Cara Membuat Konten YouTube untuk Pemula dan Ide Gaet Penonton

Ghina Aulia
5 Desember 2022, 17:04
Cara membuat konten YouTube untuk pemula
pexels
Ilustrasi orang mengambil video.

YouTube merupakan platform membuat, mengunggah, dan membagikan video. YouTube menjadi salah satu situs yang populer dalam beberapa tahun belakangan ini.

Berdasarkan riset We Are Social dan Hootsuite pada Januari 2017, YouTube berhasil menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi media sosial paling aktif di Indonesia. Disusul oleh Facebook, Instagram, Twitter, dan WhatsApp.

Advertisement

Sementara itu, situs CGF menjelaskan bahwa YouTube adalah situs web berbagi video gratis yang memudahkan untuk menonton video online. Bahkan kita juga bisa membuat dan mengunggah video sendiri dan menyebarkannya ke orang lain.

Lebih lanjut, pada tahun 2022, situs Lemon Light juga menerangkan apa alasan banyak orang memilih untuk menonton YouTube. Tertulis bahwa YouTube banyak digunakan untuk menonton video musik dan kontek anak-anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan deretan video trending yang biasanya berisi video musik atau musik anak-anak.

Menariknya, YouTube bisa dijadikan media untuk mengekspresikan diri dengan bebas. Termasuk Anda, membuat konten bisa jadi pilihan.

Kali ini, Katadata.co.id adakan menjelaskan tentang cara membuat konten YouTube untuk pemula. Mulai dari ide hingga teknisnya, simak tulisan berikut ini.

Cara Membuat Konten YouTube untuk Pemula

1. Tentukan ide dari channel YouTube
2. Pastikan Anda memiliki alat untuk merekam video dan suara
3. Buat konten sesuai ide
4. Lakukan edit atau penyuntingan secara sederhana melalui aplikasi di ponsel
5. Upload video ke YouTube

5 Ide YouTube untuk Pemula 2022

Selain langkah-langkah tersebut, ide atau tema dalam membuat kanal YouTube juga penting. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui konten apa saja yang dapat atau menarik untuk dibuat. Hal ini juga berhubungan dengan tren yang berpengaruh terhadap jumlah penonton. Berikut ini adalah ide YouTube untuk pemula.

1. Mulai membuat Vlog
Vlog adalah kependekan dari Video Blog. Sedangkan melakukan pembuatan vlog disebut vlogging. Singkatnya, vlog berisi tentang kehidupan sehari-hari ketika berkegiatan.

Dilansir dari situs Vlogging Pro, 44% pengguna internet menonton vlog setiap bulannya. Tercantum bahwa 66% pengelola bisnis menyatakan promosi melalui video adalah cara yang efektif sebagai bentuk content marketing.

Sementara itu, membuat vlog juga beragam jenisnya. Untuk Anda yang khawatir vlog akan terkesan membosankan, berikut ini adalah ide-ide vlog yang dirangkym dari situs Bigvu.tv:

Vlog Jalan-jalan: tips liburan murah, cerita liburan, episode-episode liburan
Vlog Lucu: prank, video reaction, meme, bloopers, parodi, fails
Vlog Kebugaran: video tutorial, cara hidup sehat, olahraga, konsumsi makanan sehat, pitfalls
Vlog Pribadi: fakta-fakta tentang diri Anda, tujuan hidup, curhat, kegiatan sehari-hari.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement