Tips Menentukan Judul dan Contoh Pidato tentang Lingkungan

Image title
18 Januari 2023, 21:09
pidato tentang lingkungan
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Ilustrasi, warga menanam sayuran hidroponik di permukiman padat penduduk kawasan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Pidato tentang lingkungan perlu diketahui oleh orang-orang yang akan membawakan pidato dengan tema lingkungan. Pidato merupakan suatu bentuk penyampaian pikiran secara lisan dan disampaikan pada khalayak umum.

Pidato biasanya disampaikan dalam berbagai kegiatan, mulai dari sekolah, pemerintahan dan acara lain. Lingkungan merupakan tempat yang penting bagi manusia sehingga tema lingkungan sering dijadikan sebagai ide untuk pidato.

Menentukan Judul Pidato tentang Lingkungan

Menentukan Judul Pidato
Menentukan Judul Pidato (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Banyak sekali bahasan jika membicarakan lingkungan untuk pidato. Sebenarnya mudah bagi Anda menentukan pidato tema lingkungan dengan melihat kondisi sekitar. Misalnya, lingkungan sekitar rumah yang kotor bisa menjadi tema pidato yang bagus.

Anda bisa mengambil judul pidato mengenai pentingnya menjaga kebersihan bagi kesehatan. Selain itu, bisa juga melihat permasalahan serius lingkungan seperti global warming. Anda juga bisa memberi tips-tips mengenai lingkungan dalam isi teks pidato tersebut.

Contoh Pidato tentang Lingkungan

Contoh Pidato Tentang Lingkungan
Contoh Pidato Tentang Lingkungan (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pidato dengan tema lingkungan berisi pesan tentang bagaimana cara atau pentingnya menjaga lingkungan hidup. Berikut contoh pidato tentang lingkungan yang bisa jadi referensi untuk dikembangkan menjadi pidato yang lebih menarik.

1. Contoh Pidato Lingkungan – Pentingnya Menjaga Kebersihan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar tubuh selalu sehat.

Hadirin yang berbahagia, seperti yang telah kita ketahui bahwa menjaga lingkungan tetap bersih merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Lingkungan yang bersih membuat bakteri dan kuman pembawa penyakit tidak mudah berkembang sehingga tubuh bisa terhindar dari sumber penyakit.

Saat ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan masih kurang. Oleh karena itu, gerakan kebersihan harus selalu digalakkan. Lingkungan yang bersih membuat kita tidak merasa takut dan risih sehingga bisa tetap nyaman saat melakukan beragam aktivitas.

Demikian pidato tentang lingkungan yang dapat saya sampaikan, mari bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap bersih untuk menjaga tubuh kita tetap sehat.
Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Contoh Pidato Lingkungan 2 – Menghemat Air

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi untuk semua yang hadir pada acara ini.

Sebelum memulai kegiatan, mari kita awali acara ini dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan berkah dan karunianya untuk kita semua. Tidak lupa shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW yang dirindukan oleh umatnya.

Hadirin yang saya hormati,

Telah kita semua ketahui bahwa air merupakan elemen penting untuk keberlangsungan hidup. Bukan hanya untuk manusia, tapi tumbuhan serta hewan juga membutuhkannya. Tanpa adanya air, kehidupan tidak akan bisa berjalan.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan air bersih sulit untuk didapatkan. Keberadaan air bersih mulai terancam di beberapa daerah. Tidak perlu melakukan cara yang sulit, ada hal-hal kecil yang bisa kita lakukan sendiri. Salah satunya menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.

Anda bisa dengan bijak menggunakan air saat mandi dan mencuci serta merawat pipa untuk menghindari kebocoran air. Hal-hal kecil seperti ini jika dilakukan bersama secara terus menerus akan memiliki dampak besar bagi lingkungan sekitar.

Menghemat penggunaan air juga memiliki manfaat untuk kita semua, seperti banyaknya cadangan air, menjaga ekosistem air dan keseimbangan jumlah air. Selain itu, pengeluaran untuk air menjadi lebih hemat.

Mari menghemat air untuk menjaga lingkungan. Dengan begitu, air bersih akan mudah didapatkan oleh kita semua. Itulah hal-hal yang dapat saya sampaikan. Semoga pidato tentang lingkungan ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

3. Contoh Pidato Lingkungan 3 – Global Warming

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadirin sekalian, seperti yang telah lama diketahui, bumi kita saat ini sedang tidak baik-baik saja. Pemanasan global telah menjangkit bumi sejak lama. Sama seperti penyakit, global warming terus menyerang kesehatan bumi kita hingga semakin rapuh dan hancur.

Tentunya tidak ada asap jika tidak ada api. Sama seperti global warming, pasti ada penyebab terjadinya. Kita harus mengakui bahwa keserakahan menyebabkan bumi mengalami permasalahan rumit ini.

Manusia terus-menerus mengeruk sumber daya alam. Manusia lupa, apapun yang berlebihan bisa mendatangkan petaka dan bumi juga bisa mencapai batasannya. Oleh karena itu, bencana terjadi di mana-mana.

Tanah longsor, banjir bandang, tsunami, dan berbagai musibah lain. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa mulai menyayangi bumi. Salah satunya dengan menghijaukan kembali bumi seperti menanam berbagai tanaman yang indah.

Penghijauan bisa dimulai dari lingkungan yang paling dekat dengan kita yaitu rumah. Dengan begitu, bumi bisa menjadi sedikit lebih baik. Semua warga akan lebih nyaman dan senang di lingkungan rumah karena udara menjadi sejuk dan segar.

Mari kita buat lingkungan menjadi lebih hijau dan juga indah bersama-sama. Dengan begitu, kita bisa memberikan kontribusi terhadap bumi yang kita sayangi. Sekian pidato dari saya, terima kasih atas perhatiannya.

Beberapa contoh pidato tentang lingkungan di atas bisa Anda gunakan ketika butuh inspirasi membuat pidato. Pidato tema lingkungan ini bisa disesuaikan dengan berbagai acara karena lingkungan merupakan tempat yang penting untuk setiap makhluk hidup.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait