Menilik 6 Cara Melawan Rasa Takut Berlebihan

Pada dasarnya rasa takut harus dihadapi. Ada banyak cara melawan rasa takut berlebihan yang bisa menghambat ketenangan dalam menjalani aktivitas. Berikut penjelasan selengkapnya.
Image title
22 Desember 2022, 20:35
Cara Melawan Rasa Takut
Katadata
Ilustrasi, seorang perempuan sedang meyakinkan diri sebagai cara melawan rasa takut.

Tidak sedikit orang mencari cara melawan rasa takut meski rasa takut merupakan hal yang wajar. Rasa takut merupakan bagian dari naluri manusia untuk bertahan hidup namun jika dibiarkan bisa menimbulkan dampak negatif, apalagi jika rasa takut yang dirasakan berlebihan.

Terkadang rasa takut dipicu oleh kondisi emosional yang bersifat subjektif sehingga tidak selalu realistis. Contohnya takut bersosialisasi dengan banyak orang karena memiliki fobia sosial. Hal ini bisa timbul karena rasa cemas berlebihan terhadap suatu kondisi tertentu sehingga muncul keinginan untuk menghindar. Oleh karena itu, rasa takut harus dilawan.

6 Cara Melawan Rasa Takut Berlebihan 

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melawan rasa takut berlebihan yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental. Mengutip Hellosehat.com, berikut ini 6 cara melawan rasa takut berlebihan:

1. Menghadapi Rasa Takut 

Menghadapi rasa takut merupakan cara melawan rasa takut berlebihan secara sederhana. Mungkin terdengar sulit untuk dilakukan tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Terus-menerus menghindari rasa takut akan menghambat beragam hal yang harus dilakukan.

2. Mengenali Pemicu Rasa Takut

Cara selanjutnya kenali pemicu rasa takut yang Anda rasakan. Jika memungkinkan, cobalah menulis jurnal setiap merasakan rasa takut berlebihan. Dari jurnal tersebut, Anda bisa memahami apa yang terjadi sebenarnya dan kapan rasa takut itu mulai muncul. Tuliskan juga target sederhana untuk membantu menghadapi rasa takut berlebihan.

3. Berpikir Positif 

Memiliki rasa takut berlebihan cenderung membuat Anda lebih pesimis saat dihadapkan dengan beragam hal. Ada saja pikiran negatif bahkan sebelum memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk mencoba hal tersebut. Sejumlah pikiran negatif bisa menghambat Anda untuk berkembang.

4. Menerima Kenyataan 

Menerima kenyataan terkadang membuat Anda jauh lebih mudah sehingga harus tenang dan siap menghadapi ketakutan. Karena itu penting untuk mengingat kejadian buruk terjadi secara wajar dan mengetahui tidak semua hal di dunia ini bisa dikendalikan.

5. Merasakan Kepanikan

Jika Anda merasakan detak jantung lebih cepat atau telapak tangan berkeringat, cobalah untuk tidak melawannya. Tetap di tempat dan rasakan kepanikan tanpa mencoba mengalihkan perhatian. Coba letakan tangan di atas perut dan ambil napas secara perlahan dari dalam.

6. Menenangkan Diri

Rasa takut berlebihan bisa menimbulkan beragam gejala fisik yang membuat tubuh tidak nyaman.. Solusinya, cobalah tenangkan diri agar lebih santai dan terbebas dari stres. Tenangkan diri secara fisik dan mental terlebih dahulu dengan menarik napas, minum air putih atau berjalan sambil mendengarkan musik gembira.

Jenis-jenis Pemicu Rasa Takut di Dalam Kehidupan

Selain mengetahui cara melawan rasa takut, ketahui juga jenis-jenis pemicunya. Jenis pemicu rasa takut dalam kehidupan cukup beragam, berikut di antaranya:

1. Rasa Takut Terhadap Penolakan

Banyak orang merasa takut untuk masuk ke suatu hubungan atau lingkungan baru karena takut ditolak. Misalnya takut tidak ada seseorang yang tertarik kepada Anda atau takut atasan menolak permintaan kenaikan gaji yang diajukan. 

2. Takut akan Kegagalan

Jika Anda masuk ke dalam tipe orang yang takut terhadap kegagalan maka tidak akan pernah mencoba sesuatu baru. Pada dasarnya kegagalan merupakan dari bagian normal kehidupan yang pastinya banyak dialami oleh banyak orang.  Cobalah untuk mnerimanya dan terus berusaha menemukan kesuksesan.

3. Takut Terhadap Ketidakpastian

Takut terhadap ketidakpastian bisa menghalangi Anda untuk mencoba sesuatu yang berbedaari biasanya. Jika kondisi ini terjadi, jangan biarkan ketakutan terhadap ketidakpastian menghambat perjalanan kedepannhya.

4. Rasa Takut Terhadap Kesepian

Terkadang orang takut hidup sendirian sehingga rela berada dalam hubungan yang buruk. Penting sekali  mencari orang-orang yang bisa membawa Anda tumbuh bersama dan berinteraksi sosial secara sehat di dalam kehidupan yang dijalani.

5. Rasa Takut Dihakimi

Banyak orang merasa khawatir bahwa mereka akan dinilai negatif oleh orang lain. Seseorang yang merasa ketakutan kerap membesar-besarkan bagaimana orang lain memandang mereka dan meremehkan kemampuan yang dimilikinya.

6. Rasa Takut Terhadap Ketidakmampuan

Ketakutan lain yang dirasakan ialah perasaan tidak cukup baik. Rasa takut seperti ini sulit untuk dihadapi secara langsung. Anda akan sulit untuk mengatasinya sampai merasakan suatu kesuksesan sesuai dengan keinginan.

6 cara melawan rasa takut berlebihan ini bisa Anda coba agar bisa mengendalikan diri terhadap rasa takut yang dirasakan. Beberapa jenis rasa takut berdasarkan pemicunya bisa karena penolakan, kegagalan, ketidakpastian, kesepian, dihakimi dan rasa takut terhadap ketidakmampuan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait