Memahami Cara Penyerbukan Bunga Sepatu dan Faktor yang Mempengaruhinya

Annisa Fianni Sisma
18 Januari 2023, 17:23
Cara Penyerbukan Bunga Sepatu
Pexels
Ilustrasi, bunga sepatu.

Bunga sepatu merupakan bunga yang identik dengan warna merah meskipun ada pula bunga sepatu yang berwarna putih, kuning, dan orange. Bunga yang memiliki hama ilmiah hibiscus rosa-sinensis ini memiliki cara penyerbukan bunga sepatu pun menarik untuk dipahami.

Bunga sepatu harus mengembang dengan sempurna terlebih dahulu dengan warna bunga yang utuh dan sempurna. Selain itu, harus ada serbuk sari dan benang sari. Kondisinya pun segar dan tidak layu.

Bunga sepatu dapat berkembang dengan warna yang sama maupun warna yang berbeda. Untuk memahami cara penyerbukan bunga sepatu, simak ulasan di bawah ini.

Cara Penyerbukan Bunga Sepatu

Cara Penyerbukan Bunga Sepatu
Cara Penyerbukan Bunga Sepatu (Pexels)
 

 

Penyerbukan bunga sepatu dapat dilaksanakan dengan mudah. Untuk memahaminya, berikut rincian caranya.

1. Identifikasi Benih Bunga Sepatu

Cara penyerbukan bunga sepatu yang pertama adalah mengidentifikasi benih yang terbaik. Langkah ini merupakan faktor berhasilnya penyerbukan yang dilakukan.

Ciri bunga sepatu dengan kualitas yang baik adalah bunganya mekar dengan baik, terdapat benang sari dan serbuk, kondisi bunga pun sehat. Bunga sepatu tersebut pun siap dilakukan penyerbukan terhadapnya.

2. Menyiapkan Bunga Sepatu

Cara penyerbukan bunga sepatu yang pertama yakni menyiapkan dua bunga sepatu. Kedua bunga sepatu tersebut dapat berupa bunga dengan warna yang sama maupun warna yang berbeda.

3. Pemindahan Serbuk Sari Bunga Sepatu

Cara penyerbukan bunga sepatu selanjutnya yakni dengan memindahkan serbuk sari bunga kembang sepatu pada bunga yang lain. Bagian serbuk sari itu hampir sama warnanya dengan jenis bunga sepatu lainnya.

4. Ikat Bunga Sepatu

Cara penyerbukan bunga sepatu berikutnya adalah dengan mengikat bunga yang sudah diberikan serbuk sari pada bagian pollennya. Hal ini dilakukan agar serbuk sari tidak terbang atau berpindah tempat. Pastikan ikatan tidak terlalu keras karena mahkota bunga dapat rusak dengan mudah.

Faktor yang Mempengaruhi Cara Penyerbukan Bunga Sepatu

Cara penyerbukan bunga sepatu dipengaruhi berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut yakni sebagai berikut:

1. Suhu Lingkungan

Faktor yang mempengaruhi penyerbukan bunga sepatu yang pertama yakni suhu. Suhu yang cocok saat bunga sepatu mengalami penyerbukan adalah sekitar 35 derajat celcius (0C).

2. Perubahan Bentuk Bunga Sepatu

Salah satu aspek dalam cara penyerbukan bunga sepatu adalah bentuk bunganya. Perubahan bentuk bunga juga perlu diperhatikan. Tahapan membentuk bakal biji bunga sepatu setelah adanya penyerbukan.

Pembentukan tersebut dimulai dengan rontoknya kelopak bunga yang ingin disatukan serbuk sarinya dari bunga lain ke bunga sepatu yang utama. Pada bagian dasar bunga nantinya akan membentuk bakal biji. Selanjutnya, bakal biji tersebut akan berubah warna menjadi coklat kering.

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Cara Penyerbukan Bunga Sepatu
Cara Penyerbukan Bunga Sepatu (Pexels)  

Bunga sepatu ternyata mengandung vitamin C, mineral, dan antioksidan. Bunga ini dapat dikonsumsi sebagai teh herbal dan rasanya sedikit asam.

Teh herbal bunga sepatu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bunga sepatu dapat mengobati tekanan darah dan kolesterol tinggi, mengatasi hipertensi dan kecemasan, mengatasi gangguan pencernaan, melawan bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kanker.

Tak hanya itu, bunga sepatu juga mampu mempercepat metabolisme. Teh bunga sepatu juga mampu menurunkan berat badan. Bunga sepatu juga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Bunga sepatu mampu mengatasi batuk, rambut rontok, hingga kutu rambut.

Ciri-ciri Bunga Sepatu 

Bunga sepatu memiliki ciri-ciri tertentu yang menarik diperhatikan. Berikut ini ciri-ciri bunga sepatu selengkapnya.

1. Batang Bunga Sepatu

Bunga sepatu memiliki batang yang menarik. Batangnya berbentuk bulat dengan kayu yang keras dan berdiameter 9 cm. Saat belum dewasa, batang bunga sepatu berwarna ungu kemudian semakin putih kusam seiring bertambahnya usia tanaman.

2. Daun Bunga Sepatu

Daun bunga sepatu berbentuk oval melebar, tipis, dan runcing di bagian pangkalnya. Warna daun bunga sepatu hijau mengkilap dan sedikit bergerigi. Panjang daun mencapai 10 hingga 16 cm dan lebarnya 5 hingga 11 cm. Pada daunnya terlihat kristal oksalat dan lendir yang mengandung flavonoid, polifenol, dan saponin.

3. Biji Bunga Sepatu

Biji bunga sepatu termasuk biji dikotil atau keping dua. Bijinya berbentuk pipih dan berwarna putih pucat.

4. Akar Bunga Sepatu

Akar bunga sepatu adalah akar tunggang. Akar ini berwarna cokelat muda dalam akarnya yang mengandung tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin C dan A.

Itulah penjelasan terkait cara penyerbukan bunga sepatu. Selanjutnya perlu diketahui bunga sepatu terkadang tidak berhasil dilakukan penyerbukan ketika kepala putik lebih tinggi dari benang sari. Tak hanya itu, bunga sepatu juga dapat gagal mengalami penyerbukan saat bunga tersebut tak menghasilkan sel jantan dan tidak melakukan proses pembuahan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait