Menilik 13 Manfaat Daun Jati untuk Kesehatan

Tanaman jati tidak hanya dikenal karena kayunya yang bermutu tinggi, melainkan juga karena daunnya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Berikut ini ulasan mengenai manfaat daun jati selengkapnya.
Annisa Fianni Sisma
9 Januari 2023, 16:29
Manfaat Daun Jati
stock.adobe.com
Ilustrasi, daun jati.

Jati telah lama dikenal sebagai pohon yang menghasilkan kayu bermutu tinggi. Namun, kayu bukan satu-satunya yang dapat dimanfaatkan dari jati, melainkan juga daunnya. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu menarik membahas beragam manfaat daun jati.

Salah satu manfaat daun jati, adalah untuk kesehatan, di mana daun jati dapat diolah menjadi teh. Mengonsumsi daun jati secara rutin dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cukup konsumsi sebanyak dua kali sehari agar memperoleh manfaatnya secara signifikan.

Apa saja manfaat daun jati untuk kesehatan selengkapnya? Simak ulasan singkat berikut ini.

Manfaat Daun Jati
Manfaat Daun Jati (stock.adobe.com)
 

Manfaat Daun Jati untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun jati dapat dimanfaatkan dalam pengobatan dengan cara direbus. Manfaat daun jati dalam bidang kesehatan cukup beragam, mulai dari mengatasi gangguan pernafasan hingga pencernaan.

Berikut ini beberapa manfaat daun jati selengkapnya, dilansir dari hallosehat.com.

1. Mengurangi Gejala Asma

Manfaat daun jati yang pertama adalah mampu mengurangi dan mencegah asma.

Cara kerja daun jati dalam mengurangi gejala asma adalah dengan mengurangi radang pada paru-paru. Alhasil, pernafasan pun lebih stabil dan lebih lancar.

2. Mengobati Cacingan

Selain mengurangi gejala asma, manfaat daun jati berikutnya adalah mampu mengobati cacingan. Daun jati akan bekerja melawan infeksi parasit seperti cacing dalam tubuh. Daun jati memiliki efek seperti piperazine citrate, yang mampu melawan cacing penyebab penyakit.

3. Perawatan Kulit

Manfaat daun jati di bidang kesehatan dan kecantikan berikutnya, adalah mampu menyembuhkan kulit yang meradang. Caranya, ambil sari daun tanaman jati dengan diperas atau digerus. Kemudian, oleskan perasan tersebut ke bagian kulit yang ingin diobati. Daun ini akan mengobati jerawat maupun kulit yang terasa gatal.

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Manfaat daun jati berikutnya, adalah membantu melancarkan buang air kecil. Ini karena daun jati memiliki aqueous extract, dari pohon jati kemudian mampu melancarkan aktivitas buang air kecil.

5. Percepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun jati lainnya, adalah mempercepat penyembuhan luka, baik luka bakar atau luka melepuh. Caranya, dapat disembuhkan dengan mengoleskan ekstrak daun jati ke luka tersebut. Ini karena daun jati mengandung ekstrak hydrochloric yang dapat merangsang perbaikan sel dan jaringan kulit yang rusak. Kulit pun akan lebih cepat untuk sembuh.

6. Menyuburkan Rambut

Manfaat daun jati lainnya, yakni untuk menyuburkan rambut dan membuat rambut lebih lebat. Selain itu, daun jati dapat mencegah kebotakan dan menumbuhkan rambut, maka oleskan ekstrak daun jati ke kulit kepala secara rutin.

7. Mencegah Jamur

Ekstrak daun jati dapat melawan jamur jenis A.Phaeospermum. Penelitian pun membuktikan daun pohon jati mampu mencegah tumbuhnya jamur.

8. Mengobati Sembelit

Selain tujuh manfaat daun jati di atas, manfaat lainnya yakni dapat berfungsi sebagai pencahar alami. Daun pohon jati mampu mendorong keluarnya feses dari usus sehingga buang air besar pun lancar. Daun jati tentu diperlukan bagi penderita susah air besar.

9. Menurunkan Berat badan

Manfaat daun jati selanjutnya yakni menurunkan berat badan dengan mudah. Daun jati dapat diolah menjadi teh penurun berat badan dan menciptakan rasa mengenyangkan. Teh daun jati berkalori rendah dan dapat dikonsumsi secara rutin. Bagi penderita berat badan berlebih tentu khawatir dengan adanya risiko terserang penyakit seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Daun jati dapat menjadi solusi atas permasalahan itu.

10. Mengatasi Wasir

Wasir atau penyakit yang memiliki nama lain hemoroid merupakan pembengkakan pembuluh darah di usus besar bagian akhir, dubur, maupun anus. Wasir dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat penderitanya tak nyaman.

Daun jati bermanfaat dalam mengatasi penyakit tersebut. Cukup rebus daun jati dan konsumsi teh daun jati secara rutin, maka pembengkakan pembuluh darah pun dapat segera mereda.

Manfaat Daun Jati
Manfaat Daun Jati (stock.adobe.com)
 

11. Mencegah Bau Mulut

Mencegah bau mulut menjadi salah satu manfaat daun jati yang patut diketahui. Pasalnya, bau mulut yang tak sedap dapat merupakan gejala masalah rongga mulut atau pencernaan.

Daun jati yang diseduh dapat meredakan masalah bau mulut. Pasalnya, daun jati dapat membersihkan rongga mulut dan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut tak sedap.

12. Peningkatan Imunitas Tubuh

Daun jati juga bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Cukup konsumsi daun jati secara teratur dan kondisi tubuh pun akan bugar.

Daun jati akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh dan mampu melawan patogen penyebab timbulnya penyakit. Tubuh pun menjadi sehat karena imunitas tubuh yang meningkat.

13. Mengurangi Sakit Kepala

Daun jati juga bermanfaat untuk mengatasi dan mengurangi sakit kepala. Caranya, dengan menggunakan minyak daun jati sebagai cairan pemijat kepala yang membantu menghilangkan rasa sakit kepala yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait