Cara Setor Tunai di ATM BRI Beserta Tips Transaksinya

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah BUMN yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Salah satu layanannya adalah setor tunai. Berikut ini, adalah cara setor tunai di ATM BRI dengan cepat dan aman.
Annisa Fianni Sisma
6 Oktober 2022, 12:57
Cara Setor Tunai di ATM BRI
Arief Kamaluddin | Katadata
Ilustrasi, anjungan tunai mandiri (ATM) milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) adalah bank yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan banyak digunakan masyarakat Indonesia. Bank yang didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja ini, merupakan bank tertua di Indonesia, yang berdiri sejak 16 Desember 1895.

Salah satu layanan yang disediakan BRI untuk mempermudah nasabahnya adalah, layanan setor tunai. Layanan ini memungkinkan nasabah melakukan setoran uang melalui mesin ATM agar masuk dalam rekening masing-masing.

Cara setor tunai di ATM BRI sangat mudah, yakni menggunakan mesin ATM dengan fitur cash deposite machine. Mesin tersebut menyediakan tempat slot untuk melakukan transaksi setor dan tarik tunai. Selain itu, juga terdapat cash recycling machine, yang dapat dignakan untuk transaksi setor dan tarik tunai juga.

Berikut ini, adalah ulasan mengenai cara menyetorkan uang melalui ATM milik BRI yang bisa menjadi panduan.

Advertisement

Cara Setor Tunai di ATM BRI

Untuk menyetorkan uang tunai melalui ATM milik BRI caranya tergolong mudah. Ini karena BRI memiliki banyak kantor cabang, baik kantor cabang penuh, maupun cabang pembantu, serta kantor kas, yang tersebar di banyak wilayah.

Adapun, cara setor tunai di ATM BRI, adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Mesin ATM dapat digunakan.
  2. Masukkan kartu ATM BRI yang akan digunakan untuk bertransaksi ke dalam mesin.
  3. Silakan pilih bahasa yang ingin digunakan. Nasabah dapat memilih Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
  4. Masukkan PIN Kartu ATM. Pastikan untuk tidak memberikannya kepada siapapun. Jika membutuhkan bantuan, silakan hubungi pihak BRI.
  5. Pilih menu ‘Setor Tunai’.
  6. Pilih menu ‘Rekening Tabungan’.
  7. Masukkan uang pecahan Rp 50.000 dan/atau Rp 100.000 ke dalam mesin ATM.
  8. Tunggu sampai layar ATM BRI menampilkan total uang yang disetorkan.
  9. Pastikan nominal yang tertera pada layar ATM BRI sesuai dengan jumlah yang disetorkan.
  10. Pilih menu ‘Setor’
  11. Ambil struk transaksi setor tunai yang keluar dari mesin ATM BRI.
  12. Jika tidak ingin melakukan transaksi lainnya, pilih menu ‘tidak’.
  13. Pastikan ambil Kartu ATM sebelum meninggalkan ATM.
  14. Cek mutasi atau saldo pada rekening yang dituju sesuai dengan nominal yang disetor. Transaksi setor tunai pun berhasil.

Tips Melakukan Setor Tunai di ATM BRI dengan Aman

Cara setor tunai di ATM BRI memang dapat dilakukan dengan mudah. Namun, terdapat beberapa tips tindakan yang perlu diperhatikan saat melaksanakan transaksi tersebut. Tindakan ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan nasabah.

Berikut ini, adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan transaksi setor tunai di ATM BRI.

1. Pilih ATM yang Berada di Lokasi Aman

Kejahatan dapat terjadi kepada siapapun dan dimanapun bahkan di lokasi yang dianggap aman sekalipun. Untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan, maka pastikan mengunjungi ATM BRI yang berada di lokasi aman di dalam mall, kantor pusat, kantor cabang, dan kantor kas BRI.

Jika terpaksa harus segera bertransaksi dan menemukan ATM yang berada di lokasi sepi, maka lebih baik ditunda terlebih dahulu atau pastikan ada kerabat yang menemani.

2. Pastikan Uang dalam Kondisi Baik dan Merupakan Pecahan Resmi yang Berlaku

ATM BRI hanya menerima uang pecahan dengan nominal Rp 50.000 dan Rp 100.000. Hal ini diterapkan untuk mempermudah penghitungan nominal total. Jumlah maksimal setoran dapat berbeda-beda setiap jenis rekening nasabah.

Selain itu, pastikan juga uang tidak rusak atau terlipat agar mesin ATM dapat membaca dengan mudah. Jika terdapat robekan pada uang atau terlipat, maka mesin ATM akan menolak uang tersebut.

3. Tidak Melakukan Transaksi di Malam Hari

Malam hari kerap menjadi waktu rawan terjadinya kejahatan. Oleh karena itu, jika memang transaksi tidak terlalu mendesak, lakukan transaksi setor tunai di ATM BRI pada pagi, siang, atau sore hari.

Pada umumnya, ATM BRI Setor Tunai memang dapat digunakan selama 24 jam. Namun apabila memungkinkan untuk ditunda, lebih baik lakukan transaksi waktu yang aman atau dengan pendampingan orang terpercaya. Selain itu, pastikan nasabah bertransaksi setor tunai di lokasi ATM yang aman.

4. Hanya Meminta Bantuan Kepada Pihak BRI

Jika mengalami kesulitan saat bertransaksi setor maupun tarik tunai, pastikan hanya meminta bantuan kepada pihak BRI. Pihak BRI telah memiliki Standar Operasional Prosedur untuk membantu nasabah.

Jaga kerahasiaan kode akses dan PIN. Pihak BRI juga tidak akan menanyakan PIN rekening nasabah. Jika ada tindakan mencurigakan, tolak bantuan dari orang yang tidak dikenal.

5. Pastikan Jumlah Setoran Telah Masuk ke Rekening yang Dituju

Sebelum meninggalkan ATM BRI, pastikan saldo telah sesuai dengan setoran yang dikirimkan. Hal ini untuk memastikan bahwa transaksi yang dilakukan telah berhasil. Jika terdapat kendala, nasabah lebih baik langsung menghubungi pihak BRI.

Demikian penjelasan lengkap tentang cara setor tunai di ATM BRI dan hal yang perlu diperhatikan saat melakukan transaksi setor tunai di ATM BRI.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait