5 Cara Mengendalikan Emosi Negatif dari Kebiasaan Sederhana

Dwi Latifatul Fajri
6 Desember 2022, 00:35
Cara Mengendalikan Emosi
Katadata
Ilustrasi menjaga kesabaran

Emosi adalah luapan perasaan yang berkembang dari reaksi psikologis. Manusia memiliki beragam emosi seperti kesedihan, marah, kecewa, gembira, terharu, dan lainnya. Emosi bisa muncul dalam waktu singkat ketika terjadi hal tertentu.

Seseorang dapat mengontrol emosi yang mempengaruhi pandangan orang lain. Kemampuan mengontrol emosi ini baik untuk diri sendiri dan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, emosi adalah bagian penting manusia. Contohnya saja seseorang tertawa karena mendengar lelucon, anak kecil menangis karena permennya diambil, dan masih banyak lagi.

Cara Mengendalikan Emosi

Manusia memiliki emosi untuk mengekspresikan diri. Emosi dirasakan untuk menghadapi respon dan situasi tertentu. Emosi dibagi dua yaitu emosi positif dan negatif. Emosi negatif dapat memperburuk kesehatan emosional dan hubungan interpersonal.

Tetapi emosi bisa dikendalikan atau diatur. Cara mengatur emosi ini dijelaskan oleh Vicki Botnick, terapis di California. Menutup Vicki, emosi positif dapat meningkat hingga ada titik yang jadi sulit dikendalikan.

Mengutip dari Healthline.com, berdasarkan studi tahun 2020 menjelaskan keterampilan mengatur emosi. Cara mengendalikan emosi ini membantu anda pada kesehatan mental, hubungan, dan kesuksesan. Berikut cara mengendalikan emosi:

1. Menjaga Hubungan tetap Sehat

Cara mengendalikan emosi yang pertama adalah mengatur hubungan sehat. Anda bisa memiliki berkumpul dengan teman, keluarga, atau komunitas. Selain itu bersosialisasi dapat menenangkan pikiran dan mengatur respon tubuh pada emosi.

Mempertahankan koneksi sosial dapat membantu menjaga kesehatan mental. Selain bertemu langsung, anda bisa melakukan komunikasi melalui telepon atau video call. Menjaga hubungan pertemanan ini dapat membantu anda untuk mengurangi emosi negatif.

2. Merawat Diri

Emosi negatif muncul karena anda kurang merawat diri sendiri. Misalnya kurang tidur, jarang olahraga, dan kebiasaan negatif lainnya. Salah satu cara mengendalikan emosi adalah tidur teratur, olahraga, dan mengatur kebiasaan sehat.

Anda bisa berjalan kaki atau berlari untuk meredakan emosi negatif. Perawatan diri lain yaitu mengikuti meditasi atau olahraga. Lakukan hal positif yang anda sukai dari hobi. Kesibukan seperti menanam bunga, melukis, atau membaca buku dapat mengatur emosi negatif.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...