Menilik Cara Main UNO Stacko Balok yang Mudah

Annisa Fianni Sisma
19 Desember 2022, 11:29
Cara Main UNO Stacko Balok
PEXEL
Ilustrasi, UNO Stacko.

Bermain UNO stacko bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan seru. Sebagai informasi, UNO stacko adalah salah satu dari sekian banyak variasi permainan kartu UNO.

Secara sederhana, ini merupakan permainan menara susun balok yang menggabungkan UNO dan Jenga. Uno stacko dimainkan dengan gaya yang mirip dengan Jenga. Ada 51 blok UNO di setiap set, yang biasanya terbuat dari plastik dan diwarnai merah, kuning, hijau, biru, dan ungu.

Advertisement

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini cara main UNO stacko balok, jenis balok yang digunakan, dan komponen yang terdapat dalam permainan UNO stacko selengkapnya.

Cara Main UNO Stacko Balok

UNO stacko balok menjadi salah satu permainan yang cocok dimainkan bersama dengan teman dan keluarga. Keseruannya mendekatkan masing-masing dan membuat hubungan menjadi lebih baik.

Berikut ini beberapa aturan mendasar cara main UNO Stacko Balok.

  1. Susun balok UNO stacko dengan 3 balok di setiap baris atau levelnya. Ketentuan ini dilakukan sebelum memulai permainan karena ini adalah hal terpenting dalam berlangsungnya permainan.
  2. Permainan dimulai dengan mengundi pemain yang memperoleh giliran pertama.
  3. Setiap pemain hanya boleh mengambil UNO stacko pada bagian barah dengan satu tangan. Dalam beberapa permainan, pemain hanya dapat mengambil dengan dua jari saja.
  4. Setiap pemain yang mengambil balok dilarang membuat menara balok UNO stacko terjatuh.
  5. Setiap pemain yang gagal mencegah menara itu terjatuh karena mengambil balok, maka ia kalah dan harus mendirikan menara itu lagi untuk bermain UNO stacko lagi.
  6. Setiap balok memiliki simbol tertentu yang memiliki makna tertentu pula.
  7. Setiap balok dengan ketentuan tertentu harus diikuti oleh pemain berikutnya. Ketentuan pada setiap balok dapat berupa "Reverse", "Draw", dan lain sebagainya.
  8. Setiap pemain wajib mengambil balok dari bagian bawah menara atau tengah.
  9. Setiap pemain dilarang mengambil balok pada bagian atau level 1, 2, dan 3 menara balok.
  10. Setiap pemain pertama dilarang mengambil balok dengan simbol. Pemain pertama hanya boleh mengambil balok yang berangka.
  11. Setelah mengambil UNO stacko, maka kembalikan balok tersebut ke bagian atas menara.
  12. Permainan dapat dimainkan secara berulang-ulang.

Jenis-jenis Balok UNO Stacko

Sebelumnya disinggung bahwa cara main UNO stacko balok adalah menggunakan Balok dengan warna yang berbeda, angka yang berbeda, serta simbol-simbol yang berbeda dan memiliki makna tersendiri.

Setiap balok berperan penting dalam permainan ini dan justru menjadi poin menarik UNO stacko. Berikut ini jenis-jenis Balok UNO stacko selengkapnya.

1. Balok UNO Stacko Angka

Balok angka ini sangat menonjol perbedaannya. Di setiap sisi balok terdapat angka berupa 1, 2, 3, dan 4. Balok-balok itu memiliki warna yang berbeda yakni merah, kuning, biru, dan hijau.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement