Memahami Fungsi Tulang Pergelangan Kaki, Gangguan, dan Cara Menjaganya

Annisa Fianni Sisma
25 Januari 2023, 16:57
Fungsi Tulang Pergelangan Kaki
Pexels
Ilustrasi, pergelangan kaki.

Tulang pergelangan kaki memiliki peranan penting dalam mendukung pergerakan kaki. Oleh sebab itu, harus dijaga dengan baik. Berkaitan dengan itu, tentu menarik membahas fungsi tulang pergelangan kaki.

Pergelangan kaki berada di bagian peralihan tungkai bawah ke kaki. Pada bagian ini terdapat tiga tulang yakni tulang tibia atau tulang kering, tulang fibula atau tulang betis, dan tulang talus atau tulang tumit.

Tulang-tulang itu saling berhubungan karena adanya ligamen sehingga membentuk persendian. Tulang-tulang itu pun bekerja sama menopang tubuh dalam kegiatan sehari-hari. Berkenaan dengan itu, berikut ulasan mengenai fungsi tulang pergelangan kaki.

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Fungsi jari kaki dapat beragam, tetapi pada pokoknya pergelangan kaki ini untuk menggerakan kaki dan menopang tubuh serta membuat pergerakan lebih mudah dan stabil. Berkaitan dengan fungsi tersebut, berikut penjelasannya masing-masing.

1. Mendukung Pergerakan Kaki

Fungsi tulang pergelangan kaki yang pertama adalah untuk menggerakan kaki. Tulang ini dapat membantu pergerakannya ke atas, ke bawah, ke dalam maupun ke luar.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, adanya ligamen memungkinkan adanya persendian. Oleh karena itu, tubuh dapat melompat, menendang, berlari, dan berjalan dengan baik.

2. Menopang Berat Tubuh

Fungsi tulang pergelangan kaki yang berikutnya adalah mampu menopang tubuh saat berdiri. Peran tulang pergelangan kaki ini tentunya sangat membantu aktivitas sehari-hari.

3. Menstabilkan Tubuh Saat Bergerak

Tak hanya menopang berat tubuh, fungsi tulang pergelangan kaki lainnya adalah mendukung kestabilan tubuh saat bergerak.. Tubuh akan bergerak ketika jalan, berlari, dan melompat. Kemudian tulang pergelangan kaki akan berperan menjaga kestabilan tubuh pada saat aktivitas tersebut.

Gangguan Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki
Fungsi Tulang Pergelangan Kaki (Pexels)

 

 

Fungsi tulang pergelangan kaki yang sangat membantu aktivitas sehari-hari ini dapat benar-benar terganggu. Pasalnya, kondisi tertentu seperti keseleo, rheumatoid arthritis, gout arthritis, septic arthritis juga dapat membuat kaki tidak nyaman bahkan terasa sakit.

Berkenaan dengan itu, tentu perlu memahami jenis-jenis gangguan fungsi tulang pergelangan kaki agar dapat mengatasi gangguan itu dengan baik. Berikut ini ulasan masing-masing gangguan tersebut.

1. Keseleo

Keseleo dapat terjadi karena rusaknya jaringan pendukung pada tulang pergelangan kaki. Contohnya yakni ligamen atau jaringan penghubung otot dan tulang lainnya. Pada umumnya, pergelangan kaki mengalami gangguan ini karena adanya guncangan yang terlalu cepat dan benar-benar mendadak. Contohnya yakni tiba-tiba terjatuh dan lain sebagainya.

Keseleo yang identik dengan pergerakan tiba-tiba ini kerap dialami oleh atlet. Pasalnya, atlet terkadang perlu melakukan gerakan untuk melindungi dirinya secara spontan dan akhirnya terjadi keseleo.

2. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis mampu menyebabkan sel imun yang seharusnya melindungi tubuh menjadi justru menyerang jaringan sendi. Jaringan sendi yang ada di tulang pergelangan kaki pun dapat menjadi sasarannya.

Gejala yang muncul jika ada rheumatoid arthritis adalah nyeri, bengkak, perubahan bentuk sendi dan lain sebagainya. Pastikan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Gout arthritis

Gout arthritis adalah peradangan sendi yang diakibatkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi pengkristalan ini dapat terjadi di sendi pada bagian tubuh manapun termasuk sendi pada tulang pergelangan kaki.

4. Septic arthritis

Septic arthritis juga merupakan salah satu gangguan fungsi tulang pergelangan kaki. Septic arthritis adalah kondisi yang disebabkan oleh infeksi kuman di persambungan antar tulang. Kondisi ini dapat terjadi di antara tulang-tulang sendi kaki.

Gejala utamanya yakni sakit pada bagian sendi, demam, bengkak, hingga kesulitan dalam menggerakan kaki. Oleh karena itulah, penting untuk menjaga kesehatan pergelangan kaki agar tidak terinfeksi.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Pergelangan Kaki

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki
Fungsi Tulang Pergelangan Kaki (Pexels) 

Setelah mengetahui deretan fungsi tulang pergelangan kaki, tentu semakin memahami bahwa pergelangan kaki juga perlu dijaga kesehatannya. Berkenaan dengan itu, berikut cara menjaga kesehatan tulang pergelangan kaki.

  • Gunakan sepatu yang nyaman dengan ukuran yang sesuai.
  • Hindari aktivitas yang mampu membahayakan tulang pergelangan kaki tanpa menggunakan pengaman.
  • Lakukan olahraga secara rutin agar sehat.
  • Gunakan kaos kaki saat mengenakan sepatu agar kaki tidak mudah lecet atau cedera.
  • Lakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah berolahraga.
  • Lakukan peregangan pada setiap anggota tubuh secara rutin.
  • Bersihkan kaki agar tidak terinfeksi jamur maupun bakteri.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi seperti susu dan sayuran.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin D.
  • Rutin memeriksakan diri ke dokter agar dapat mengetahui jika ada infeksi atau penyakit tertentu dan dapat ditangani sejak dini.
  • Gunakan alas kaki berupa sandal jika tidak perlu menggunakan sepatu.
  • Rendam kaki dalam air hangat untuk meredakan ketegangan setelah beraktivitas.

Demikian penjelasan terkait fungsi tulang pergelangan kaki. Selain itu, telah dijelaskan pula gangguan potensial yang dapat menyebabkan tulang pergelangan kaki tak dapat berfungsi dengan baik dan bagaimana cara menjaga kesehatan tulang pergelangan kaki.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait