Memahami Cara Main UNO Stacko Beserta Komponen Baloknya

Annisa Fianni Sisma
19 Desember 2022, 10:24
Cara Main UNO Stacko
PEXEL
Ilustrasi, UNO Stacko.

UNO menjadi salah satu permainan yang menarik dan diminati banyak orang. Oleh karena itu, banyak yang tertarik untuk memahami cara main UNO stacko. Permainan UNO stacko sangat cocok dimainkan bersama-sama. Game ini memicu kreativitas dan daya juang masing-masing pemain serta mendekatkan hubungan pertemanan.

Terdapat dua jenis cara main UNO. Pertama, UNO kartu, yang telah banyak dipahami oleh para pemain UNO yang identik permainannya dengan kartu UNO. Kedua, UNO Stacko, yang berbeda dengan UNO kartu. UNO stacko mungkin jarang dimainkan oleh beberapa orang.

Berkaitan dengan kedua jenis cara main UNO di atas, berikut ini cara main UNO stacko yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Cara Main UNO Stacko

Cara main UNO stacko cukup mudah. Sesuai dengan namanya, cara bermain UNO stacko adalah dengan balok yang disusun. Berikut ini cara main UNO stacko yang mudah diterapkan.

  1. Sebelum memulai permainan, susun balok UNO stacko dengan 3 balok di setiap levelnya hingga membentuk menara.
  2. Pemain hanya diperbolehkan mengambil balok UNO stacko menggunakan satu tangan. Terkadang ada permainan yang dilaksanakan dengan aturan hanya dengan dua jari saja.
  3. Ketika balok-balok dengan simbol tertentu digunakan pemain lain, maka pemain berikutnya harus mengikuti ketentuan pada balok tersebut. Ketentuan itu dapat berupa Reverse, Draw 2, dan lain sebagainya.
  4. Balok-balok yang dapat diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bagian bawah. Balok yang terletak di bagian level 1, 2, dan 3 dilarang untuk diambil.
  5. Cara bermain UNO stacko selanjutnya yakni balok yang pertama kali diambil oleh pemain haruslah balok yang berangka. Pemain tidak boleh mengambil balok dengan simbol SKIP, Reverse, dan lainnya atau yang kerap disebut balok bersimbol.
  6. Pemain yang saat mengambil balok ternyata meruntuhkan susunan menara, harus menyusun dan menata kembali menara tersebut agar dapat dimainkan. Pemain yang meruntuhkan itu dianggap kalah.
  7. Cara main UNO stacko yang mendasar yakni setiap giliran bermain akan diundi terlebih dahulu.
  8. Semua pemain harus mempertahankan menara agar tetap berdiri tegak.
  9. Pemain harus mengambil balok UNO dari bawah atau tengah dan kemudian menaruhnya kembali ke bagian paling atas UNO stacko.

Jenis Balok UNO Stacko

Bagi pemain yang belum pernah memainkan UNO stacko dan hanya UNO kartu, mungkin tidak terlalu asing dengan simbol-simbolnya. Namun untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini balok-balok yang ada pada UNO stacko.

Balok-balok yang terdapat pada UNO Stacko berperan penting dalam cara main UNO Stacko. Berikut ini jenis-jenis balok UNO Stacko

1. Balok Angka

Balok Angka dalam cara main UNO stacko adalah balok yang memiliki angka pada masing-masing sisinya. Angka tersebut dimulai dari 1 hingga 4 yang memiliki 4 warna berbeda yakni merah, biru, kuning, dan hijau.

2. Balok Skip

Balok skip merupakan balok dengan lingkaran yang dicoret di sisinya. Jika ada balok ini, maka pemain berikutnya harus dilompati karena dilarang bermain pada kesempatan itu. Ia akan mendapatkan giliran di putaran berikutnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement