Memahami Cara Belanja Menggunakan PayPal dengan Mudah

Annisa Fianni Sisma
1 Desember 2022, 15:13
Cara Belanja Menggunakan PayPal
newsroom.paypal-corp.com
Ilustrasi Logo PayPal.

PayPal telah menjadi salah satu metode pembayaran yang digunakan secara internasional. Salah satu penggunaannya, adalah untuk berbelanja. Berkaitan dengan itu, tentu menarik mengetahui cara belanja menggunakan PayPal.

Namun, sebelum membahas terkait cara belanja menggunakan PayPal, tentu perlu memahami terkait apa itu PayPal dan kemudahan yang diberikan metode pembayaran ini. PayPal merupakan layanan pembayaran online yang memberikan kesempatan bagi penggunanya yakni individu dan perusahaan, untuk mentransfer uang secara elektronik.

PayPal dapat digunakan untuk mengirim dana ke pengguna PayPal lainnya maupun ke bank lain. Seluruh rekening bank bertanda Mastercard atau Visa dapat menerima transaksi ini dengan mudah.

Mata uang yang disediakan pun berbeda-beda. Meskipun dengan mata uang yang berbeda-beda, pengguna tetap dapat menerima dan menyimpan dana dari seluruh dunia. Pengguna juga dapat mengkonversi mata uang lain menjadi mata uang dolar Amerika Serikat (AS) atau US$.

Berkaitan dengan top up dana, pengguna dapat melakukan top up saldo PayPal melalui rekening bank, kartu prabayar, uang tunai di toko retail di Amerika Serikat. Tentu hal ini mempermudah penggunaan PayPal ketika ingin berbelanja online di e-commerce mancanegara.

Cara Belanja Menggunakan PayPal

Belanja menggunakan PayPal dapat dilakukan dengan mudah. Untuk memahaminya, berikut ini rincian penjelasan cara belanja menggunakan PayPal.

1. Login Akun PayPal melalui Aplikasi maupun Website

  • Login Akun PayPal melalui Aplikasi

- Download aplikasi PayPal melalui App Store maupun Play Store.
- Masukkan User ID beserta Password.
- Jika pengguna mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah, maka masukkan One Time Code yang dikirimkan pihak PayPal melalui nomor handphone.
- Login sukses.

  • Login Akun PayPal melalui Website

- Kunjungi www.paypal.id dan klik Login.
- Masukkan User ID beserta Password.
- Jika pengguna mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah, maka masukkan One Time Code yang dikirimkan pihak PayPal melalui nomor handphone.
- Login sukses.

2. Hubungkan Kartu

Langkah dalam cara belanja menggunakan PayPal berikutnya adalah hubungkan kartu kredit atau kartu debit ke akun PayPal. Masukkan nomor kartu, CCV, tanggal yang tertera pada kartu beserta nama lengkap pemilik kartu.

3. Pilih Metode Pembayaran

Pada situs pembayaran online di bagian metode pembayaran, pilih salah satu metode pembayaran yakni PayPal. Pengguna tidak perlu memasukkan identitas kartu bank jika telah menghubungkan kartu bank sebelumnya.

Itulah cara belanja menggunakan PayPal. Penggunaan PayPal sangat mudah dan aman. Terdapat perlindungan pembelian, sehingga ketika ada kesalahan dalam transaksi, PayPal akan memberikan perlindungan dan refund.

Selain itu, jika pengguna membutuhkan layanan refund karena barang tidak sesuai, PayPal dapat menjadi sarana yang tepat. Tak hanya itu, aplikasi PayPal membuat segala transaksi lebih cepat dan mudah karena dapat digunakan di berbagai situs dan aplikasi belanja.

Penggunaan PayPal Personal untuk Belanja Online

Dalam menggunakan PayPal untuk transaksi belanja online, maka pengguna harus memakai akun PayPal Personal, bukan PayPal Bisnis. Pasalnya, akun PayPal Personal lebih menyediakan fitur yang sesuai untuk melakukan transaksi jual beli online.

Jika pengguna belum mengetahui cara membuat akun PayPal Personal, berikut ini langkah yang harus diterapkan untuk membuat akun sebelum melakukan transaksi belanja dengan PayPal:

  1. Kunjungi laman resmi PayPal di www.paypal.com.
  2. Pengguna akan melihat 2 (dua) pilihan akun yang akan dibuat yakni PayPal Bisnis dan PayPal Personal. Pilihlah Personal Account.
  3. Klik ‘Next’.
  4. Pada kolom ‘Personal Account’ dan ‘I am an’, pilih salah satu kriteria yang sesuai dengan pengguna.
    Kriteria dalam kolom itu terdiri dari ‘Online Shopper’, ‘Individual Seller/Freelancer’, ‘Both of the Above’, atau ‘Not Sure’. Pilihlah ‘Online Shopper’ jika ingin melakukan pembelian online. Jika ingin menjadi penjual atau freelancer, pilih ‘Individual Seller/Freelancer. Namun, jika ingin menjadi keduanya, maka pilihlah ‘Both of the Above’.
  5. Selanjutnya klik ‘Next’ untuk diarahkan ke halaman selanjutnya.
  6. Masukkan Nomor telepon yang aktif beserta kode negara di depan. Nomor ini digunakan untuk melakukan verifikasi terhadap akun pengguna.
  7. Jika sudah selesai, klik ‘Next’
  8. Selanjutnya, akan muncul Security Challenge. Pengguna diminta menyelesaikan sebuah puzzle sehingga PayPal mengetahui apakah pengguna seorang manusia atau robot. Jika sudah siap, klik ‘Next’ lalu klik ‘Start’. Namun jika pengguna memiliki kendala penglihatan, maka PayPal pun menyediakan Security Challenge lainnya. Klik logo ‘Sound’ di bagian bawah. Tunggu sejenak dan PayPal akan menyediakan Security Challenge berupa Audio Challenge. Tekan tombol ‘Play’ dan ketikkan apa yang didengar oleh pengguna. Pada umumnya, pengguna akan diminta mengetikkan angka.
  9. Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk mengonfirmasi nomor telepon dan PayPal akan mengirimkan kode ke nomor tersebut.
  10. Masukkan kode yang dikirim PayPal ke smartphone pengguna.
  11. Selanjutnya, pengguna diminta untuk mengisi identitas diri. Identitas tersebut berupa Email, Nama Depan, Nama Belakang, dan Password.
  12. Klik ‘Next’.
  13. Ikuti langkah selanjutnya dan akun pun berhasil dibuat.

Demikian penjelasan terkait cara belanja menggunakan PayPal beserta cara membuat akun PayPal Personal untuk melaksanakan transaksi belanja tersebut.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait