Cara Menghilangkan Kumis secara Permanen dan Alami

Elektrolisis dan laser bisa jadi cara menghilangkan kumis secara permanen yang bisa dipertimbangkan. Selain itu, kumis bisa juga dihilangkan secara alami.
Image title
10 Januari 2023, 08:58
cara menghilangkan kumis secara permanen
Unsplash
Ilustrasi, cara menghilangkan kumis secara permanen.

Ada banyak cara menghilangkan kumis secara permanen, baik secara alami maupun perawatan ke klinik kecantikan. Cara ini banyak dicari oleh pria yang tidak menyukai kumis. Sementara sebagian pria lainnya menganggap bahwa kumis sebagai aksesoris yang bisa membuat semakin berwibawa.

Menghilangkan kumis secara permanen tujuannya agar rambut di wajah tidak tumbuh lagi dan mengganggu penampilan. Pertumbuhan rambut ini dipengaruhi oleh keseimbangan hormone tubuh yang bisa merangsang folikel rambut.

Cara Menghilangkan Kumis secara Permanen

Cara menghilangkan kumis secara permanen
Cara menghilangkan kumis secara permanen (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut beberapa cara paling efektif untuk menghilangkan kumis secara permanen melansir dari Klikdokter.com:

1. Terapi Laser

Terapi laser masih dianggap sebagai cara efektif untuk menghilangkan kumis dan dipercaya bisa membuat rambut berhenti tumbuh. Sinar laser yang digunakan adalah sinar khusus yang bisa menembus batang rambut dan mematikan akarnya.

Cara ini tidak 100% permanen namun waktu yang dibutuhkan agar kumis tumbuh kembali relatif lama. Prosedur ini efektif dilakukan untuk orang yang memiliki kulit terang dan rambut hitam karena sinar laser menargetkan pigmen warna pada rambut.

2. Metode Elektrolisis

Metode elektrolisis merupakan cara menghilangkan kumis secara permanen pada wanita baiknya namun laki-laki juga bisa mencobanya. Metode ini bisa dilakukan dengan memasukan jarum halus ke dalam folikel rambut lalu arus listrik dialirkan ke dalam akar folikel.

Metode elektrolisis bekerja dengan cara membakar akar rambut sehingga mampu mencegah produksi akar rambut tumbuh lebih banyak. FDA dan American Medical Association berpendapat bahwa metode elektrolisis adalah satu-satunya prosedur yang bisa menghilangkan akar rambut secara permanen meski tidak 100%.

Metode elektrolisis dianggap menyakitkan dan saat ini belum ada pedoman izin yang terstandarisasi sehingga masih sulit ditemukan. Karena itu diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui detail keuntungan dan kerugian menggunakan prosedur ini. Untuk melakukan prosedur ini membutuhkan waktu 12-18 bulan.

Cara Menghilangkan Kumis secara Alami

Selain cara menghilangkan kumis secara permanen, Anda bisa coba cara menghilangkan kumis secara alami meski efeknya sementara dan kumis bisa tumbuh kembali. Berikut cara menghilangkan kumis secara alami:

1. Lemon, Jus Timun dan Kunyit

Lemon dipercaya mampu menyamarkan dan mencerahkan area yang ditumbuhi kumis sedangkan kunyit bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Jika keduanya dipadukan dengan jus timun maka bisa memberikan efek mendinginkan dan cara satu ini tidak terasa menyakitkan.

Setelah coba aplikasikan campuran lemon dan kunyit di area kumis coba diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Selanjutnya Anda bisa mengaplikasikan jus timun di wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Lakukan 2 kali seminggu untuk dapat hasil yang diinginkan.

2. Waxing Madu

Waxing madu dipercaya sebagai cara menghilangkan kumis secara alami karena dianggap lebih ringan daripada wax pada umumnya tetapi tetap bisa menarik rambut keluar dari folikel secara maksimal. Anda bisa memasukan jus lemon untuk memutihkan dan mencerahkan area yang sudah diwaxing menggunakan madu.

Cara untuk menggunakannya relatif mudah yaitu hanya perlu mencampurkan 1 sdm madu dan 1 sdm jus lemon. Kemudian oleskan campuran tersebut ke area kumis dan biarkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan air hangat dan bilas menggunakan air dingin.

Cara Mencukur Kumis secara Mudah

Cara Mencukur Kumis Secara Mudah
Cara Mencukur Kumis Secara Mudah (Unsplash)



 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagi Anda yang merasa tidak nyaman dengan kumis dan ingin menghilangkannya secara waktu, berikut cara mencukurnya:

1. Mencukur

Mencukur termasuk cara menghilangkan kumis paling cepat dan mudah namun sebaiknya gunakan alat cukur yang higienis agar terhindar dari risiko infeksi kuman. Wajah akan terbebas dari kumis selama 1-3 hari setelah mencukur.

2. Mencabut menggunakan Pinset

Mencabut kumis atau jenggot cukup efektif untuk menghilangkan rambut di area wajah, sebaiknya gunakan pinset karena sudah dirancang khusus untuk mencabut rambut hingga ke akar rambut. Untuk mendapat hasil optimal, berikut tips agar proses mencabut kumis dan jenggot bisa maksimal:

• Membersihkan pinset menggunakan cairan alkohol
• Menyeka wajah menggunakan handuk hangat agar kulit terasa lembut
• Menekan kulit di bagian kumis yang akan dicabut lalu cabut satu per satu
• Tarik ke arah luar, tegak lurus dengan arah tumbuhnya rambut
• Menempelkan handuk dingin atau es batu ke area yang terasa nyeri untuk mengurangi kemerahan dan peradangan

3. Waxing

Waxing bisa dilakukan di area wajah untuk menghilangkan kumis atau jenggot. Anda bisa memilih jenis soft wax atau yang diformulasikan khusus untuk wajah. Lakukan cara ini secara perlahan dan hati-hati agar hasilnya lebih optimal dan tanpa perlu khawatir dengan risiko efek samping.

4. Menggunakan Krim Resep

Bagi Anda yang kurang menyukai ketiga metode sebelumnya bisa menggunakan krim resep seperti elfornithine (Vaniqa) yang bisa diterapkan dua kali sehari dalam satu bulan. Krim ini bekerja untuk menghambat produksi enzim yang bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Melansir dari Healthine.com, cara ini bisa bertahan hingga delapan minggu setalah itu Anda bisa memulai prosesnya lagi. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk perawatan ini sebesar 50 dolar dalam satu bulan.

Terapi laser dan metode elektrolisis dijadikan sebagai cara menghilangkan kumis secara permanen meski hasilnya tidak 100%. Selain menggunakan 2 metode tersebut, Anda juga bisa mencukur kumis dengan menggunakan alat cukur atau krim resep.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait