Menilik Kandungan Gizi Telur dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan gizi telur cukup beragam, yang masing-masing memiliki manfaat tersendiri untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ulasan mengenai kandungan dan manfaatnya.
Image title
13 Januari 2023, 12:20
Kandungan Gizi Telur
Unsplash
Ilustrasi, telur.

Kandungan gizi telur penting diketahui yang mana telur termasuk bahan makanan serbaguna. Telur gampang diolah dan memiliki cita rasa lezat. Banyaknya kandungan gizi yang lengkap, telur dianggap sebagai superfood dengan banyak manfaat untuk kesehatan.

Telur merupakan bahan makanan hewani yang hampir memiliki semua zat gizi mikro dan makro. Bagian putih telur merupakan sumber protein, vitamin B6, B2, B12 dan Selenium. Sementara itu, kuning telur mengandung kalori, lemak, kolesterol dan beragam jenis mineral.

Kandungan Gizi Telur

Telur ayam kampung dan ras memiliki kandungan gizi berbeda namun keduanya sama-sama didominasi oleh protein dan lemak serta beragam vitamin dan mineral dalam jumlah tertentu. Melansir dari Hellosehat.com, dua butir telur ayam ras dengan berat 100 gram mengandung zat gizi berikut:
• Protein: 12,4 gram (g)
• Energi (kalori): 154 kkal
• Lemak: 10,8 gram
• Kalsium: 86 miligram (mg)
• Karbohidrat: 0,7 gram
• Kalsium: 86 miligram (mg)
• Fosfor: 258 miligram (mg)
• Kalium: 118,5 miligram (mg)
• Zat besi: 3 miligram (mg)
• Natrium 142 miligram (mg)
• Vitamin A: 104 mikrogram (mcg)
• Tiamin (vitamin B2): 0,38 miligram (mg)

Selain sejumlah kandungan gizi telur di atas, telur ayam juga mengandung vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan zinc dalam jumlah cukup. Ada juga dua senyawa antioksidan yang dikenal dengan lutein dan zeaxanthin.

Manfaat Telur untuk Kesehatan

Ilustrasi permainan telur jatuh, Ragam permianan seru untuk acara kumpul outdoor
Manfaat Telur untuk Kesehatan (Katadata)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah mengetahui kandungan gizi telur, penting diketahui bahwa telur memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan, berikut di antaranya kami lansir dari Asweetpeachef.com:

1. Mengandung Nutrisi

Telur termasuk makanan yang kaya dengan nutrisi, berikut sejumlah manfaat telur untuk kesehatan tubuh:
• Vitamin A, B5, B12 dan B2 bermanfaat untuk menambah kebutuhan harian yang direkomendasikan
• Kandungan selenium sebagai antioksidan penangkal kanker
• Fosfor bisa membantu kesehatan tulang dan gigi
• Kalsium membantu tulang tetap kuat
• Seng membantu sistem kekebalan tubuh
• Telur yang diperkaya dengan Omega 3 memiliki kandungan lemak sehat lebih banyak dan vitamin A serta E

2. Meningkatkan Kolesterol Baik

Telur mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Telah disarankan bahwa peningkatan kadar HDL bisa menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Selain itu, telur dipercaya tidak meningkatkan kolesterol di dalam darah.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Telur bisa mengurangi risiko penyakit jantung namun jangan dimakan secara berlebihan. Telur mengandung nutrisi yang bagus untuk menyehatkan jantung dan mencegah penyakit jantung. Kandungan folat, vitamin E, asam lemak tidak jenuh dan sejumlah vitamin B ditemukan di dalam telur.

4. Bagus untuk Kesehatan Mata

Telur mengandung vitamin A yang terbilang penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A merupakan penyebab kebutaan paling umum pada anak-anak di sejumlah negara berkembang.

5. Bagus untuk Kesehatan Otak

Telur mengandung sekitar 125,5 miligram kolin (1/4 dari yang dibutuhkan). Kolin baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, Kolin bisa mengatur memori dan suasana hati.

6. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Dalam sebuah penelitian Universitas Harvard menyebutkan bahwa telur bisa menurunkan risiko kanker payudara. Dalam penelitian selanjutnya menunjukan bahwa perempuan yang mengonsumsi 6 butir telur setiap minggu bisa mengurangi risiko kanker payudara sebesar 44%.

7. Menurunkan Risiko Trigliserida

Telur diyakini bisa menurunkan risiko Trigliserida yaitu faktor risiko penyakit jantung. Telur juga diperkaya dengan omega-3 yang mengandung asam lemak untuk mengurangi trigliserida darah.

Cara Memilih Telur yang Baik

HARGA TELUR AYAM RAS NAIK DI LHOKSEUMAWE
Cara Memilih Telur (ANTARA FOTO/Rahmad/wsj.)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penting diketahui bahwa tidak ada perbedaan nutrisi antara telur putih dan cokelat. Rasa dan kualitasnya sebetulnya sama. Namun pilihlah telur yang dibesarkan secara organik atau telur ayam kampung.

Salah satu alasan memilih telur ayam kampung adalah jumlah vitamin D lebih tinggi karena memiliki lebih banyak akses ke sinar matahari. Ketika membeli, pastikan tidak ada telur di dalam karton yang retak lalu simpan di lemari es hingga 1 bulan.

Sejumlah kandungan gizi telur di atas bermanfaat baik untuk kesehatan. Mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung, kesehatan mata dan otak, menurunkan risiko kanker payudara hingga menurunkan risiko trigliserida.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait