yang perlu diambil oleh pemain berikutnya. Pemegang balok ungu ini cukup dapat menguasai permainan. Pasalnya, ia dapat menentukan warna yang sesuai dengan rencananya.

5. Balok Draw 2

Balok draw 2 ini memiliki lambang dua kotak di setiap sisinya. Arti dari balok ini adalah pemain beirkutnya harus mengambil 2 balok dengan warna yang sama dengan balok draw 2 yang diambil.

Advertisement

Komponan Balok UNO Stacko

Setelah memahami jenis-jenis balok yang ada pada game UNO balok, tentu kurang lengkap jika belum membahas komponen yang ada pada UNO stacko.

Berikut ini komponen Balok UNO stacko selengkapnya.

  • 4 Balok Skip (Lingkaran Dicoret)
  • 4 Balok Reverse (Turn Around)
  • 8 Green Balok Hijau
  • 8 Balok Biru
  • 1 Balok Wild
  • 8 Balok Merah
  • 8 Yellow Balok Kuning
  • 4 Balok Draw Two

Itulah penjelasan terkait cara main UNO stacko yang mudah beserta balok dan komponen Balok UNO stacko. Selanjutnya dapat diketahui bahwa permainan UNO ini adalah permainan yang cocok untuk pemain lebih dari 2 yang artinya dapat pula digunakan saat bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait