Ragam Cara Mengecilkan Pantat dengan Cepat dan Mudah

Image title
Oleh Tifani
29 Desember 2022, 13:33
cara mengecilkan pantat
Katadata
Ilustrasi, seorang perempuan melakukan squat.

Adanya lemak pada bokong atau pantat tentunya dapat membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Khususnya para kaum hawa yang sedang berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Dikutip dari laman halodoc.com, penumpukan lemak pada pantat disebabkan kurangnya aktivitas fisik. Namun jangan khawatir, sebab ada beberapa cara mengecilkan pantat yang mudah dan cepat. Berikut cara mengecilkan pantat yang dapat dilakukan dengan mudah.

1. Squat

Cara mengecilkan pantat yang pertama yaitu dengan melakukan squat. Squat merupakan salah satu latihan terbaik yang dapat membantu menghilangkan lemak berlebih di paha dan pinggul.

Latihan ini cukup mudah dan bisa dilakukan di mana saja termasuk di dalam rumah. Caranya berdiri lah dengan tegak dan kedua kaki dibuka dengan lebar.

Lalu posisikan kedua tangan pinggang serta lutut ditekuk. Tahan hingga beberapa detik. Lakukan latihan ini secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Yoga

Ilustrasi, yoga.
Ilustrasi, yoga. (Freepik)

Cara mengecilkan pantat selanjutnya adalah dengan melakukan yoga. Selain untuk meditasi, beberapa gerakan yoga memang dapat membantu mengecilkan pantat.

Salah satunya adalah gerakan adho mukha svanasana serta suryanamaskar. Kedua gerakan ini dijamin akan merampingkan pantat dan paha secara berangsur. Gerakan yoga tampak pelan, tidak seperti ketika berlari maupun lompat tali, tapi efeknya pun sangat luar biasa dalam membakar lemak.

3. Lunges

Selain squat, lunges juga ampuh sebagai salah satu cara mengecilkan pantat. Gerakan ini cukup gampang, caranya berdiri dengan tegak, lalu langkahkan satu kaki ke depan dan tekuk lutut serendah mungkin hingga lutut kaki yang satunya hampir menyentuh lantai.

Kembali ke posisi semula. Ulangi dengan kaki satunya hingga 20 kali pengulangan. Tahan otot perut dan paha.

4. Bersepeda

Salah satu olahraga yang sedang digandrungi masyarakat, yaitu bersepeda, juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan pantat. Bahkan, bersepeda tidak hanya membakar lemak di pantat dan paha saja, namun juga di seluruh badan.

Selain itu, bersepeda tentunya membuat pikiran lebih tenang dengan melihat pemandangan dan udara segar. Anda bisa melakukannya di pagi hari maupun sore hari agar lebih menyenangkan. Lakukan aktivitas ini 15 menit setiap hari dan terus tingkatkan intensitasnya.

5. Berenang

MEDALI EMAS RENANG ESTAFET 4X100 GAYA BEBAS CAMPURAN S14 APG 2022
MEDALI EMAS RENANG ESTAFET 4X100 GAYA BEBAS CAMPURAN S14 APG 2022 (ANTARA FOTO/Aji Styawan/YU)

Cara mengecilkan pantat selanjutnya adalah dengan berenang. Olahraga renang dapat melatih seluruh otot tubuh, mulai dari kaki, betis, paha, hingga perut, dan lengan.

Tidak hanya mengecilkan paha, tubuh pun akan semakin kencang. Olahraga renang dapat dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Semakin rutin melakukan olahraga renang, maka akan semakin cepat mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Lompat Tali

Melakukan olahraga lompat tali juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan pantat. Meski terdengar cukup sederhana untuk dilakukan, lompat tali secara efektif dapat mengurangi berat badan termasuk mengecilkan pantat dan paha.

Lakukanlah olahraga ini sekitar 20 menit setiap hari. Olahraga satu ini tentunya mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda tidak butuh tempat yang luas, dan tidak terlalu menghabiskan waktu.

7. Jogging

Jogging adalah salah satu olahraga kardio yang sering dilakukan sebagai salah satu cara mengecilkan pantat secara cepat dan alami. Ketika jogging, kaki akan terus bergerak secara stabil,

sehingga dapat membakar lemak pada paha dan bokong secara efektif. Lakukan jogging secara rutin selama 30 menit. Selain paha dan betis bakal menjadi lebih kecil, jogging juga membuat tubuh semakin sehat.

8. Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat untuk tips pola makan diet sehat
Ilustrasi Makanan Sehat (Katadata)

Cara mengecilkan pantat selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan sehat. Sebaiknya mulailah mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula, dan makanan yang digoreng.

Dengan mengurangi ketiga jenis makanan ini lemak yang ada di dalam tubuh, termasuk di paha dan bokong pelan-pelan akan berkurang karena akan dibakar oleh tubuh. Lemak akan mulai berkurang karena endapan dari makanan juga sudah mulai berkurang.

Hal ini bisa berhasil jika anda menerapkannya dengan teratur. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak dengan memperbanyak konsumsi gandum, telur, susu rendah lemak, sayuran, unggas, ikan, daging tanpa lemak, dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan buah-buahan, seperti alpukat.

9. Melakukan Defisit kalori

Untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak, anda perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh. Hal ini disebut dengan istilah defisit kalori.

Nah, sebagai contoh, untuk menurunkan satu pon, seseorang membutuhkan defisit kalori sebesar 3.500 kalori. Selain itu, pastikan juga untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari fast food atau minuman bersoda.

Selain itu, pastikan juga untuk menukar karbohidrat olahan (roti putih, pasta, atau nasi putih) dengan karbohidrat kompleks tinggi serat dan nutrisi. Contohnya seperti roti gandum utuh atau nasi merah.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait