Memahami 2 Cara Penyerbukan Bunga Mawar dan Ciri-Cirinya

Annisa Fianni Sisma
18 Januari 2023, 17:35
Cara Penyerbukan Bunga Mawar
PEXELS
Ilustrasi, bunga mawar.

Bunga mawar menjadi salah satu bunga yang terkenal dan identik dengan romantisme. Oleh karena itu, tentu menarik membahas cara penyerbukan bunga mawar.

Bunga mawar yang siap dilakukan penyerbukan adalah dengan adanya serbuk sari dan putik yang utuh dan sempurna. Ciri lainnya adalah bunga sudah memiliki aroma harum yang menyebar.

Tak hanya itu, banyak hewan seperti kupu-kupu dan lebah di dekat bunga mawar itu. Kemudian, bunga mawar tersebut juga sudah memiliki kelenjar madu. Berkaitan dengan itu, berikut cara penyerbukan bunga mawar.

Cara Penyerbukan Bunga Mawar

Cara Penyerbukan Bunga Mawar
Cara Penyerbukan Bunga Mawar (PEXELS)
 

Bunga mawar dapat dilakukan penyerbukan dengan bantuan hewan seperti kupu dan lebah. Tak hanya itu, bunga mawar juga dapat dibantu oleh manusia. Berikut ini ulasan masing-masing cara penyerbukan bunga mawar tersebut.

1. Cara Penyerbukan Bunga Mawar dengan Bantuan Hewan

Cara penyerbukan bunga mawar dengan bantuan hewan adalah dengan adanya kupu-kupu dan lebah yang hinggap. Kupu-kupu dan lebah tersebut akan membuat benang sari dan putik bertemu sehingga berkembang. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

  • Bunga mawar yang sudah mekar dan tumbuh dengan sempurna akan menghasilkan aroma yang memikat.
  • Kupu-kupu dan lebah pun akan datang karena terpikat dengan aroma bunga mawar.
  • Kupu-kupu dan lebah kemudian akan menghisap serbuk sari dari bunga mawar. Serbuk sari yang mengandung protein itu dibutuhkan oleh lebah dan kupu sebagai sumber makanan mereka.
  • Kupu-kupu dan lebah akan membuat serbuk sari terkena benang sari, baik dalam satu tanaman maupun bunga mawar lainnya.
  • Kemudian, tunggu hingga bunga mawar menghasilkan biji berwarna hijau hingga orange dengan bentuk bulat. Pada bagian dalamnya, terdapat biji yang dapat digunakan untuk ditanam kembali.

2. Cara Penyerbukan Bunga Mawar dengan Bantuan Manusia (Perkawinan Silang)

Cara penyerbukan bunga mawar yang berikutnya yakni dengan kawin silang. Proses kawin silang ini memerlukan bantuan manusia sebagai agen penyerbukannya. Berikut ini penjelasan terkait cara penyerbukan bunga mawar dengan bantuan manusia.

  • Siapkan bunga mawar yang sudah berkembang dan siap untuk dilakukan penyerbukan.
  • Ambil serbuk sari dari bunga mawar tersebut. Caranya yakni menghilangkan kelopak bunga mawar.
  • Kemudian, ambil serbuk sari pada bagian dalam bunga mawar dengan pinset.
  • Selanjutnya, pindahkan serbuk sari pada wadah yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Keringkan serbuk sari tersebut selama kurang lebih 24 (dua puluh empat) jam sehingga penyerbukan pun dapat berhasil.
  • Ambil bunga mawar yang kedua.
  • Siapkan bunga mawar tersebut dan buka sedikit kelopak bunga mawar itu agar dapat dilakukan penyerbukan.
  • Potong bagian serbuk sari pada bunga mawar yang diambil tersebut kemudian letakkan serbuk sari bunga sebelumnya ke bagian stigma bunga mawar yang kedua.
  • Tunggu hingga penyerbukan terjadi dan menghasilkan biji.
  • Ambil biji tersebut dan biji itu pun siap ditanam kembali.

Ciri-ciri Bunga Mawar

Cara Penyerbukan Bunga Mawar
Cara Penyerbukan Bunga Mawar (PEXELS)
  

Setelah mengetahui cara penyerbukan bunga mawar, berikut ini adalah penjelasan umum mengenai anatomi bunga mawar, yang membedakannya dengan bunga jenis lain.

1. Daun Bunga Mawar

Bunga mawar memiliki daun majemuk. Pada satu batang bunga mawar terdapat 5 hingga 9 daun bunga mawar. Daun bunga mawar berwarna hijau muda dan tua dengan bentuk yang bulat memanjang sekitar 2 hingga 3 cm.

2. Akar Bunga Mawar

Bunga mawar memiliki akar yang bulat memanjang. Warnanya coklat muda dan coklat tua. Fungsi akar ini adalah untuk membantu tanaman agar mampu berdiri dengan baik. Tak hanya itu, akar juga dapat membantu menyerap unsur hara dari dalam tanah.

3. Batang Bunga Mawar

Bunga mawar pada umumnya berbentuk bulat dan memanjang. Cabangnya sedikit tidak beraturan. Diameter batang bunga mawar sangat kecil sehingga sangat mudah patah.

Pada batangnya, terdapat duri kecil untuk melindungi bunga tersebut. Batang bunga mawar yang berwarna coklat, sedikit abu dengan warna hijau lumut ini dapat digunakan untuk berkembang biak dengan cara stek batang.

4. Bunga Mawar

Bunga mawar cukup dikenal dengan warnanya yang merah. Namun ternyata ada banyak jenis bunga mawar yang memiliki warna berbeda-beda. Beragam jenis bunga mawar tersebut adalah mawar eden, kubis, double delight, musk, sunsprite, mega putri, dan talitha. Lalu mawar putih, mawar liar, old garden rose, modern garden rose, pet austin, hybrid tea, knock out, dan grandiflora. Masing-masing memiliki warna serta bentuk yang berbeda-beda.

Pada bunganya, mawar memiliki benang sari dan putik yang terdapat di bagian dasar bunga seperti guci. Mahkota mawar cenderung bulat dan memiliki kelopak sekitar 20 hingga 26 helai. Jumlah helai kelopak tersebut tergantung pada jenisnya.

5. Biji Bunga Mawar

Biji bunga mawar kecil dan oval memanjang. Biji tersebut dilindungi oleh buah. Warnanya pun beragam dari coklat hingga kehitaman dengan bagian dalam berwarna putih kecoklatan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait