Cara Main UNO Stacko Warna Lengkap dengan Jenis Baloknya

Annisa Fianni Sisma
19 Desember 2022, 12:00
Ilustrasi, UNO Stacko.
boardgamegeek.com
Ilustrasi, UNO Stacko.

Permainan UNO seakan menjadi pemainan yang tak lekang oleh waktu. Salah satu hal menarik untuk dipahami adalah cara main UNO Stacko Warna. Permainan UNO dengan segala variasinya, termasuk UNO Stacko, cocok untuk dimainkan oleh semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Bermain UNO Stacko dapat mempererat hubungan keluarga maupun pertemanan dan persahabatan. Permainannya yang seru dan menarik menjadi daya tarik UNO Stacko. Berhubungan dengan hal tersebut, tentu menarik untuk membahas lebih lanjut terkait cara main UNO Stacko warna selengkapnya.

Cara Main UNO Stacko Warna

Cara main UNO Stacko Warna dapat dipelajari dengan mudah. UNO Stacko warna memiliki komponen penting yakni balok yang membuat permainan menjadi seru dan ramai. Berikut ini ketentuan dasar cara main UNO Stacko Warna.

  1. Cara Main UNO Stacko warna yang pertama adalah menyusun balok UNO Stacko. Setiap balok memiliki lebar dan panjang yang sama, sehingga dapat disusun hingga berbentuk persegi panjang meninggi yang disebut dengan menara balok. Isilah 3 balok di setiap baris atau level menara tersebut untuk membuat pondasi menara lebih kuat. Hal ini menjadi ketentuan terpenting dalam permainan UNO Stacko.
  2. Setiap pemain wajib melakukan pengundian agar giliran dapat diperoleh dengan adil. Setiap pemain pertama dilanjutkan dengan pemain berikutnya dengan rute memutar.
  3. Setiap pemain hanya boleh mengambil UNO Stacko pada bagian bawah menara dengan satu tangan. Namun terkadang beberapa permainan, pemain hanya dapat mengambil dengan dua jari saja. Ketentuan ini dapat diterapkan secara fleksibel sesuai keinginan para pemain UNO Stacko.
  4. Setiap pemain harus mengambil balok satu per satu dan jangan sampai membuat menara balok UNO Stacko terjatuh.
  5. Setiap pemain yang merobohkan menara, maka ia dianggap kalah. Ia harus menyusun menara itu lagi untuk bermain UNO pada ronde berikutnya.
  6. Setiap balok memiliki simbol yang berbeda-beda dengan warna yang berbeda pula. Setiap pemain harus memahami ketentuan dan makna setiap simbol tersebut.
  7. Setiap balok yang memiliki ketentuan tertentu wajib diikuti pemain berikutnya. Ketentuan pada setiap balok dapat berupa Reverse, Draw, dan lain sebagainya.
  8. Setiap pemain wajib mengambil balok dari bagian bawah menara atau tengah. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi setiap pemain UNO. Pasalnya, setiap pemain dilarang mengambil balok pada bagian atau level 1, 2, dan 3 menara balok.
  9. Setiap pemain pertama dilarang mengambil balok dengan simbol. Pemain pertama hanya boleh mengambil balok yang berangka.
  10. Setelah mengambil UNO Stacko, maka kembalikan balok tersebut ke bagian atas menara.
  11. Langkah cara main UNO Stacko warna ini dapat dimainkan secara berulang-ulang.

Jenis-jenis Balok UNO Stacko

Sebelumnya telah disinggung cara main UNO Stacko warna yang memakai balok dengan makna dan warna yang berbeda. Setiap balok tersebut memiliki peran penting pada setiap permainan. Bahkan, balok-balok itu justru menjadi poin menarik UNO Stacko.

Berikut ini jenis-jenis Balok UNO Stacko selengkapnya.

1. Balok UNO Stacko DRAW 2

Balok yang memiliki lambang dua kotak di setiap sisinya ini punya makna menarik. Setiap pemain berikutnya harus mengambil 2 balok warna yang sama dengan balok DRAW 2 yang diambil oleh pemain sebelumnya.

2. Balok UNO Stacko SKIP

Balok UNO Stacko SKIP ini memiliki simbol berupa lingkaran dicoret. Jika balok ini diambil, maka pemain berikutnya tidak memiliki kesempatan bermain pada putaran tersebut. Pemain itu dapat bermain kembali di putaran berikutnya sembari menyusun ulang strategi yang awalnya disusun. Kesempatan pun beralih ke pemain berikutnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement