Mencermati 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Image title
22 Desember 2022, 12:27
Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri
Freepik
Ilustrasi, sikap percaya diri.

Cara meningkatkan kepercayaan diri menjadi hal penting untuk diketahui oleh setiap orang. Sebab, kurangnya rasa percaya diri bisa berdampak negatif dan berpengaruh terhadap kesehatan mental, hingga gaya hidup. Selain itu, rasa percaya diri berpengaruh terhadap perjalanan karir.

Melansir dari Verywell Mind, percaya diri merupakan perasaan percaya pada kemampuan, penilaian diri sendiri dan kualitas. Memiliki rasa percaya diri penting untuk kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis. Meski begitu, rasa percaya diri tidak tumbuh dengan sendirinya tetapi harus terus dilatih.

Pentingnya Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Tumbuhnya rasa kepercayaan diri akan lebih banyak menghasilkan hal yang postifi, misalnya membuat seseorang memiliki ketahanan dan kebahagiaan, sehingga tidak mudah merasa insecure. Adapun, secara eksternal rasa percaya diri berhubungan langsung dengan potensi dalam menemukan sejumlah hal baru di dalam hidup. 

Dalam buku Oxford of Positive Psychology dijelaskan bahwa seseorang yang tidak memiliki rasa kepercayaan diri tinggi kerap mengalami keraguan yang tinggi. Akibatnya seseorang jadi jadi sering meragukan dirinya sendiri dan menutup peluang untuk terus berkembang.

Kurangnya rasa percaya diri bisa melumpuhkan dan mengganggu usaha yang tengah dikerjakan. Bahkan, kurangnya rasa percaya diri bisa mengganggu usaha sebelum tindakan dimulai atau dilakukan. Ketika Anda yakin bisa mendapatkan suatu pekerjaan meski peluangnya kecil, ada kemungkinan Anda tetap bisa meraihnya.

Rasa percaya diri tidak membuat Anda serta-merta lebih baik. Namun dengan adanya kepercayaan dalam diri, bisa mendorong Anda untuk lebih berkembang dan berani mengambil risiko sehingga lebih mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Depan Umum

Rasa percaya diri bisa membantu seseorang lebih berani mengambil risiko di dalam hidup. Berikut cara meningkatkan kepercayaan diri di depan umum:

1. Menjadi Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri merupakan cara sederhana untuk melatih kepercayaan diri. Jujur terhadap diri bukan berarti membuka kepribadian ke semua orang yang ditemui. Anda tetap bisa menyimpan sebagian kepribadian hanya untuk orang-orang terdekat saja.

2. Berolahraga 

Melakukan olahraga tidak hanya berkaitan penurunan berat badan atau hal lain yang berhubungan dengan fisik. Olahraga bisa memberikan stimulasi psikologis, sehingga bisa jadi cara meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, olahraga bisa meningkatkan susana hati, memerangi kecemasan hingga depresi.

3. Mencoba Tampil Baru

Menggunakan pakaian berbeda bisa mendorong Anda untuk berpikir dan berperilaku berbeda. Adam D. Galinsky, seorang profesor di Columbia Business School, menganalogikan bahwa seseorang yang mengenakan jas lab putih menunjukan perhatian lebih fokus. Begitu juga bagi mereka yang ingin merasa lebih percaya diri maka berpakaianlah seperti versi diri sendiri.

4. Keluar dari Zona Nyaman 

Mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman bisa jadi cara meningkatkan kepercayaan diri. Sisi baiknya, ketika Anda keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru, bisa berpeluang untuk memperluas zona nyaman dan terus bertumbuh.

5. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri 

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain sesekali merupakan hal yang wajar namun perlu disadari bahwa hal tersebut tidak akan menunjukan perubahan berarti. Para peneliti mencatat, jika seseorang membandingkan diri dengan orang lain maka mereka akan mudah merasa cemburu dan rasa percaya terhadap diri sendiri pun bisa semakin buruk.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak

Idealnya, rasa percaya diri perlu dipupuk sejak dini. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk selalu menanamkan sikap percaya diri kepada anak. Ini karena proses tumbuh kembang anak merupakan masa berharga, mengingat anak kecil mengalami masa pertumbuhan cepat.

Anak yang percaya diri, akan lebih sadar terhadap apa yang dilakukannya. Berikut ini cara meningkatkan rasa percaya diri pada anak, dilansir dari Nutriclub.co.id.

1. Memberikan Pujian

Sebagian orang tua merasa bahwa memberikan pujian bisa membuat anak memiliki kepala besar atau manja. Namun ternyata memberikan pujian dengan cara tepat bisa memotivasi anak lebih percaya diri. Rasa percaya diri anak yang dibangun dari orang tua merupakan hal penting dalam proses tumbuh kembang anak.

2. Memberikan Perhatian

Memberikan perhatian kepada anak dipercaya bisa memotivasinya jadi lebih percaya diri. Dengan begitu, anak akan merasa bahwa mereka berharga dan penting karena diberi waktu dan perhatian yang cukup. Anda bisa menunjukan kasih sayang kepada anak agar merasa dicintai dan dihargai.

3. Memberikan Rasa Empati 

Umumnya anak akan merasa takut dan tidak percaya diri jika menemukan hal yang belum mereka mengerti dan ketahui. Anda bisa mencari tahu apa yang anak takutkan dan memberi empati seperti "Mama juga pernah merasa malu dan takut berdiri di depan panggung", setelah itu ajarkan padanya cara melawan rasa takut tersebut.

Beberapa cara meningkatkan kepercayaan diri ini bisa Anda coba agar lebih berkembang. Keraguan soal kepercayaan diri, tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, bahkan remaja hingga anak kecil pun bisa mengalaminya.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait