Menilik 5 Keuntungan Investasi di Indonesia

Anggi Mardiana
23 Desember 2022, 10:28
Keuntungan Investasi di Indonesia
Katadata
Ilustrasi, investor.

Ada banyak keuntungan investasi di Indonesia yang menarik investor menanamkan modalnya di pasar modal Indonesia. Investasi adalah upaya dan aspek yang memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. Biasanya semakin tinggi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di suatu negara maka investasi yang dimilikinya juga cukup tinggi.

Indonesia menjadi tujuan investasi yang tepat bagi investor karena ada potensi besar untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Faktor utama yang dipertimbangkan oleh investor asing yaitu sumber daya alam yang melimpah, minyak bumi, hasil tambang dan gas alam.

Keuntungan Investasi di Indonesia Bagi Investor Asing

Indonesia termasuk negara kepulauan terbesar di mana jadi salah satu sorotan dunia karena memiliki letak strategis. Berikut sejumlah keuntungan investasi di Indonesia bagi investor asing, dilansir dari Investasiindonesia.go.id.

Keuntungan Investasi di Indonesia
Keuntungan Investasi di Indonesia (Berkeluarga.id)

 

1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia cukup melimpah sehingga tidak perlu diragukan. Baik dalam sektor pertambangan seperti batu bara, minyak bumi maupun gas alam yang berlimpah. Dalam sektor pariwisata, Indonesia juga memiliki alam yang indah dan cantik.

2. Demografis

Keuntungan investasi di Indonesia bagi investor selanjutnya yaitu letak demografis. Indonesia diprediksi akan mengalami pergeseran bentuk struktur dan lonjakan jumlah penduduk. Lonjakan penduduk nantinya akan didominasi oleh tenaga kerja usia produktif yang lebih terampil dan siap bekerja.

3. Iklim Perekonomian dan Investasi Baik

Indonesia telah bertahan dari krisis ekonomi global atau dunia yang menciptakan keamanan dan sehatnya iklim ekonomi dan investasi. Terlebih saat ini, Indonesia ditunjuk sebagai salah satu penggerak perekonomian di kawasan Asia.

4. Stabilitas Politik yang Baik

Indonesia termasuk negara yang terus bangkit menjadi negara stabil sejak terjadinya reformasi di bidang politik pada tahun 1998. Kini Indonesia terus memperbaiki sistem demokrasi yang dimiliki untuk memiliki pemerintahan yang sehat, kondusif dan aman.

5. Peran Global Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki peran aktif dalam membangun hubungan bilateral dan internasional. Hal terpenting Indonesia merupakan salah satu negara yang ada di Asia tenggara dan aktif dalam perkumpulan negara G-20.

Manfaat Investasi Jangka Panjang

Selain mengetahui keuntungan investasi di Indonesia, ketahui juga investasi bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang dan memberikan kebebasan finansial. Berikut manfaat investasi jangka panjang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...